BenQ B502: Unboxing, Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Unboxing Hands On BenQ B502 – Ponsel BenQ B502 adalah salah satu smartphone selfie dengan harga yang cukup terjangkau dan menawarkan spesifikasi yang cukup menarik di kelasnya. Beberapa waktu lalu ponsel BenQ B502 ini telah mendarat di markas Tuxlin News. Nama BenQ tentu tidak asing di telinga konsumen tanah air karena nama BenQ ini sempat menghiasi pasar di era 2000-an dengan nama BenQ-Siemens. Perusahaan asal Taiwan ini saat itu pernah mengakuisisi divisi mobile Siemens dan menghadirkan produk dengan nama tersebut. Saat ini, BenQ tampaknya jauh lebih percaya diri dengan membawa benderana sendiri tanpa tambahan nama Siemens di belakangnya dan mencoba menarik kembali konsumen Indonesia. BenQ B502 adalah ponsel perdana vendor tersebut untuk menggbrak pasar tanah air dengan menonjolkan kemampuan kamera yang diusungnya, serta diklaim didesain untuk mengakomodasi foto selfie.


IMG_20150727_165238_HDR

Unboxing BenQ B502

Smartphone BenQ B502 ini tiba di markas Tuxlin News tiga hari setelah pemesanan. Sama seperti ponsel lainnya, BenQ B502 ini datang dengan boks berukuran kecil dengan balutan warna ominan putih. Tidak ada yang istimewa dengan packing ponsel ini karena relatif sama dengan ponsel lainnya yang ada di pasaran. Seperti biasa, Tuxlin News melakukan unboxing dan pengujian singkat untuk memastikan bahwa unit ponsel BenQ B502 bekerja atau berfungsi dengan sempurna. Kebetulan unityang Tuxlin beli berwarna putih dengan bagian depan berwarna hitam. Berikut ini adalah paket penjualan ponsel selfie murah meriah BenQ B502.

Baca juga:Infinix Hot Note X551: Unboxing, Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Paket Pembelian BenQ B502

IMG_20150727_164818_HDR
  • Handset BenQ B502
  • Kepala charger
  • Kabel data USB
  • Headset
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Hands On & Impresi Pertama BenQ B502

IMG_20150727_164916_HDR
Kesan pertama Tuxlin News ketika memegang ponsel BenQ B502 adalah tipis dan ringan. Tak heran ponsel ini digadang-gadangkan didesain khusus untuk kaum hawa yang doyan foto selfie karena selain dibekali kamera depan resolusi tinggi, ponsel ini juga hadir dengan desain yang manis dan mewah. Tak seperti ponsel kebanyakan, BenQ B502 ini dilengkapi aksen pada bagiawan bawah yang mengingatkan Tuxlin News pada keluarga Asus Zenfone. Casing belakang ponsel ini berwarna putih dengan material plastik yang cukup berkualitas. Ketika disentuh, material casing belakang ponsel ini mirip dengan Redmi 2 rasanya, yakni agak licin tetapi tidak glossy. Sedangkan bagian belakang mengusung warna hitamyang elegan. Dimensi ponsel BenQ B502 ini adalah 144 x 69.7 x 7 mm yang mana masih cukup nyaman untuk digenggam. Ponsel ini tidak terlalu lebar, tetapi cenderung agak panjang atau tinggi.

Sama seperti ponsel Android lainnya, bagian depan ponsel BenQ B502 ini terdapat sensor proximity, LED notifikasi, earpiece, kamera depan, layar sentuh 5 inci, serta dibawahnya terdapat tiga tombol kapasitif yang terdapat tombol kapasitif yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Ketiga tombol kapasitif pada ponsel ini tidak dilengkapi dengan cahaya latar atau backlight, sehinga agak sulit digunakan di tempat gelap. Pabrikan asal Taiwan ini menempatkan tombol power dan volume rocker pada sisi kanan ponsel. Penempata port pada BenQ B502 ini juga sama seperti ponsel Android lainnya yakni port microUSB pada bagian bawah dan port audio 3,5mm pada bagian atas ponsel. Sedangkan pada bagian belakang terdapat lubang kamera, LED flash, dan lubang speaker atau sepaker grill. Secara umum, Tuxlin News cukup nyaman memegang ponsel ini karena tipis, ringan, dan desainnya juga cukup menarik.

Baca juga:Meizu M2 Note vs Alcatel OneTouch Flash Plus, Pilih Mana?

Konstruksi penempatan slot pada ponsel BenQ B502 ini agak unik dengan susunan SIM 1 munggunakan ukuran mini SIM aka SIM reguler, sedangkan SIM 2 adalah microSIM. BenQ menempatkan slot SIM 1 ini berada di bawah slot SIM 2 dan microSD. Kelemahan konstruksi seperti ini adalah kita harus melepas SIM 2 terlebih dahulu untuk melepas SIM 1. Tak hanya itu, baterai ponsel ini bersifat non-removable atau tidak dapat dilepas. Saat ni memang cukup banyak tipe ponsel yang mengusung baterai yang tak dapat dilepas. Ini agak menyulitkan pengguna ketika baterai mengalami kerusakan karena harus melibatkan teknisi untuk mengganti baterainya.
IMG_20150727_164939_HDR
Pabrikan asal Taiwan ini membekali ponsel B502 ini dengan layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel dengan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) tanpa perlindungan kaca antigores. Jika dilihat spesifikasi layar yang ditawarkan, ponsel BenQ B502 ini bisa dikatakan di atas rata-rata karena kebanyakn ponsel dengan harga yang sama hanya mengusung layar dengan resolusi FWVGA, WVGA atau qHD saja. Lalu bagaimana kualitas layar ponsel ini? Menurut Tuxlin News, kualitas layar ponsel ini bisa dikatakan sangat standar. Ketika brightness diatur auto, maka layar terlihat agak redup dan respon autobrightness-nya juga agak lambat. Warna yang dihasilkan oleh layar ponsel ini cukup baik, tetapi kurang nendang. Sudut pandang layar ponsel ini cukup baik di kelasnya, tetapi tidak istimewa. BenQ tidak membekali layar ponsel ini dengan lapisan antigores.

Kinerja yang ditawarkan oleh benQ B502 ini cukup memadai untuk kebutuhan komunikasi masa kini karena smartphone khusus selfie ini mengandalkan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz dari chipset MediaTek MT6582 yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB, serta didukung grafis dari Mali-400MP2. Di atas kertas spesifiksi seperti ini bisa dikatakan tidak istimewa karena banyak pesaingnya yang mengusung spesifikasi serupa. Namun, Tuxlin News agak terkejut melihat kinerja ponsel ini untuk kebutuhan sehari-hari, seperti buka tutup aplikasi, menjalankan beberapa aplikasi, hingga bernavigasi di menu berjalan dengan sangat smooth tanpa adanya lag. Tampaknya, antarmuka Q Home Ui yang diusung ponsel ini cukup ringan. Kapasitas RAM 1GB menurut Tuxlin News sudah cukup untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. BenQ B502 ini mampu menghasilkan skor 18.851 poin, tak jauh berbeda denga ponsel lain yang ditenagai oleh chipset MediaTek MT6582.

Baca juga:Harga & Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 2, Resmi Diluncurkan dengan MIUI 7
IMG_20150727_165213_HDR
Sebagai ponsel khusus Selfie, ponsel ini dipersenjatai dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel untuk mengakomodasi kebutuhak foto selfie dan video call. Ponsel BenQ B502 juga diperkuat dengan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan aperture f/2.4 yang didukung fitur autofokus lengkap dengan LED flash. Tuxlin News tampaknya berharap terlalu tinggi terhadap kamera depan maupun belakang ponsel ini. Kemampuan kamera depan masih bisa dikatakan standar di kelasnya, tetapi kamera belakangnya bisa dikatakan di bawah rata-rata untuk kelas 13 megapiksel. Hal ni sebenarnya wajar mengingat ponsel ini didesain ntuk pasar entry-level. Performa kamera BenQ B502 sangat mengecewakan ketika digunakan untuk memotret pada kondisi kurang cahaya atau saat malam hari. BenQ juga membekali ponsel ini dengan baterai berkapasitas standar di kelasnya, yakni 1800mAh. Ketahanan baterai ponsel ini bisa dikatakan agak kurang karena hanya mampu bertahan kurang dari sehari untuk intensitas penggunaan sedang.

Harga BenQ B502

Saat ini harga ponsel selfie entry-level BenQ B502 berdasarkan pantauan Tuxlin News adalah Rp 1.299.000 untuk varian RAM 1GB / ROM 8GB dan Rp 1.499.000 untuk varian RAM 2GB / ROM 16GB. Secara umum, Tuxlin News lebih memilih varian RAM 1GB karena harganya lebih murah dan tak ada perbedaan spesifikasi selain kapasitas RAM dan ROM. Jujur saja, performa kamera belakang ponsel BenQ B502 ini bisa dikatakan di bawah rata-rata untuk kelas 13 megapiksel. Sedangkan kamera depan ponsel  ini relatif rata-rata. Bagi yang membutuhkan ponsel selfie murah meriah dengan kinerja yang cukup memadai di kelas entry-level, BenQ B502 masih layak untuk dipertimbangkan.

Spesifikasi BenQ B502

  • Sistem Operasi Android 4.4 KitKat
  • Chipset MediaTek MT6582, prosesor quad-core ARM Cortex-A7 1,3GHz
  • Grafis Mali-400MP2
  • Kamera 13 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB, dilengkapi slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 144 x 69.7 x 7 mm berat 125 gram
  • Baterai 1800mAh
Beli BenQ B502 dengan harga promo melalui tautan berikut ini

Review lengkap BenQ B502 bisa dibaca di sini:



Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog