Meizu M2 Note vs Alcatel OneTouch Flash Plus, Pilih Mana?

Meizu M2 Note vs Alcatel OneTouch Flash Plus - Meizu M2 Note secara resmi telah diluncurkan di Indonesia dan bersaing di pasar smartphone kelas menengah. Keunggulan utama yang ditawarkan oleh ponsel besutan Meizu ini menurut Tuxlin News adalah dukungan layar full HD yang berteknologi panel IGZO (Indium Gallium Zinc Oxide) yang bisa dikatakan di atas rata-rata ponsel dikelasnya. Kamera juga termasuk fitur yang menonjol dari Meizu M2 Note dengan dukungan sensor Samsung berkekuatan 13 megapiksel autofokus lengkap dengan dual-tone LED flash. Namun, ponsel perdana Meizu untuk pasar Indonesia ini telah disambut oleh pesaing paling kuat di kelas ini, yakni Alcatel OneTouch Flash Plus atau yang ebih populer dengan sebutan AOFP. Pada kesempatan kali ini Tuxlin News akan membandingkan spesifikasi kedua ponsel ini, penasaran? Berikut analisa perbandingan spesifikasi Meizu M2 Note vs Alcatel OneTouch Flash Plus dari Tuxlin News.


Meizu M2 Note

Spesifikasi Meizu M2 Note

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka FlymeOS 4.5
  • Chipset MediaTek MT6753 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit 1.3Ghz
  • Grafis Mali-T720 MP3
  • Kamera 13 megapiksel autofokus dengan sensor Samsung 1/3.06 inci, dual-tone LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IGZO
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, 4G LTE, dua SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 150.9 x 75.2 x 8.7 mm dengan berat 149 gram
  • Baterai 3100 mAh

Spesifikasi Alcatel OneTouch Flash Plus

  • Sistem Operasi Android 4.4 KitKat 
  • Chipset MediaTek MT6752M dengan prosesor 8 core atau octa-core ARM Cortex-A53 64-bit 1,5GHz
  • Grafis Mali-T760MP2
  • Kamera 13 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 8 megapiksel
  • Layar 5,5 inci, dengan resolusi full HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, OGS
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • Dimensi -
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3500mAh
Alcatel OneTouch Flash Plus

Duel Meizu M2 Note vs Alcatel OneTouch Flash Plus

Tuxlin News memulai perbandingan kedua ponsel ini dari sektor layar. Jelas, Meizu M2 Note memiliki spesifikasi layar yang lebih unggul dibandingkan Alcatel OneTouch Flash Plus dengan dibekali dengan layar sentuh berukuran 5,5 inci yang disematkan teknologi panel IGZO (Indium Gaillium Zinc Oxide) dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan mencapai 403 piksel per inci. Sejauh pengamatan Tuxlin, belum ada ponsel kelas menengah yang dibekali layar berteknologi IGZO dengan resolusi full HD di kelas Rp 2 juta-an. Sedangkan OneTouch Flash Plus dibekali layar sentuh berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menggunakan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) dan OGS (One Glass System) yang menawarkan kerapatan mencapai 267 piksel per inci. Kedua ponsel ini sama-sama tak disebutkan dilengkapi dengan lapisan antigores pada layarnya. Sektor sistem operasi, Tuxlin News melihat Meizu M2 Note lebih unggul dengan OS Android 5.1 Lollipop yang dibalut dengan antarmuka Flyme OS 4.5. Sedangkan Alcatel OneTouch Flash Plus masih bertahan dengan Android 4.4 KitKat dan belum ada kepastian apakah akan mendapat update Lollipop atau tidak.

Kinerja Meizu M2 Note vs Alcatel OneTouch Flash Plus ini jelas dimenangkan oleh OneTouch Flash Plus. Ponsel besutan Alcatel ini mengandalkan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,7GHz dengan chipset MediaTek MT6752 yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 2GB. Sektor grafis, kedua smartphone ini cukup mumpuni dengan mengandalkan Mali-T760MP2. Ponsel ini mampu menghasilkan skor AnTuTu di atas 40 ribu poin. Sedangkan Meizu M2 Note mengandalkan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz dari chipset MediaTek MT6753 dan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta grafis dari Mali-T720MP3. Skor AnTuTu yang dihasilkan ponsel ini sekitar 30 ribu-an poin saja. Kedua ponsel ini sama-sama dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 16GB yang didukung slot microSD. Sayangnya, slot microSD Meizu M2 Note sharing dengan slot SIM 2, sehingga harus pilih salah satu untuk menggunakannya.

Baca juga:Duel Kamera Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i Siang Hari & Macro

Meizu M2 Note mengandalkan dukungan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan aperture f/2.2 dengan sensor Samsung lengkap dengan LED flash dan dilengkapi dengan kamera depan 5 megapiksel untuk foto selfie dan video call. Sedangkan Alcatel OneTouch Flash Plus aka AOFP mengandalkan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel dan kamera belakang 13 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash. Sisi kamera, Tuxlin News menilai Alcatel OneTouch Flash Plus unggul untuk kamera depan. Sedangka Meizu M2 Note unggul di kamera belakang dengan dukungan dual-tone LED flash. Ini hanya sekadar analisa di atas kertas saja. Untuk mengetahui siapa sebenarnya yang unggul di sektor kamera, Tuxlin News harus membandingkan keduanya secara head-to-head seperti yang pernah dilakukan pada Xiaomi Mi 4i vs Asus Zenfone 2 ZE551ML.

Konektivitas Meizu M2 Note vs Alcatel OneTouch Flash Plus bisa dikatakan setara dengan hadirnya fitur dual SIM, 4G LTE, 3G HSPA, Bluetooth, WiFi, dan GPS. Sektor baterai, Alcatel Flash Plush kembali mengungguli M2 Note dengan baterai berkapasitas 3500mAh. Sedangkan M2 Note berbekal baterai berkapasitas 3100mAh. Sekali lagi, ini adalah analisa di atas kertas saja. Ketahanan baterai yang sesungguhnya baru bisa dikatahui apabila melakukan pengujian secara langsung.

Harga Meizu M2 Note vs Alcatel OneTouch Flash Plus

Berdasarkan informasi yang diterima Tuxlin, smartphone Meizu M2 Note ini dijual dengan harga Rp 1.999.000 atau tepatnya Rp 2 juta dan mulai digelar flash sale perdana pada besok pukul 11.00 di toko online Lazada. Sedangkan Alcatel OneTouch Flash Plus dijual dengan harga resmi Rp 1.899.000 atau tepatnya Rp 1,9 juta. Sama-same belum memegang langsung kedua ponsel ini, Tuxlin News lebih memilih Meizu M2 Note. Secara umum memang kinerja yang ditawarkan oleh Alcatele OneTouch Flash Plus lebih tinggi dari Meizu M2 Note, tetapi kinerja atau skor benchmark AnTuTu bukan satu-satunya parameter sebuah ponsel. Layar resolusi full HD dengan teknologi IGZO, Android versi terbaru dengan antarmuka FlymeOS adalah dua fitur yang tak ditemui di ponsel menengah lainnya selain Meizu M2 Note.

Jika Anda suka bermain game, mungkin Alcatel OneTouch Flash Plus adalah pilihan yang tepat. Namun, jika membutuhkan kualitas layar di atas rata-rata, Android OS versi terbaru, fitur inovatif dari FlymeOS, Meizu M2 Note patut dipertimbangkan. Bagaimana Meizu M2 Note vs Alcatel OneTouch Flash Plus menurut pembaca? Silakan berkomentar :)

Anda mungkin suka:Review Kamera BenQ B502, Ponsel Selfie Murah Meriah

Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog