Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lanskap Kebijakan Internet Terfragmentasi – Bendera Merah untuk Pengembangan Jaringan Internet di Masa Depan

Lanskap Kebijakan Internet Terfragmentasi – Bendera Merah untuk Pengembangan Jaringan Internet di Masa Depan - Setiap registri internet regional (RIR) memiliki serangkaian kebijakan khusus yang mengatur kumpulan sumber daya Protokol Internet (IP). Namun, inkonsistensi di seluruh aturan peraturan pendaftar mempersulit mereka untuk memenuhi ekspektasi bisnis yang meningkat serta menyamai pertumbuhan industri yang bergerak cepat. 

Sebuah enurut Aistis Zenkevicius, Direktur R & D di IPXO , manajemen pasar IP, sebuah RIR komersial terpusat akan membantu menyatukan saat ini terfragmentasi IP lanskap pemerintahan, membuat pertumbuhan industri yang cepat yang lebih berkelanjutan dan dilengkapi untuk hari modern.

credit: Unsplash


Setiap Registri Internet Regional sedikit berbeda dalam menyediakan fungsi manajemen sumber daya IP yang penting. Pertama, diketahui bahwa beberapa RIR belum menawarkan cara terprogram untuk mengakses dan mengontrol aset IP dan metadata terkaitnya. Yang menyediakan antarmuka pemrograman aplikasi (API) berbeda cukup drastis untuk membuat aplikasi tidak berguna, artinya, kode yang akan bekerja dengan RIPE tidak akan kompatibel dengan ARIN, dan sebaliknya.

Baca juga:Review Kamera Tecno Spark 7 Pro Triple Camera 48MP

Kedua, database yang menyimpan penerima hak terdaftar, organisasi, peran, dan sumber daya Internet itu sendiri memiliki atribut yang bertentangan atau tidak kompatibel. Meskipun telah ada upaya untuk menyatukan data ini di bawah Protokol Akses Data Registrasi (RDAP), itu tidak berhasil, dan beberapa informasi masih terkubur dalam basis data WHOIS prasejarah.

Terakhir, kerangka tata kelola sumber daya IP yang saat ini terfragmentasi tidak memiliki konsistensi dan kelincahan yang diperlukan untuk mendukung pengembangan industri lebih lanjut, yang menambah tantangan transparansi dan manajemen.

“Kurangnya pendekatan terpadu terhadap manajemen sumber daya Internet menahan industri, tumbuh dengan kecepatan kilat. Selain itu, birokrasi yang terlibat dalam meminta atau mentransfer sumber daya tidak sesuai dengan pasar yang bergerak cepat saat ini. Dan sementara beberapa RIR, misalnya, RIPE atau ARIN, memiliki prosedur transfer yang lebih jelas, yang lain, misalnya AFRINIC, masih perlu membangunnya dari awal,” komentar Zenkevičius. 

“Pada akhirnya, proses yang lamban tidak sesuai dengan standar kecepatan dan efisiensi yang ditetapkan oleh lanskap bisnis yang berkembang pesat.”

Untuk mengatasi masalah ini, IPXO telah menetapkan untuk membuat RIR komersial pertama di dunia—registrasi terpadu, yang memungkinkan bisnis untuk menyewa dan mengalokasikan kembali sumber daya Internet dari semua RIR yang ada melalui satu platform. Solusinya juga akan menyediakan API, memungkinkan akses pengembang ke aset dan fungsi database.

“Tujuannya adalah untuk membangun sumber informasi yang otoritatif dan dapat diverifikasi serta merampingkan akses ke semua sumber daya Internet. Ini akan menjadi solusi yang kuat bagi perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan skala namun terhambat oleh kekurangan alamat IP, ”jelas pakar tersebut. 

“Platform ini juga akan memainkan peran penting dalam meningkatkan transparansi industri secara keseluruhan serta akuntabilitas karena semua data akan mudah diakses melalui satu antarmuka bersama dengan API terbuka.”

Dasar untuk platform tersebut telah diluncurkan—baru-baru ini, IPXO memperkenalkan platform penyewaan dan monetisasi IP yang sepenuhnya otomatis, yang sepenuhnya sesuai dengan kebijakan peraturan masing-masing RIR. Saat ini, platform IPXO memungkinkan untuk menyewa dan mengalokasikan kembali sumber daya Internet wilayah ARIN dan RIPE.

“Platform penyewaan IP adalah landasan dari apa yang ingin kami bangun,” kata Zenkevičius. “Permintaan akan sarana akses yang lebih lancar dan pengelolaan sumber daya IP telah ada sepanjang waktu. Saya percaya RIR komersial memiliki potensi untuk menjadi alat yang tepat, memungkinkan tata kelola IP yang lebih baik, serta membantu menyempurnakan infrastruktur saat ini untuk membuktikan industri di masa depan.”

Anda mungkin suka:Redakan Stresmu dengan Bermain Game Mahjong di Solitaire.org

Post a Comment for "Lanskap Kebijakan Internet Terfragmentasi – Bendera Merah untuk Pengembangan Jaringan Internet di Masa Depan"