Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MOBA Seluler Menghasilkan $339M Per Bulan, $40M Lebih dari Setahun Lalu

MOBA Seluler Menghasilkan $339M Per Bulan, $40M Lebih dari Setahun Lalu - Setelah tahun 2020 yang fantastis, yang mengalami lonjakan pendapatan bulanan sebesar 43% YoY, game MOBA seluler terus membangun keuntungan mereka dan mencapai rekor baru dalam pengeluaran pemain.

Menurut data yang disajikan oleh berbagai sumber, MOBA seluler telah menghasilkan rata-rata $339 juta per bulan sepanjang tahun 2021 atau $40 juta lebih dari setahun yang lalu.



Pendapatan Bulanan Melonjak 14% YoY; Unduhan Turun 17%

Meskipun genre game arena pertempuran online multipemain telah dibayangi oleh pertumbuhan game battle royale dalam beberapa tahun terakhir, game MOBA menghasilkan pendapatan miliaran dolar dan membangun basis pengguna yang besar.

Baca juga:Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan!

Pada tahun 2017, rata-rata pengeluaran pemain bulanan untuk MOBA seluler berjumlah $139 juta, ungkap data SensorTower. Dua tahun kemudian, angka ini melonjak menjadi $208 juta.

Namun, penguncian COVID-19, seperti halnya pasar game seluler lainnya, memicu lonjakan pengeluaran pemain di MOBA secara global, dengan pendapatan bulanan rata-rata naik 43% YoY menjadi $298 juta pada tahun 2020, peningkatan tahunan terbesar sejauh ini.

Statistik menunjukkan sub-genre terus tumbuh pada tahun 2021, dengan pendapatan bulanan rata-rata meningkat 14% dari tahun ke tahun, terutama didorong oleh Honor of Kings sebagai judul MOBA seluler terlaris.

Namun, rata-rata jumlah unduhan telah merosot dibandingkan periode tahun lalu. Pada tahun 2020, MOBA seluler mencapai rata-rata 27,9 juta unduhan per bulan, 10,5% lebih tinggi dari tahun 2019. Namun, data SensorTower menunjukkan angka ini turun 17% YoY menjadi 23,1 juta pada tahun 2021.

Honor of Kings MOBA Seluler Terlaris dengan Lebih dari $10 Miliar dalam Pengeluaran Pemain Seumur Hidup

Pasar MOBA sangat terkonsentrasi dan didominasi oleh industri kelas berat seperti Tencent, Supercell, dan ByteDance.

Statistik menunjukkan bahwa Tencent's Honor of Kings tidak hanya menempati peringkat sebagai MOBA seluler terlaris tetapi juga sebagai game seluler berpenghasilan tertinggi secara global. Dalam delapan bulan tahun 2021, judul MOBA yang populer menghasilkan pendapatan lebih dari $2 miliar di seluruh dunia, dengan pengeluaran pemain seumur hidup melebihi $10 miliar.

Brawl Stars menduduki peringkat sebagai game MOBA seluler terlaris kedua, dengan pengeluaran pemain lebih dari $320 juta antara Januari dan Agustus.

Mobile Legends: Bang Bang dan League of Legends: Wild Rift menyusul, masing-masing dengan $220 juta dan sekitar $60 juta.

Namun, data App Magic menunjukkan Pokemon UNITE memimpin dalam unduhan bulanan. Sebuah game Pokemon spin-off mencapai 12,7 juta unduhan gabungan di Google Play dan Apple App Store selama bulan September. Jauh di belakang, Mobile Legends: Bang Bang menduduki peringkat kedua sebagai judul terpopuler dengan lebih dari 7 juta unduhan. Honor of Kings dan Garena RoV: 5th Anniversary menyusul, dengan masing-masing 1,8 juta dan 1,5 juta unduhan.

Anda mungkin suka:Review Poco F2 Pro: Smartphone Bertenaga Snapdragon 865 Termurah!

Post a Comment for "MOBA Seluler Menghasilkan $339M Per Bulan, $40M Lebih dari Setahun Lalu"