Saturday, July 23, 2016

Benchmark Hisense F20: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Benchmark Hisense F20 – Hari ini Tuxlin News kedatangan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) Hisense F20 yang belum lama ini telah diluncurkan di pasar Indonesia. Ponsel ini membidik pasar entry-level dengan mengunggulkan dukungan jaringan 4G LTE sebagai daya tarik utamanya. Selain itu, ponsel Hisense F20 ini sebenarnya juga dibekali dengan spesifikasi yang cukup menarik, sebut saja layar berukuran besar yang mengusung resolusi HD.

Sisi kamera, ponsel andalan Hisense ini cukup bersaing dengan kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel dan ditemani dengan kamera depan dengan resolusi 2 megapiksel. Performa mungkin relatif standar karena Hisense F20 hanya mengandalkan duet Snapdragon 210 dengan RAM 1GB. Berikut ini adalah ulasan benchmark Hisense F20 yang telah Tuxlin News lakukan.


Benchmark Hisense F20

Benchmark Hisense F20

Benchmark Hisense F20 CPU-Z
Aplikasi CPU-Z mampu menampilkan informasi yang akurat mengenai spesifikasi dapur pacu yang diusung oleh ponsel F20 besutan Hisense ini, mulai dari chipset, prosesor, jumlah core, hingga sistem operasi yang digunakan. Ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 210, sama seperti Acer Liquid Z330, Asus Zenfone Go ZB452KG, dan Lenovo Vibe C.
Benchmark Hisense F20 Vellamo
Pada benchmark Vellamo buatan Qualcomm, Hisense F20 mampu membukukan skor 1400 poin pada benchmark browser Chrome, 542 poin pada benchmark Vellamo Metal, dan 910 poin untuk benchmark Vellamo Multicore. Ini menunjukkan bahwa ponsel besutan brand asal Tiongkok menawarkan kinerja yang cukup bersaing di kelasnya. Skor yang dihasilkan Hisense F20 ini memang sedikit di bawah Lenovo Vibe C atau Acer Liquid Z320 yang Tuxlin ulas sebelumnya.
Baca juga: Unboxing Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL: Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga
Benchmark Hisense F20 Geekbench 3
Pada benchmark Geekbench 3, ponsel 4G entry-level besutan Hisense ini mampu menghasilkan skor 298 poin untuk Single-Core dan 985 poin untuk Multi-Core. Tuxlin News menilai skor yang dihasilkan Hisense F20 terbilang setara dengan smartphone kelas entry-level lainnya. Para pesaingnya yang menggunakan chipset MediaTek MT6580 dan Spreadtrum SC7731 bahkan mampu mencetak skor yang lebih tinggi.
Benchmark Hisense F20 AnTuTu v6
Ponsel cerdas dengan dukungan 4G LTE Hisense F20 ini mampu membukukan skor 20.577 poin dari benchmark yang Tuxlin News lakukan menggunakan aplikasi AnTuTu v6. Angka ini memang terlihat sedikit di atas rata-rata jika dibandingkan dengan ponsel lain dengan chipset Qualcomm Snapdragon 210. Para pesaingnya yang biasanya mengandalkan chipset MediaTek MT6580/MT6582 biasanya juga mampu mencetak skor 19 ribu – 21 ribu-an. Namun, skor AnTuTu sendiri bukan satu-satunya parameter untuk menilai kinerja sebuah smartphone.
Benchmark Hisense F20 Quadrant Standard
Smartphone Android Lollipop kelas entry-level Hisense F20 ini mampu mencetak skor hingga 8493 poin di benchmark Quadrant Standard. Menurut Tuxlin News, skor ini standar untuk kelas entry-level yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 210. Meski demikian, ponsel ini masih cukup kompetitif di kelasnya.
Benchmark Hisense F20 Speedtest
Speedtest menggunakan jaringan 4G LTE salah satu operator GSM terkemuka menghasilkan kecepatan yang lumayan, yakni download hingga 1,87Mbps dan upload 19,22Mbps. Kecepatan yang dihasilkan sebenarnya juga dipengaruhi kondisi jaringan di masing-masing wilayah.
Benchmark Hisense F20 Sensorbox
Layar ponsel Hisense F20 ini mampu mengakomodasi 5 sentuhan sekaligus dalam waktu bersamaan. Hal ini sudah cukup untuk kebutuhan kasual sehari-hari, seperti sosial media, chatting, browsing, dan juga bermain game. Respon touchscreennya relatif gegas.

Kualitas layar HD IPS LCD kapasitif ponsel 4G besutan Hisense ini bisa dikatakan sedikit di atas rata-rata di kelas entry-level. Sedangkan untuk sensor, Hisense F20 bisa dikatakan relatif standar untuk kelas entry-level dengan kehadiran light ambient sensor, proximity sensor, dan sound sensor.
Baca juga: Mifa F1 Outdoor Bluetooth Speaker: Hands On & Preview
Berdasarkan hasil benchmark Hisense F20 yang telah Tuxlin News lakukan, ponsel 4G kelas entry-level ini menunjukkan hasil yang relatif setara dengan para pesaingnya. Tidak ada yang istimewa dari skor yang dihasilkan ponsel andalan Hisense ini. Impresi awal Tuxlin saat menggunakan ponsel Hisense F20 ini agak kurang responsif.

Meski belum banyak terinstal aplikasi, ponsel ini sering lag. Hal ini kian parah ketika suhu ponsel meningkat. Diharapkan ada update untuk memperbaiki masalah performa ini. Terlepas dari masalah performa, ponsel 4G LTE Hisense F20 menunjukkan impresi yang baik dan cukup menarik di kelas entry-level. Tentunya diperlukan review mendalam untuk mengetahui kemampuan sebenarnya dari Hisense F20.

Harga Hisense F20

Harga smartphone 4G LTE Hisense F20 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Tuxlin News himpun dari toko online terkemuka tanah air adalah Rp 1.299.000 atau tepatnya Rp 1,3 juta. Melihat spesifikasi yang ditawarkan, jelas harga yang ditawarkan oleh Hisense F20 masih cukup kompetitif di kelasnya.

Berdasarkan hasil benchmark Hisense F20 yang telah Tuxlin News lakukan, ponsel 4G LTE besutan vendor asal Tiongkok ini terbilang standar dan tak jauh berbeda dari para pesaingnya yang sama-sama mengandalkan dapur pacu dari chipset Qualcomm Snapdragon 210.

Secara umum, kinerja Hisense F20 menurut Tuxlin News sudah memadai untuk kebutuhan komunikasi dasar dan sosial media. Kompetitor terdekat Hisense F20 antara lain adalah Lenovo Vibe C, Acer Liquid Z330, dan Meizu M2.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga ponsel 4G Hisense F20 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Hisense F20

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka Hisense Vision UI 2.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 210 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 32-bit 1,1GHz
  • Grafis Adreno 304
  • Kamera 8 megapiksel autofokus, LED flash. Kamera depan 2 megapiksel fixed focus
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB, dilengkapi slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 144.8 mm x 71.8 mm x 7.9 mm dengan berat 149 gram
  • Baterai 2500mAh
  • Warna Black dan White
Anda mungkin suka:Unboxing Hisense F20: Affordable 4G Smartphone