Pixcom Odyssey: Hands On, Hasil Foto, Spesifikasi & Harga

Harga Spesifikasi Pixcom Odyssey – Pada kesempatan kali ini Tuxlin News berksempatan untuk mengulas smartphone 3G yang sebenarnya bukan produk baru, yakni Pixcom Odyssey. Serorang rekan Tuxlin sudah membeli smartphone Pixcom Odyssey ini dengan harga promo Rp 999.000. Berdasarkan informasi yang Tuxlin News himpun, smartphone Pixcom Odyssey ini sudah diluncurkan sejak 2014 lalu.


Pixcom Odyssey besutan merek lokal akhir-akhir ini menyedot perhatian karena dibandrol dengan harga promo. Dukungan layar full HD, prosesor octa-core, kapasitas RAM 2GB, dan dukungan kamera berkekuatan 13 megapiksel ini menjadi daya tarik utamanya.

Namun, Pixcom Odyssey masih mengusung sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean yang tergolong sudah uzur. Pixcom sendiri sampai saat ini tidak menyediakan fasilitas update ke Android versi baru, minimal Android 4.4 KitKat.

Baca juga:Xenom Hercules HC15S, Laptop Gaming Gahar Bertenaga GeForce GTX 980M
Harga Spesifikasi Pixcom Odysse

Hands On Pixcom Odyssey

Saat pertama kali Tuxlin News memegang smartphone Pixcom Odyssey ini agak kaget, ternyata smartphone ini sangat tipis. Lebih tipis dari dugaan Tuxlin sebelumnya. Smartphone ini dibalut dengan casing berbahan plastik atau polikarbonat berwarna hitam.

Pada paket pembeliannya, sudah termasuk sebuah hard case yang cukup berkualitas. Smartphone ini cukup nyaman digenggam dan ukurannya tidak terlalu besar. Selain itu, bobot smartphone 3G Pixcom Odyssey ini juga relatif ringan.

Bagian depan terdapat lubang kamera depan, sensor proximity, earpiece, layar sentuh berukuran 5 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sedangkan bagian belakang ponsel Pixcom Odyssey ini terdapat lubang kamera, LED flash, dan speaker grill atau lubang speaker. Pixcomm menempatkan tombol power dan volume rocker di sisi kanan dan kiri ponsel. Sedangkan port audio 3,5mm berada di bagian atas dan port microUSB berada di bagian bawah.

Smartphone ini mengandalkan layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang menggunakan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) yang menawarkan kerapatan mencapai 441 piksel per inci. Tak disebutkan adanya lapisan antigores pada smartphone murah meriah ini.

Sayangnya, ponsel Odyssey besutan Pixcom ini masih mengandalkan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean yang tergolong sangat uzur menurut Tuxlin. Saat ini rata-rata smartphone baru sudah mengusung Android Lollipop.

Baca juga:Xenom Shiva SV15S, Laptop Gaming Bertenaga Intel Core i7 Skylake
Hands On Pixcom Odyssey

Performa yang dihasilkan oleh ponsel Pixcom Odyssey ini menurut Tuxlin News masih sangat bisa diandalkan, meski sudah agak ketinggalan dengan dukungan chipset MediaTek MT6592 yang didukung prosesor octa-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,7GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB. Sisi grafis, ponsel ini ditenagai oleh GPU (Graphics Processing Unit) Mali-450MP4.

Ponsel besutan vendor lokal ini didukung oleh memori internal berkapaasitas 16GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 32GB. Sektor kamera, di atas kertas smartphone Pixcomm Odyssey bisa dikatakan di atas rata-rata di kelasnya dengan dipersenjatai oleh kamera depan berkekuatan 5 megapiksel untuk foto selfie dan kamera belakang 13 megapiksel dengan autofokus lengkap dengan LED flash.

Merek lokal ini juga membekali ponsel Odyssey dengan baterai berkapasitas 1900mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Kapasitas seperti terdengar terlalu kecil mengingat layarnya sudah mengusung resolusi tinggi.

Hasil Kamera Pixcom Odyssey

Berikut ini adalah beberapa foto hasil jepretan smartphone Pixcom Odyssey. Semua foto diambil pada siang hari dan dengan kondisi cuaca mendung. Mode yang digunakan adalah auto dan tanpa LED flash. Foto dengan resolusi 13 megapiksel telah Tuxlin resize ke 1024 x 576 piksel.
Hasil Kamera Pixcom Odyssey
Hasil Kamera Pixcom Odyssey
Hasil Kamera Pixcom Odyssey
Hasil Kamera Pixcom Odyssey

Impresi Pertama Pixcom Odyssey

Impresi Pertama Pixcom Odyssey

Impresi awal Tuxlin News saat hands on smartphone Pixcom Odyssey ini cukup lumayan. Desain ponsel ini memang tidak istimewa atau biasa-biasa saja. Mateila plastik yang digunakan oleh Pixcom Odyssey cukup berkualitas dat tak terkesan murahan. Begitu juga dengan bonus hard case yang ada pada paket penjualannya cukup baik kualitasnya. Tuxlin merasa nyaman menggenggam smartphone ini karena tipis dan bobotnya juga tak terlalu berat.

Sektor layar mungkin menjadi sis yang paling baik dari Pixcom Odyssey ini. Merek lokal ini mempersenjatai ponsel Odyssey ini dengan layar resolusi full HD yang jarang diaplikasikan pada smartphone kelas entry-level. Menurut Tuxlin News, layar IPS yang diusung oleh smartphone ini cukup baik, tajam, dan warna yang dihasilkan juga cukup baik. Resolusi tinggi membuatnya terlihat padat dan halus, serta respon touchscreen yang cukup gegas. Kinerjanya saat digunakan di bawah sinar matahari juga cukup baik.

Lalu bagaimana dengan kinerjanya? Jujur saja, Tuxlin News belum mendapat impresi kinerja yang menyeluruh dari smartphone Pixcom Odyssey ini mengingat waktu yang terbatas. Namun di atas kertas, kinerja yang dihasilkan oleh Pixcom Odyssey cukup tinggi berkat dukungan prosesor octa-core yang diduetkan dengan memori RAM berkapasitas 2GB. Saat Tuxli menjajal smartphone ini, sudah terinstal beberapa aplikasi sosial media dan beberapa aplikasi tambahan. Selama menggunakan ponsel ini, Pixcom Odyssey relatif gegas dan tanpa lag.

Baca juga:Review Smartfren Andromax Es, Smartphone 4G LTE Murah

Kemampuan kamera ponsel Pixcom Odyssey ini menurut Tuxlin News adalah di bawah rata-rata. Spesifikasi kameranya memang terdengar mentereng, tetapi performanya kurang memuaskan. Berdasarkan sampel foto yang Tuxlin News ambil di atas, terlihat bahwa hasil jepretan kamera belakang Pixcom Odyssey menawarkan warna yang agak kusam dan beberapa bagian terlihat overexposed. Sedangkan mengenai detail, tampaknya resolusi 13MP yang diusung Pixcom Odyssey bukan jaminan. Ukuran foto yang hanya berkisar antara 1MB – 2MB ini membuat foto yang dihasilkan tidak detail.

Meski demikian, saat kamera Pixcom Odyssey digunakan untuk memotret macro cukup baik. Kecepatan fokusnya lumayan dan efek bokeh yang dihasilkan juga cukup baik. Sayangnya, foto macro ponsel Pixcom Odyssey ini tak terlalu detail menurut Tuxlin News. Performa kamera saat malam hari dan kamera depan smartphone Pixcom Odyssey belum sempat Tuxlin uji. Daya tahan baterai Pixcom Odyssey juga belum sempat Tuxlin News uji.

Harga Pixcom Odyssey

Harga smartphone Pixcom Odyssey terbaru berdasarkan informasi yang Tuxlin News himpun adalah Rp 1.999.000. Beberapa waktu lalu memang pihak Pixcom menggelar promo ponsel Pixcom Odyssey ini dengan harga yang sangat murah, yakni Rp 999.000 saja di toko online MatahariMall dan Lazada Indonesia.

Namun, informasi terakhir yang Tuxlin News dapatkan, promo tersebut telah berakhir. Belum diketahui apakah Pixcom akan menggelar promo smartphone Odyssey lagi atau tidak. Tuxlin sendiri menilai ponsel Pixcom Odyssey menawarkan spesifikasi yang agak ketinggalan, kemampuan kamera yang di bawah rata-rata, dan OS Android versi jadul (4.2 Jelly Bean) membuatnya sangat overprice jika masih dijual dengan harga Rp 2 juta. Mungkin, harga Rp 999.000 adalah yang paling ideal.

Spesifikasi Pixcom Odyssey

  • Sistem Operasi Android 4.2 Jelly Bean
  • Chipset MediaTek MT6592 dengan prosesor 8 core atau octa-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,7GHz
  • Grafis Mali-450MP4
  • Kamera 13 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 5 inci, dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 441 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB dilengkapi slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • GSM / 3G HSDPA 
  • Dimensi 144 x 71 x 6.17 mm berat 130 gram
  • Baterai 1900mAh
  • Warna Black
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, Jagoan Baru Minus 4G LTE


Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog