Samsung Galaxy J5: Unboxing, Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga


Samsung Galaxy J5 – Beberapa minggu yang lalu Tuxlin News telah kedatangan smartphone Samsung Galaxy J5 yang membidik pasar kelas menengah. Kelebihan utama yang ditawarkan oleh smartphone Galaxy J5 ini adalah pada sektor kamera yang didesain khusus untuk selfie. Pabrikan asal Korea Selatan ini membekali Galaxy J5 dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel yang ditandemkan dengan sebuah soft LED flash yang menghadap ke depan.

Kamera belakang ponsel Galaxy J5 ini juga cukup mumpuni dengan resolusi 13 megapiksel autofokus lengkap dengan hadirnya LED flash. Selain itu, Samsung juga membekali Galaxy J5 dengan layar berteknologi Super AMOLED yang cemerlang. Simak ulasan hands on dan unboxing smartphone Samsung Galaxy J5 kali ini.



IMG_20150917_142333_HDR

Unboxing Samsung Galaxy J5

Setelah smartphone 4G Samsung Galaxy J5 ini sampai di Tuxlin News, kami langsung melakukan unboxing untuk pengecekan fungsi dasar ponsel. Sama seperti Galaxy J1, smartphone Samsung Galaxy J5 ini hadir dengan boks berbahan kertas berwarna oranye. Ukuran boks ponsel Galaxy J5 ini tidak terlalu besar.

Beberapa pembaca Tuxlin News mengeluhkan bahwa unit Galaxy J5 yang mereka beli tidak ada stiker hologram dari SEIN (Samsung Electronics Indonsia). Unit yang Tuxlin News terima juga tidak terdapat stiker hologram tersebut. Tak perlu khawatir akan mendapat unit Galaxy J5 palsu selama Anda membelinya di toko terpercaya dan harganya setara dengan harga pasaran.

Paket Pembelian Samsung Galaxy J5

IMG_20150917_141454_HDR
  • Handset Samsung Galaxy J5
  • Baterai
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset
  • Booklet manual
  • Kartu garansi

Hands On & Impresi Pertama Samsung Galaxy J5

IMG_20150917_141513_HDR
Ponsel 4G LTE Galaxy J5 besutan Samsung ini ternyata cukup ramping, tetapi sedikit agak berat. Sama seperti ponsel Samsung lainnya, Galaxy J5 ini juga dibalut dengan casing berbahan plastik. Meski demikian, ponsel ini menggunakan frame berbahan metal dengan balutan warna chrome yang kokoh dan membuatnya terlihat lebih manis.

Ponsel Galaxy J5 yang hadir di Tuxlin News ini berawarna putih dan casing belakangnya menggunakan finishing mate, sehingga tidak licin. Dimensi smartphone Galaxy J5 besutan Samsung ini adalah 142.1 x 71.8 x 7.9 mm, tidak terlalu besar dan masih cukup nyaman digenggam.

Bagian depan smartphone 4G Galaxy J5 ini terdapat LED flash depan, earpiece, sensor proximity, kamera depan, layar sentuh berukuran 5 inci, tombol fisik home, dan dua tombol kapasitif yang terdiri dari Recent Apps dan Back.

Sedangkan bagian belakang terdapat LED flash, lubang kamera, lubang speaker, dan tak lupa disematkan logo Samsung. Sisi kiri ponsel Galaxy J5 terdapat tombol volume rocker, sedangkan tombol power terdapat tombol power. Bagian bawah ponsel terdapat port micro USB dan port audio 3,5mm.

Seperti biasa, kita harus membuka casing belakang untuk mengakses slot SIM 1, SIM 2, dan slot microSD. Material plastik yang digunakan oleh casing smartphone Samsung Galaxy J5 ini cukup tipis, tetapi sangat lentur. Hal ini mengingatkan Tuxlin pada casing belakang Infinix Hot Note yang tipis, tetapi lentur dan bahkan dapat ditekuk hingga membentuk huruf C. Tidak seperti smartphone masa kini lainnya, ponsel Galaxy J5 ini menggunakan baterai yang dapat dilepas.
IMG_20150917_141520_HDR
Samsung membekali smartphone Galaxy J5 ini dengan layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang mengusung teknologi panel Super AMOLED yang menawarkan kerapatan mencapai 294 piksel per inci. Impresi awal Tuxlin News pada layar smartphone ini adalah memuaskan! Layar Galaxy J5 mampu menghasilkan gambar yang tajam, reproduksi warna yang vivid, dan viewing angle yang luas.

Tak hanya itu, kemampuan layar ponsel ini ketika Tuxlin News coba di bawah sinar matahari juga sangat memuaskan. Sayangnya, smartphone ini tidak menyediakan opsi auto brightness karena tidak dilengkapi dengan sensor cahaya. Layar smartphone ini juga tidak dilindungi lapisan antigores.

Kinerja yang ditawarkan oleh smartphone ini terbilang standar menurut Tuxlin News dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang didalamnya terdapat prosesor quad-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 1,5GB. Grafis Galaxy J5 ini dipercayakan pada Adreno 306.

Tuxlin News menilai spesifikasi dapur pacu yang ditawarkan oleh ponsel ini terbilang sedikit di bawah rata-rata, terlebih kapasitas RAM-nya hanya 1,5GB saja. Meski demikian, kinerjanya saat menangani kebutuhan komunikasi sehari-hari relatif lanar dan jarang ditemui adanya lag. Skor AnTuTu yang dihasilkan oleh ponsel ini tidak istimewa jika dibandingkan para pesaingnya, yakni hanya 19.544 poin saja.

Samsung membekali smartphone ini dengan dengan kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel lengkap dengan lensa wide-angle dan LED flash untuk foto selfie berkualitas dan mampu digunakan di tempat gelap. Jelas, smartphone ini sangat mendukung aktifitas foto selfie di segala kondisi cahaya. Sedangkan kamera utama ponsel 4G ini berkekuatan 13 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash.

Meski dibekali dengan aperture lebar, yakni f/1.9, kemampuan kamera ponsel ini saat malam hari bisa dikatakan standar saja. Sedangkan ketika digunakan untuk memotret macro dan siang hari, hasilnya cukup meuaskan menurut Tuxlin  News. Ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2600mAh yang mana daya tahannya cukup untuk seharian.

Baca juga:Duel Kamera Samsung Galaxy J5 vs Meizu M2 Note Malam Hari

Harga Samsung Galaxy J5

Harga smartphone Samsung Galaxy J5 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Tuxlin News terima saat menulis artikel ini adalah Rp 2.799.000 atau tepatnya Rp 2,8 juta. Penetapan harga atau pricing Galaxy J5 ini memang diluar dugaan banyak pihak. Sebelumnya smartphone ini diprediksikan akan dijual dengan harga Rp 3 juta-an, tetapi kenyataannya malah justru di bawahnya!

Meski demikian, Tuxlin News menilai spesifikasi yang diusung oleh ponsel Galaxy J5 ini tidaklah terlalu menonjol. Hal ini terlihat jika kita membandingkan Galaxy J5 dengan Xiaomi Mi 4i, jelas Xiaomi akan menang telak dengan harga yang kurang lebih sama. Terlepas dari hal tersebut, smartphone Galaxy J5 ini masih sangat layak dipertimbangkan.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka TouchWiz UI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 410 quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1,2GHz
  • Grafis Adreno 306
  • Kamera 13 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel wide-angle dilengkapi LED flash
  • Layar 5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, Super AMOLED kapasitif
  • Memori RAM 1,5GB, ROM 8GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM,
  • GSM / 3G HSPA / LTE
  • Dimensi 142.1 x 71.8 x 7.9 mm berat 146 gram
  • Baterai 2600mAh
Beli Samsung Galaxy J5 dengan harga promo melalui tautan berikut ini (klik) atau install aplikasinya di sini (klik)

Review Lengkap Samsung Galaxy J5 Baca di Sini:


Artikel Tuxlin News Lainnya :


Info Promo
Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog