Menjajal Fitur ZenMotion di Asus Zenfone 2 ZE551ML

Fitur ZenMotion – Pada kesempatan kali ini, Tuxlin News akan menjajal kehebatan salah satu fitur terbaru yang dimiliki oleh ponsel Asus Zenfone 2, yakni ZenMotion. Apa itu ZenMotion? ZenMotion adalah salah satu fitur andalan ZenUI berbasis Android 5.0 Lollipop yang memanfaatkan motion gesture atau gerakan. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengaktifkan fitur tertentu dengan menggoyang-goyangkan ponsel atau menggambar huruf tertentu di layar. Fitur semacam ini sebenarnya telah dimiliki oleh para pesaingnya, sebut saja Oppo, Samsung, ZTE, dan vendor lainnya. Tuxlin News mengetahui, tiap merek memiliki fitur motion gesture yang khas dan berbeda dari para kompetitornya, begitu juga dengan ZenMotion yang mulai ditanamkaan Asus di keluarga smartphone Zenfone 2.

Cara Mengaktifkan Fitur ZenMotion

Bagaimana cara mengaktifkan fitur canggih ZenMotion ini? Secara default, fitur ZenMotion ini sudah aktif di smartphone Zenfone 2 series. Pada ponsel Zenfone 2 varian ZE551ML 2GB/16GB yang digunakan oleh Tuxlin News juga demikian. Namun, jika ternyata fitur ZenMotion ini belum aktif, cara mengaktifkannya cukup mudah. Pengguna cukup mengakses menu Settings > ZenMotion. Pada menu ini, akan tampil tiga opsi, yakni Touch Gesture, Motion Gesture, dan One Hand Mode. Geser slider pada posisi On untuk mengaktifkan masing-masing fitur pada ZenMotion ini.

Baca juga:Hands On & Unboxing Ponsel 4G Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2GB & ROM 16GB

Cara Menggunakan Fitur ZenMotion

Bagaimana cara menggunakan fitur ZenMotion pada Asus Zenfone 2 ini? Cara menggunakannya cukup mudah, yakni cukup tap pada menu Touch Gesture dan akan muncul sejumlah fungsi yang dimiliki oleh fitur tersebut. Cara menggunakan fitur Touch Gesture pada ZenMotion adalah menggambar huruf tertentu saat layar dalam keadaan terkunci. Misalnya saat layar terkunci, Tuxlin News menggambar huruf W ke layar, maka ponsel akan secara otomatis mengaktifkan browser. Berikut ini beberapa fungsi default yang dimiliki oleh ZenMotion berdasarkan pantauan Tuxlin News.
  • Screen off dan Screen on. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mematikan atau menghidupkan layar ponsel Zenfone dengan cara double tap atau ketuk dua kali ke layar.
  • Menggambar huruf W untuk mengaktifkan browser.
  • Menggambar huruf S untuk mengaktifkan pesan atau messaging.
  • Menggambar huruf e untuk mengaktifkan email.
  • Menggambar huruf C untuk mengaktifkan kamera.
  • Menggambar huruf Z untuk mengaktifkan Asus Boost.
  • Menggambar huruf V untuk mengaktifkan Phone atau Dialer App.
Bagaimana jika tidak senang atau tidak cocok dengan pengaturan default yang ada? Tenang saja, pengguna dapat melakukan kostumisasi setiap shortcut yang ada pada fasilitas Touch Gesture ini, caranya? Cara kostumisasi touch gesture ini cukup mudah, yakni cukup sentuh shortcut yang diinginkan, dan kemudian ganti fungsinya. Misal ingin mengganti shortcut touch gesture W yang secara default adalah meluncurkan browser, tap saja pada W to launch App, kemudian pilih app yang diinginkan, Hal ini berlaku untuk semua fungsi atau shortcut di Touch Gesture di Zen Motion.

Motion Gesture pada ZenMotion

Selain Touch Gesture, ZenMotion juga memiliki fitur Motion Gesture. Namun menurut Tuxlin News, fitur Motion Gesture pada ZenMotion ini masih perlu dikembangkan lagi agar lebih fungsional seperti para kompetitornya. Yang Tuxlin News tahu, fitur Motion Gesture pada ZenMotion hanya memiliki dua fungsi, yakni fungsi Shake Shake. Kita dapat mengambil screenshot layar Zenfone dengan cara Shake Shake atau menggoyangkan ponsel sebanyak dua kali. Selain mengambil screenshot, kita juga dapat membuat task baru di app Do It Later. 

Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone C, Ponsel Tanggung Pengganti Zenfone 4S

Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog