Hands On & Unboxing Ponsel 4G Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2GB & ROM 16GB

Ponsel 4G Asus Zenfone 2 ZE551ML – Jumat kemarin, ponsel 4G Asus Zenfone 2 ZE551ML telah diterima Tuxlin News bersamaan dengan datangnya ponsel Xiaomi Mi 4i. Sebenarnya proses transaksi dan pengiriman ponsel Zenfone 2 ZE551ML ini ke Tuxlin News berjalan lancar tanpa ada kendala. Hanya perlu waktu dua hari setelah transaksi, ponsel Zenfone 2 ZE551ML sampai di markas Tuxlin News dengan selamat. Seperti yang kita ketahui, Zenfone 2 adalah salah satu smartphone yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh konsumen tanah air. Hal ini terlihat dari permintaan yang cukup tinggi dari konsumen. Namun, pasokan Zenfone 2 ZE551ML sepertinya kurang lancar dan membuat harganya naik dari harga resmi. Tuxlin News sendiri sudah mengecek Zenfone 2 ZE551ML ini di Asus Store dan stok selalu kosong. Beruntung, Tuxlin News mendapatkan unit Zenfone 2 ZE551ML dari salah satu toko online dengan harga di bawah harga resmi. Berikut penampilan dan spesifikasi Asus Zenfone 2 ZE551ML dengan RAM 2GB dan ROM 16GB.



Unboxing Ponsel Asus Zenfone 2 ZE551ML

Seperti biasa, Tuxlin News langsung membuka paket dan melakukan ritual unboxing untuk ponsel 4G Zenfone 2 ZE551ML yang baru saja sampai. Boks Zenfone 2 ZE551ML ini berukuran sedikit lebih besar dari boks Zenfone 5 Lite, tetapi masih mengusung desain yang sama dengan balutan warna dominan putih. Unit ponsel Asus Zenfone 2 ZE551ML yang Tuxlin News terima berwarna Silver. Sejauh ini memang warna lainnya belum banyak beredar di pasar Tanah Air. Seperti biasa, Tuxlin langsung mencoba menjajal ponsel Zenfone 2 ZE551ML ini untuk memeriksa apakah semua berfungsi dengan baik atau tidak. Paket penjualan ponsel Zenfone 2 ZE551ML ini masih sama dengan ponsel Asus lainnya, yakni tidak dilengkapi headset.

Paket Pembelian Ponsel Asus Zenfone 2 ZE551ML


  • Handset Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2GB & ROM 16GB
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Kartu garansi
  • Booklet manual

Hands On Impresi Pertama Ponsel Asus Zenfone 2 ZE551ML


Setelah proses unboxing dan pengecekan fungsi selesai, Tuxlin News langsung menjajal ponsel Asus Zenfone 2 ZE551ML 2GB/16GB ini untuk mendapat impresi pertama. Kesan pertama ketikan memegang ponsel Zenfone 2 ZE551ML ini adalah solid dan berukuran lebih besar. Penampilan fisik ponsel Zenfone 2 ZE551ML ini terlihat begitu mewah karena sekilas seperti dibalut dengan casing logam. Kenyataannya, casing belakang Zenfone 2 ZE551ML ini masih terbuat dari plastik dengan finishing yang membuatnya terlihat seperti logam. Jika dilihat dari depan, ponsel Zenfone 2 ini tak jauh berbeda dengan Zenfone sebelumnya dengan sudut yang curvy, hadirnya tombol kapasitif di bawah layar, dan aksen bertekstur Zenbook pada bagian bawahnya. Vendor asal Taiwan ini memang melakukan perubahan desain pada Zenfone 2 ZE551ML, tetapi tidak terlalu signifikan. Perubahan yang paling terlihat adalah penempatan tombol volume di belakang, tepat di bawah lubang kamera. Ini mengingatkan kita pada desain LG G3. Hal ini memang diperlukan karena bagian belakang Zenfone 2 ZE551ML melengkung dan ujungnya tipis, sehingga jika tidak memindahkan tombol volume ke belakang maka ponsel akan menjadi semakin tebal.

Baca juga:Hands On & Unboxing Ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 4i

Bagian depan ponsel Zenfone 2 ZE551ML ini terdapat earpiece, proximity sensor, ambient light sensor, kamera depan, layar sentuh berukuran 5 inci, dan tiga tombol kapasitif yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps. Port microUSB terletak di bagian bawah dan port audio berada di bagian atas, sama seperti kebanyakan ponsel masa kini. Asus menempatkan tombol volume rocker di bagian belakang bersama lubang kamera dan dual-tone LED flash. Speaker grill atau lubang speaker juga terletak di bagian belakang bawah. keluaran suara speaker ponsel Zenfone 2 ZE551ML ini menurut Tuxlin News kurang kencang, tetapi kualitasnya cukup baik. Casing belakang ponsel Zenfone 2 ZE551ML ini bisa dilepas untuk memasukkan SIM card dan microSD, tetapi baterainya tanam sehingga tidak dapat dilepas. Perlu diketahui, Zenfone 2 ini hanya slot SIM 1 yang mendukungan 3G/4G LTE, sedangkan slot SIM 2 hanya terbatas pada 2G saja.

Asus membekali Zenfone 2 ZE551ML dengan ukuran layar yang cukup besar, yakni 5,5 inci yang menggunakan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) dengan kualitas yang lebih baik ketimbang Zenfone generasi pertama. Resolusi yang diusung oleh layar Zenfone 2 ZE551ML adalah full HD 1920 x 1080 piksel yang mampu menghasilkan warna yang cemerlang, kontras dan kecerahan yang baik, dan terlihat lebih padat. layar Zenfone 2 ZE551ML ini dilindungi oleh lapisan antigores dari Gorilla Glass 3. Kesan pertama Tuxlin News ketika mencoba Zenfone 2 ZE551ML ini adalah layarnya cukup baik dan sudut pandang yang luas, serta respon atau sensitivitas yang cukup baik terhadap sentuhan. Namun, kualitas layar Zenfone 2 ZE551ML ini menurut Tuxlin News masih di bawah Xiaomi Mi 4i, terlebih ketika digunakan di bawah sinar matahari. Asus membekali ponsel 4G LTE ini dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop dengan balutan antarmuka ZenUI yang sudah menjadi ciri khas ponsel Zenfone series.

Selama Tuxlin News menjajal ponsel Zenfone 2 ZE551ML dua hari terakhir ini dengan intensitas penggunaan sedang, sama sekali tidak mengalami lag. Buka tutup aplikasi berlangsung cepat dan responsif. hal ini tak terlepas dari dapur pacu ponsel Asus Zenfone 2 ZE551ML yang mengandalkan dukungan prosesor Intel Atom Z3560 quad-core yang berlari dengan kecepatan 1,83GHz dengan memori RAM sebesar 2GB, serta didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) yang powerful dari PowerVR G6430. Kinerja grafis ponsel ini bisa dikatakan lebih unggul dari Xiaomi Mi 4i. Ujicoba awal dengan menggunakan benchmark AnTuTu, ponsel Asus Zenfone 2 ini menghasilkan skor yang cukup tinggi di kelasnya, yakni 40.723 poin. Panas yang dihasilkan oleh Zenfone 2 ZE551ML ini termasuk tinggi, tetapi masih dalam kategori wajar menurut Tuxlin News.

Asus sangat menonjolkan sektor kamera pada Zenfone 2 series ini dengan membekalinya kamera berspesifikasi yang cukup meyakinkan, yakni kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor Toshiba dengan bukaan lensa aperture f/2,0 yang didukung oleh kemampuan autofokus dan dual LED flash. Sedangkan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel. Asus juga menyematkan mode manual untuk pengguna tingkat lanjut serta model low-light dengan teknologi PixelMaster andalannya. Setelah Tuxlin News mencoba kamera Zenfone 2 ZE551ML ini, hasilnya lumayan. Tuxlin News menyarankan untuk tidak berekspektasi terlalu tinggi terhadap kamera Asus Zenfone 2 ini. Hasil jepretan kameranya memang cukup terang dengan warna yang akurat, tetapi detailnya bisa dikatakan kurang. Kelebihan kamera Zenfone 2 ZE551ML adalah saat digunakan pada malam hari. Meski demikian, noise yang dihasilkan kamera Zenfone 2 ZE551ML termasuk tinggi meski pada siang hari. Asus membekali ponsel ini dengan memori internal 16GB yang masih dapat diperluas melalui slot microSD.

Harga Ponsel Asus Zenfone 2 ZE551ML

Harga resmi ponsel 4G Asus Zenfone 2 ZE551ML varian RAM 2GB dan ROM 16GB di Indonesia adalah Rp 2.999.000 atau tepatnya Rp 3 juta saja. Tuxlin News menilai harga ini sudah cukup masuk akal. Namun, terjadi fenomena seperti saat Zenfone generasi pertama diluncurkan, yakni stok langka dan harga terkerek naik. Beberapa merchant dan toko online menjual Zenfone 2 ZE551ML 2GB/16GB ini dengan harga Rp 3,3 –3,7 juta! Ini Sangat disayangkan.

Spesifikasi Ponsel Asus Zenfone 2 ZE551ML


  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka ZenUI versi baru
  • Chipset prosesor Intel Atom Z3560 quad-core 1,83GHz
  • Grafis PowerVR G6430
  • Kamera 13 megapiksel autofokus, aperture f/2.0, dual LED flash, PixelMaster. Kamera depan 5 megapiksel dengan lensa wide-angle
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi HD 1920 x 1080 piksel, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD dilindungi Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 2GB, ROM 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS , NFC, dual micro-SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 152.5 x 77.2 x 10.9 mm dengan berat 170 gram
  • Baterai 3000mAh lithium polymer

Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog