Benchmark Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i: AnTuTu, Geekbench, Vellamo & Quadrant

Benchmark Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i – Asus Zenfone 2 dan Xiaomi Mi 4i adalah dua smartphone kelas menengah paling populer saat ini. Meski dibandrol dengan harga yang bersaing, keduanya mengusung karakteristik yang berbeda. Asus Zenfone 2 hadir dengan dimensi besar dengan layar sentuh yang luas. Sedangkan Xiaomi Mi 4i hadir dengan layar sentuh yang lebih kecil dengan desain yang sangat kompak, sehingga nyaman digunakan dengan satu tangan saja. Banyak yang bertanya-tanya, siap yang menawarkan kinerja yang lebih unggul? Pada kesempatan kali ini Tuxlin News melakukan duel benchmark AnTuTu, Geekbench 3, Vellamo, dan Quadrant Standard. Tuxlin News menggunakan Asus Zenfone 2 ZE551ML 2GB/16GB dan Xiaomi Mi 4i pasar posting kali ini.


Benchmark Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i

Dapur Pacu Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i


Tuxlin News melihat kedua smartphone tersebut mengusung spesifikasi dapur pacu yang agak berbeda. Asus Zenfone 2 ZE551ML mengandalkan prosesor Intel Atom Z3560 quad-core yang berlari dengan kecepatan 1,83GHz dengan memori RAM sebesar 2GB, serta didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) yang powerful dari PowerVR G6430. Sedangkan ponsel Xiaomi Mi 4i mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 615 generasi kedua yang telah ditingkatkan performanya dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,7GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,1GHz, serta didukung oleh pengolah grafis dari Adreno 405 dan memori RAM sebesar 2GB LPDDR3. Lalu mana yang lebih unggul, Asus Zenfone 2 ZE551ML atau Xiaomi Mi 4i? Berikut duel benchmark yang dilakukan oleh Tuxlin News. (klik pada gambar untuk memperbesar)

CPU-Z Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i

CPUZ Zenfone 2
Asus Zenfone 2 ZE551ML
CPUZ Xiaomi Mi 4i
Xiaomi Mi 4i

Benchmark AnTuTu Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i

Antutu Zenfone 2
Asus Zenfone 2 ZE551ML
Antutu Xiaomi Mi 4i
Xiaomi Mi 4i
Pada benchmark AnTuTu Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i, keduanya bisa dikatakan seimbang. Asus Zenfone 2 mampu mencetak skor 40.410 poin. Sedangkan Xiaomi Mi 4i mampu mencetak skor 40.658 poin. Jika ditilik lebih detail, Tuxlin News maleihat bahwa Asus Zenfone 2 memiliki kemampuan grafis atau GPU (Graphics Processing Unit) yang unggul telak dari Xiaomi Mi 4i, Ini berarti Zenfone 2 lebih cocok bagi pengguna yang gemar bermain game atau gamer. Sedangkan Xiaomi Mi 4i unggul pada kemampuan prosesor atau CPU (Central Processing Unit) dan multitasking berkat jumlah core prosesor yang lebih banyak.

Baca juga:Hands On & Unboxing Ponsel 4G Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 2GB & ROM 16GB

Benchmark Geekbench 3 Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i

Geekbench Zenfone 2
Asus Zenfone 2 ZE551ML
Geekbench Xiaomi Mi 4i
Xiaomi Mi 4i
Pada benchmark Geekbenchm 3, keduanya bisa dikatakan masih setara menurut Tuxlin News. Hal ini terlihat dari kinerja single-core yang menghasilkan skor beda tipis, yakni 730 poin untuk Zenfine 2 dan 723 poin untuk Xiaomi Mi 4i. Kinerja single-core ini cukup penting karena sebagian besar aplikasi Android hanya dapat memanfaatkan satu atau dua core prosesor saja. Sedangkan untuk kinerja multi-core, Asus Zenfone 2 harus mengakui kekalahannya. Xiaomi Mi 4i dengan prosesor berarsitektur big.LITTLE ini unggul telak dengan skor 2.624 poin. Sedangkan Zenfone 2 hanya mampu mencetak skor 2.275 poin.

Benchmark Vellamo Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i

Vellamo Zenfone 2
Asus Zenfone 2 ZE551ML
Vellamo Xiaomi Mi 4i
Xiaomi Mi 4i
Vellamo adalah benchmark yang dikembangkan oleh Qualcomm. Meski demikian, bukan berarti prosesor atau chipset Qualcomm Snapdragon mendapat perlakuan khusus atau skor yang tinggi. Terlepas dari hal tersebut, Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i terlihat kembali bertarung sengit pada benchmark ronde ketiga ini. Keduanya memang terlihat setara, tetapi Zenfone 2 terlihat unggul tipis dari Xiaomi Mi 4i untuk benchmark Vellamo Metal dengan membukukan skor 1166 poin. Sedangkan Xiaomi Mi 4i hanya membukukan skor 1018 poin.

Baca juga:Hands On & Unboxing Ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 4i

Benchmark Quadrant Standard Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i

Quadrant Zenfone 2Quadrant Xiaomi Mi 4i 
Asus Zenfone 2 ZE551ML (kiri) Xiaomi Mi 4i (kanan)
Di benchmark Quadrant Standard Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i ini, terlihat perbedaan yang sangat signifikan. Xiaomi Mi 4i unggul telak menggilas Asus Zenfone 2 dengan skor 23.992 poin. Sedangkan Asus Zenfone 2 hanya mampu menghasilkan skor 9.628 poin saja. Hal ini agak aneh mengingat kedua ponsel kelas menengah ini relatif seimbang di benchmark sebelumnya. Tuxlin News menduga aplikasi Quadrant Standard hanya dioptimasi untuk prosesor berbasis ARM seperti yang digunakan oleh Xiaomi Mi 4i. Kurangnya optimasi atau dukungan untuk prosesor berbasis x86 yang digunakan oleh Zenfone 2 membuatnya mencetok skor yang rendah.

Kesimpulan Benchmark Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i

Berdasarkan hasil benchmark di atas, Tuxlin News mengambil kesimpulan bahwa keduanya menawarkan kinerja yang setara atau seimbang. Namun, Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i mengusung karakter kinerja yang berbeda. Asus Zenfone 2 menawarkan kinerja GPU yang mumpuni, sehingga lebih perkasa dalam memainkan game-game 3D ketimbang Xiaomi Mi 4i.

Beli Xiaomi Mi 4i dengan harga promo di sini (Klik)
Beli Asus Zenfone 2 dengan harga promo di sini (Klik)
atau install aplikasinya di sini (klik)

Sebaliknya, Xiaomi Mi 4i menawarkan kinerja prosesor yang lebih tinggi dan kemampuan multitasking yang lebih baik dari Zenfone 2. Meski demikian, hasil benchmark kadang tidak mencerminkan kinerja real-nya saat digunakan sehari-hari. Kinerja real tiap ponsel tergantung optimasi yang dilakukan oleh masing-masing vendor. Sampai di sini dulu posting Tuxlin News kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Anda mungkin suka:Review Xiaomi Mi 4i, Ponsel Kelas Menengah Rasa Flagship

Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog