Saturday, May 30, 2015

Hands On & Unboxing Ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 4i

Ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 4i – Kemarin Tuxlin News telah kedatangan ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 4i yang digelar flash sale perdana pada 26 Mei 2015 lalu. Paket ponsel kamera Xiaomi Mi 4i ini memerlukan waktu tiga haru untuk sampai di markat Tuxlin News. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, smartphone Xiaomi Mi 4i ini digembar-gemborkan sebagai ponsel flagship dengan harga yang terjangkau. Namun, Tuxlin News lsebih suka menyebut Xiaomi Mi 4i ini sebagai ponsel kelas menengah yang mengusung sebagian fitur dari ponsel flagship. Meski secara umum spesifikasi dan harga yang ditawarkan oleh ponsel Xiaomi Mi 4i ini cukup menarik, tetapi ia harus berhadapan dengan lawan-lawan yang tangguh. Lawan terkuat Xiaomi Mi 4i adalah Asus Zenfone 2 ZE551ML 2GB/16GB, Lenovo P70, Himax Polymer Octa X, dan ZTE Blade S6. Mampukah Xiaomi Mi 4i bersaing dengan para kompetitornya? Berikut impresi awal ponsel Xiaomi Mi 4i.




Unboxing Ponsel Xiaomi Mi 4i

Ponsel Xiaomi Mi 4i ini hadir dengan boks yang sama dengan produk Xiaomi lainnya, yakni dus daur ulang berwarna cokelat. Ukuran dus atau box Xiaomi Mi 4i sedikit lebih besar dari Redmi 2, ini wajar karena dimensi ponselnya juga lebih besar. Informasi yang diterima Tuxlin News, dus yang digunakan oleh produk-produk Xiaomi ini memiliki kekuatan yang cukup mengagumkan. Hal ini terlihat ketika Hugo Barra mendemokan kekuatan boks Xiaomi Mi 4i dengan menginjaknya bersama seorang lainnya. Jadi, boks Xiaomi Mi 4i ini kuat menahan beban dua orang… cukup mengejutkan. Meski membidik pasar kelas kelas menengah, smartphone Xiaomi Mi 4i ini hadir dengan paket pembelian yang minimalis, tanpa kehadiran headset atau handsfree

Paket Pembelian Ponsel Xiaomi Mi 4i

  • Handset Xiaomi Mi 4i
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Buku Manual
  • Kartu Garansi
  • SP Telkomsel Simpati

Hands On & Impresi Pertama Ponsel Xiaomi Mi 4i

Seperti biasa, Tuxlin News langsung melakukan pengujian dasar terhadap ponsel Xiaomi Mi 4i untuk mengecek apakah semuanya berfungsi dengan baik atau ada cacat. Impresi pertama ketika memegang langsung ponsel Xiaomi Mi 4i ini adalah kompak dan tipis. Jika dibandingkan dengan iPhone 6, Xiaomi Mi 4i ini sedikit lebih besar dan tebal. Meski demikian, Tuxlin News menilai ponsel tersebut nyaman digenggam dan pantas disebut sebagai salah satu ponsel layar 5 inci dengan ukuran paling kompak. Casing belakang Xiaomi Mi 4i terbuat dari bahan polikarbonat yang mirip dengan casing belakang Redmi 2. Xiaomi mengatakan bahwa ponsel Mi 4i ini dibekali dengan lapisan yang membuatnya tidak mudah kotor atau terkena noda. Sayangnya, ponsel Xiaomi Mi 4i cukup licin dan harus mantap mengenggamnya agar tidak jatuh.

Mi 4i didukung oleh layar berukuran 5 inci yang disematkan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) yang dipadukan dengan OGS (One Glass System) buatan Sharp/JDI, serta dilindungi oleh Corning Concore Glass. berdasarkan informasi, Concore Glass ini memiliki kemampuan antogores yang setara dengan Gorilla Glass 3. Concore Glass digunakan karena layar Mi 4i ini menggunakan OGS (One Glass System). Jujur saja, Tuxlin News terpesona dengan kemampuan dan kualitas layar yang disematkan pada ponsel Xiaomi Mi 4i ini. Reproduksi warna, kecerahan, dan kontras yang dihasilkan sangat baik. Sudut pandang atau viewing angle layar ponsel ini juga di atas rata-rata. Tuxlin News berani menyebut layar Xiaomi Mi 4i ini sebagai layar terbaik di kelasnya.

Bagian depan Mi 4i terdapat layar sentuh berukuran 5 inci, ambient light sensor, proximity sensor, kamera depan, dan earpiece. Vendor asal Tiongkok ini menempatkan tombol volume rocker dan power di sisi kanan ponsel. Sedangkan sisi kiri ponsel terdapat slot SIM card yang yang dapat dibuka dengan SIM card ejector. Xiaomi Mi 4i menggunakan dual micro SIM yang mana keduanya dapat berjalan di jaringan 4G secara bergantian. sedangka bagian belakang ponsel Xiaomi Mi 4i ini terdapat lubang kamera dan dual-tone LED flash di bagian sudut kiri atas. Bagian belakang ini juga terdapat logo Mi dan speaker grill di bawah. Ponsel Xiaomi Mi 4i ini mengusung desain unibody yang mana kita tidak dapat melepas casing belakang dan baterai tanpa menggunakan alat khusus. Jika tidak memiliki keahlian, Tuxlin News sarankan untuk tidak membongkar ponsel ini.

Ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 4i ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 615 generasi kedua yang telah ditingkatkan performanya dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,7GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,1GHz, serta didukung oleh pengolah grafis dari Adreno 405 dan memori RAM sebesar 2GB LPDDR3. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Tuxlin News, skor AnTuTu yang dihasilkan oleh ponsel Mi 4i ini mencapai 40.658 poin. Proses benchmark ini dilakukan setelah update ke MIUI v 6.5.5.0. Ponsel ini memang mengalami masalah panas atau overheat, tetapi tak sampai mengganggu performanya. Masalah panas ini sudah diatasi melalui update terbaru. Pengguna Mi 4i dianjurkan untuk segera melakukan update ke MIUI versi terbaru agar tidak mengalami masalah panas.

Sisi kamera, ponsel Xiaomi Mi 4i dibekali dengan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel autofokus dengan aperture f/2.0 yang diperkuat oleh dual-tone LED flash. Ponsel cerdas Xiaomi Mi 4i juga diperkuat oleh kamera depan 5 megapiksel dengan aperture f/1.8 untuk foto selfie. Secara umum, spesifikasi kamera yang ditawarkan oleh ponsel Mi 4i ini relatif setara dengan para pesaingnya, seperti ZTE Blade S6, Lenovo P70 atau Asus Zenfone 2. Namun, Tuxlin News cukup terkesan dengan hasil jepretan kamera ponsel Mi 4i ini yang mampu menghasilkan warna yang akurat, tajam, cerah, dan sedikit terdapat noise. Kamera depan Mi 4i ini sudah lebih dari cukup untuk foto selfie dan hasil jepretannya cukup memuaskan di kelasnya. Kekurangan fatal ponse Xiaomi Mi 4i adalah absennya dukungan slot microSD. Vendor asal Tiongkok ini hanya membekalinya dengan memori internal 16GB dan hanya 10GB yang dapat digunakan pengguna.

Harga Ponsel Xiaomi Mi 4i

harga ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 4i ini adalah Rp 2.799.000 atau tepatnya Rp 2,8 juta berdasarkan informasi resmi dari sang produsen. Saat ini ponsel Xiaomi Mi 4i bisa didapatkan melalui flash sale yang digelar melalui toko online resmi milik Xiaomi, yakni di mi.com/id. Menurut Tuxlin News, Harga yang ditawarkan oleh ponsel Xiaomi Mi 4i sudah cukup bersaing di kelasnya.

Beli smartphone Xiaomi dengan harga promo di Sini (Klik)

Spesifikasi Ponsel Xiaomi Mi 4i 

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka MIUI v6
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 615 2nd gen dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,7GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz
  • Grafis Adreno 405
  • Kamera 13 megapiksel autofokus dilengkapi dual-tone LED flash, sensor Sony/Samsung aperture f/2.0. Kamera depan 5 megapiksel dengan aperture f/1.8
  • Layar 5 inci, dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, kerapatan 441 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, OGS, Corning Concore Glass
  • Memori RAM 2GB, memori internal 16GB tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • Dimensi 138.1 x 69.6 x 7.8 mm dan berat 130 gram
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Baterai 3120mAh lithium polymer

Anda mungkin suka:Langkah Update Xiaomi Mi 4i untuk Mengatasi Panas/Overheat