Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 7 Jurus Menjadi Writer-Nim Sukses, Indonesia Krisis Penulis Skenario

Ini 7 Jurus Menjadi Writer-Nim Sukses, Indonesia Krisis Penulis Skenario - Industri perfilman menghadapi tantangan besar dalam bidang kreatif. Setelah bioskop mulai dibuka secara bertahap, konten OTT dan film yang mulai menjamur. 

“Yang paling sulit dicari saat ini adalah penulis skenario handal. Ini adalah tantangan luar biasa yang sedang dihadapi oleh industri film Indonesia. Bagaimana industri ini bisa maju, jika penulis skenario susah sekali ditemukan?” ujar Dian Sasmita, Head of Original Production, Viu, pada program Masterclass dari Viu Pitching Forum pekan lalu.

Ini 7 Jurus Menjadi Writer-Nim Sukses, Indonesia Krisis Penulis Skenario


Berkaca kepada industri film Korea, misalnya, negeri itu berhasil mencetak drama dan film kelas dunia karena memiliki banyak Writer-nim jempolan. Writer-nim adalah penulis skenario dalam Bahasa Korea. Drama-drama hits pun terus lahir dari Writer-nim hebat, seperti Je In (Now We Are Breaking Up), Park Ji Eun (My Love from The Star) dan Kim Soon Ok (The Penthouse).

Baca juga:Review ZNT ThunderBar, Speaker Bluetooth 200 Ribuan Tahan Air yang Enak!

Tertarik mengikuti jejak mereka? Viu membuka kesempatan kepada para pecinta film non-profesional yang ingin terjun ke industri ini melalui program Viu Pitching Forum. Inilah program yang telah menghasilkan para penulis skenario top dan menghasilkan sejumlah Viu Original peraih penghargaan internasional, seperti Star Stealer dan

Kirimkah ide cerita Anda ke bit.ly/viupitchingforum dan 10 finalis terpilih akan mengikuti sesi Bootcamp. Dalam sesi ini, para finalis akan mendapat sesi mentoring dengan para professional di industri film, seperti sutradara, penulis skenario dan produser. Dan konsep terbaik akan diwujudkan menjadi Viu Original.

Berikut tip yang akan membuat jalan Anda semakin terbuka lebar untuk berkarya di industri film negeri ini melalui VPF.

1.    Konten Lokal, Siap Menjadi Serial

Viu mencari kreator lokal yang mampu menghasilkan cerita lokal yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Nantinya, Viu Original yang diproduksi akan dibintangi oleh para bintang lokal yang akan mendukung cerita tersebut. 

“Sejak awal, pemilik konsep juga harus dapat menentukan genre, misalnya komedi, romantis atau komedi romantis. Lalu ia juga harus bisa melihat bahwa konten yang akan diproduksi nantinya memiliki kekuatan viral,” ujar Dian. Ia juga menambahkan, konsep cerita yang dibuat juga harus dapat dikembangkan menjadi cerita panjang, karena akan diproduksi menjadi drama serial.

2.    Pahami Target Penonton

Digital first audience umumnya menjadikan media digital sebagai pilihan utama dalam mendapatkan hiburan. Mereka tidak bisa lepas dari smartphone, sangat mengikuti trend, dan menghabiskan waktu lebih dari 150 menit dengan aplikasi Viu dalam sehari. Rata-rata mereka dapat menghasilkan dua episode per hari.  

“Konsep cerita yang dibuat harus mampu merebut perhatian penonton dari kesibukan sehari-hari dan cocok untuk penonton Asia. Cerita yang dekat generasi milenial dan Gen Z adalah konsep yang ingin ditemukan oleh Viu.

3.    Siapkan Winning Pitch

Cantumkan logline, satu kalimat deskriptif yang menjual inti konflik dari cerita dan merupakan pemadatan dari esensi naratif. Di dalamnya terdapat protagonist, antagonist, goal, setting dan tantangan yang dihadapi para tokoh. Sertakan juga brief series synopsis yang mencantumkan gambaran cerita dalam 1-3 paragraf dari awal hingga akhir cerita. 

Baca juga:Review Kamera Poco X3 GT 64MP dengan Sensor OmniVision OV64B

Sinopsis ini juga harus menggambarkan mood cerita sejak awal dan dapat menggambarkan perjalanan cerita dibuka dengan kejadian apa dan ditutup dengan peristiwa seperti apa. Character Sketch juga perlu disiapkan, tetapi tidak boleh menceritakan sinopsis kembali pada bagian ini. 

“Jika terjadi pengulangan sinopsis di bagian character sketch, Anda akan dianggap tidak matang dalam menyusun konsep ini.”

4.    Siapkan dengan Matang

Saat diproduksi menjadi Viu Original, proses ini akan melibatkan kru dan filmmaker professional mulai dari pra produksi hingga pasca produksi. Proses perencanaan produksi dilakukan secara detail, mulai perencanaan biaya, penjadwalan, analisis naskah, wardrobe, karakter, master breakdown, penetapan lokasi, casting, dan penentuan desain produksi. 

Viu Original Star Stealer dan Pretty Little Liars, misalnya, melibatkan Andibachtiar Yusuf dan Emil Heradi yang telah sukses merebut penghargaan berkelas internasional. Inilah kesempatan besar yang menanti Anda di depan mata, karena Anda akan bekerja sama dengan nama-nama besar di industri ini. Siapkan konsep dengan matang dengan mempelajari berbagai konten Korea dan Indonesia unggulan di Viu, seperti Write Me A Love Song, True Beauty, Descendants of The Sun dan masih banyak lagi.

Tentang Viu International Limited

Viu adalah layanan video over-the-top (OTT) pan regional terkemuka yang dioperasikan oleh Viu International Limited. Viu tersedia di 16 pasar yang tersebar di Asia, Timur Tengah, dan Afrika Selatan, dengan jumlah pengguna aktif bulanan atau Monthly Active Users (MAU) mencapai 49,4 juta pengguna per akhir Juni 2021.

Layanan Viu tersedia untuk konsumen melalui dual model dengan layanan langganan gratis yang didukung iklan dan layanan langganan premium. Viu menawarkan serial TV premium, film, dan program gaya hidup terbaru dengan bahasa dan subtitle lokal serta regional dalam beragam genre dari penyedia konten terbaik, serta konten original premium di bawah naungan merek “Viu Original”.

Viu juga menawarkan fitur streaming dan download untuk para pengguna, serta fitur antarmuka pengguna yang disesuaikan dengan bahasa lokal di berbagai perangkat yang terhubung. Viu dapat memberikan pengalaman menonton terbaik terlepas dari kondisi perangkat atau jaringan.

Anda mungkin suka:Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100

Post a Comment for "Ini 7 Jurus Menjadi Writer-Nim Sukses, Indonesia Krisis Penulis Skenario"