Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Samsung Z1 1,1 Juta, Smartphone OS Tizen Pertama Diperkenalkan

Harga Samsung Z1 – Setelah beberapa kalu muncul bocorannya di internet, smartphone Samsung Z1 yang mengusung sistem operasi Tizen pertama di dunia secara resmi telah diperkenalkan di India. Berdasarkan spesifikasi dan harga yang ditawarkan, smartphone Samsung Z1 ini didesain untuk menggebrak pasar entry-level. Ponsel cerdas Samsung Z1 hadir dengan desain yang tak jauh berbeda dengan smartphone Samsung lainnya. Bahkan, sekilas Samsung Z1 ini mirip dengan Galaxy Young 2. Samsung Z1 mengandalkan layar sentuh jenis TFT kapasitif dengan diagonal 4 inci yang disematkan resolusi 480 x 800 piksel dengan kerapatan 233 piksel per inci dan menjalankan sistem operasi Tizen OS v2.3.


Kinerja smartphone Samsung Z1 ini tak jauh berbeda dengan smartphone murah lainnya karena hanya mengandalkan prosesor dual-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,2GHz dari chipset Spreadtrum yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 768MB. Sepintas, spesifikasi smartphone Samsung Z1 sangat mirip dengan Galaxy Young generasi pertama dengan ukuran layar yang lebih besar. Vendor asal Korea Selatan ini membekali Samsung Z1 dengan memori internal sebesar 4GB yang didukung adanya slot microSD untuk tambahan memori. Sisi kamera, Samsung Z1 ini harus puas dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 3,15 megapiksel fixed focus yang ditemani LED flash. Samsung Z1 juga diperkuat oleh kamera depan VGA dan baterai berkapasitas 1500mAh.
Samsung Z1

Rilis & Harga Samsung Z1


Harga smartphone Samsung Z1 yang menggunakan OS Tizen 2.3 berdasarkan rilis resminya adalah $92 atau sekitar Rp 1,1 juta untuk wilayah India. Sampai saat ini belum ada informasi resmi apakah Samsung Z1 akan diluncurkan di luar India atau tidak. Jika Samsung Z1 dirilis secara global, maka ia akan bersaing langsung dengan jajaran smartphone Android entry-level yang rata-rata mengusung spesifikasi yang setara atau lebih tinggi. Tak diketahui kapan Samsung Z1 masuk pasar Indonesia.

Spesifikasi Samsung Z1

  • Sistem Operasi Tizen OS dengan antarmuka TouchWiz Essence UI
  • Chipset Spreadtrum SC7727S, dual-core ARM Cortex-A7 1,2GHz
  • Grafis Mali-400MP
  • Kamera belakang 3,15 megapiksel fixed focus, LED flash. Kamera depan VGA
  • Layar 4 inci, dengan resolusi WVGA 800 x 480 PLS TFT kapasitif, kerapatan 233 piksel per inci
  • Memori RAM 768MB, Memori internal 4GB plus slot microSD maksimal 64GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS/GLONASS, dual SIM 
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 120.4 x 63.2 x 9.7 mm dengan berat 112 gram 
  • Baterai 1500mAh

Anda mungkin suka:Asus Zenfone Zoom Usung Fitur Optical Zoom, Harga 5 Juta