Review Singkat Asus Zenfone Selfie: Hands On & Kamera

Review Asus Zenfone Selfie – Hari ini Tuxlin News berkesempatan untuk melakukan mengulas atau lebih tepatnya review singkat Asus Zenfone Selfie ZD551KL. Ulasan kali ini cukup singkat karena Tuxlin News hanya menggunakannya selama 1 jam saja. Meski cukup singkat, setidaknya ulasan kali ini dapat memberi gambaran mengenai performa yang diusung oleh ponsel 4G LTE Zenfone Selfie ini.

Kamera depan menjadi fitur yang menonjol dari ponsel ini dengan resolusi 13 megapiksel dan ditandemkan dengan lensa wide. Tak hanya itu, kamera utama yang diusungnya juga relatif kompetitif. Ponsel ini hadir dengan spesifikasi yang cukup menarik, seperti layar 5,5 inci full HD dan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 615. Penasaran dengan Asus Zenfone Selfie? Simak review singkat Asus Zenfone Selfie oleh Tuxlin News kali ini.


Review Asus Zenfone Selfie

Hands On & Review Asus Zenfone Selfie

Review Asus Zenfone SelfieHands On Asus Zenfone Selfie
Saat Tuxlin News memegang ponsel Zenfone Selfie besutan Asus ini, kesan pertama adalah terasa besar di tangan, sangat mirip dengan Asus Zenfone 2 ZE551ML yang pernah Tuxlin Blog review. Namun, Zenfone Selfie ini sedikit lebih berat.

Bisa dikatakan desain Asus Zenfone Selfie tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan Zenfone 2 ZE551ML. Kehadiran kamera depan yang agak menonjol dengan dual-tone LED flash membuat Zenfone Selfie ini sedikit berbeda dari Zenfone seri lainnya.

Asus masih menggunakan finishing brushed metal pada casing belakangnya, sehingga terlihat seolah-olah casing belakangnya terbuat dari metal meski sebenarnya adalah plastik. Meski demikian, penampilan ponsel tidak terlihat murahan.
Baca juga: Huawei Honor V8 Diperkenalkan dengan Duo Kamera Belakang
Bagian depan Asus Zenfone Selfie ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, dual-tone LED flash, lubang kamera depan, layar sentuh berukuran 5,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps.

Sedangkan sisi belakang terdapat modul laser autofokus, lubang kamera utama, dual-tone LED flash, tombol volume rocker, logo Zenfone, dan Speaker grill.
Desain Asus Zenfone SelfieSpesifikasi Asus Zenfone Selfie
Sedangkan pada sisi bawah ponsel Asus Zenfone Selfie ini terdapat port micro USB dan microphone. Sedangkan sisi atas ponsel terdapat microphone, tombol power, dan port audio 3,5mm. Sedangkan pada sisi kanan dan kiri, ponsel Asus Zenfone Selfie tidak terdapat port atau tombol apapun.

Secara umum, Tuxlin News menilai build quality Zenfone Selfie besutan Asus ini cukup baik. Hanya saja, desain yang tak jauh berbeda dengan Zenfone 2 seri lainnya membuatnya terlihat membosankan.

Asus membekali Zenfone Selfie ZD551KL ini dengan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD 1920 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan 403 ppi (pixel per inch), Layar ponsel ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) kapasitif LCD dilindungi lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 4.  Impresi awal, Tuxlin News cukup puas dengan kualitas layarnya yang menghasilkan warna yang punchy dan sudut pandang yang luas

Ponsel ini didukung oleh sistem operasi Android 5.0 Lollipop yang dibalut dengan antarmuka ZenUI yang dijanjikan upgrade ke Android 6.0 Marshmallow di masa mendatang. Hanya saja, aplikasi bawaan Zen UI bisa dikatakan terlalu banyak dan memakan tempat di memori. Meski demikian, keberadaan aplikasi tersebut tidak terlalu berpengaruh pada performa.

Performa Asus Zenfone Selfie ini relatif standar untuk kelas menengah dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 615 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,7GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz dengan dukungan grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 405, serta ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 2GB atau 3GB. Waktu yang terlalu singkat membuat Tuxlin News tidak sempat melakukan benchmarking.
Baca juga:Xiaomi Mi Max Diperkenalkan, Ini Harga & Spesifikasinya
kamera depan menjadi keunggulan utama Zenfone Selfie menurut Tuxlin News dengan mengandalkan kamera depan berkekuatan 13 megapiksel yang menggunakan sensor Toshiba berukuran 1/3.2 inci yang disematkan fitur autofokus dan dual-tone LED flash. Spesifikasi kamera depan seperti ini jelas sangat mendukung penggemar foto selfie untuk menghasilkan foto selfie berkualitas tinggi.

Sedangkan kamera belakang, Zenfone Selfie masih setara dengan Zenfone 2 lainnya yang mengandalkan kamera berkekuatan 13 megapiksel yang menggunakan sensor Toshiba berukuran 1/3.2 inci dengan lensa aperture f/2.0 yang disematkan fitur laser-autofokus dan dual-tone LED flash. Fitur laser autofokus mampu meningkatkan kecepatan fokus cukup signifikan, yakni 0.3 detik saja.

Asus Zenfone Selfie ini tersedia dalam dua varian kapasitas memori internal, yakni 16GB atau 32GB dan masih didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Sama seperti seri Zenfone 2, Zenfone Selfie juga didukung oleh baterai berkapasitas 3000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Selfie Siang Hari

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Selfie Siang HariHasil Foto Kamera Asus Zenfone Selfie Siang HariHasil Foto Kamera Asus Zenfone Selfie Siang Hari

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Selfie Indoor dengan Flash

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Selfie Indoor dengan Flash

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Selfie Macro

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Selfie MacroHasil Foto Kamera Asus Zenfone Selfie MacroHasil Foto Kamera Asus Zenfone Selfie MacroHasil Foto Kamera Asus Zenfone Selfie Macro

Hasil Foto Kamera Depan Asus Zenfone Selfie

Hasil Foto Kamera Depan Asus Zenfone Selfie
crop depan
Hasil foto kamera depan yang di-crop

Review Asus Zenfone Selfie

Berdasarkan beberapa hasil jepretan atau sampel foto Asus Zenfone Selfie yang telah Tuxlin News ambil, kita bisa mendapatkan gambaran mengenai performanya. Kecepatan fokus kamera belakang Zenfone Selfie ini relatif cepat. Hal ini tak lepas dari peran laser-autofokus yang diusungnya.

Sedangkan hasil jepretan kamera Asus Zenfone Selfie pada siang hari mampu menghasilkan warna mendekati akurat, tajam, dan dynamic range yang agak kurang. Hal ini terlihat pada sampel foto siang hari yang kedua, yang mana terdapat area gelap pada sisi kanan.

Detail yang dihasilkan oleh kamera Zenfone Selfie terbilang lumayan. Pada sampel foto siang hari yang pertama, awan yang dihasilkan agak overeskpose. Hal yang sama terjadi pada langit di sampel foto siang hari yang kedua.

Ketika digunakan untuk memotret foto indoor yang kondisi cahayanya kurang, keberadaan dual-tone LED flash sangat membantu. Hal ini terlihat dari foto indoor yang dihasilkan cukup tajam, meski warnanya agak sedikit warm. Noise yang muncul pun relatif terkendali dan tidak mengganggu.

Saat digunakan untuk memotret macro, kecepatan fokus Zenfone Selfie sangat cepat apabila kita berada pada jarak yang ideal dari subyek foto. Sedangkan hasil jepretan foto macro Asus Zenfone Selfie bisa dikatakan standar untuk kelas menengah dengan detail lumayan.

Warna yang dihasilkan kadang agak pudar, hal ini sangat terlihat pada foto bunga anggrek. Pada kondisi cahaya yang melimpah, warna yang dihasilkan lebih punchy, ini terlihat pada sampel foto macro yang pertama. Efek beokeh yang dihasilkan juga relatif baik dikelasnya.

Performa kamera depan Asus Zenfone Selfie laik mendapat acungan jempol. Foto yang dihasilkan ternyata lebih terang dan menghasilkan warna yang lebih baik dari kamera belakang. Hanya saja, detail yang dihasilkan relatif kurang menurut Tuxlin News. Tak hanya itu, kamera depan Zenfone Selfie ini lebih wide atau luas, sehingga cocok untuk foto selfie dengan banyak orang.

Kamera Asus Zenfone Selfie vs Xiaomi Mi 4c

Kamera Asus Zenfone Selfie vs Xiaomi Mi 4cKamera Asus Zenfone Selfie vs Xiaomi Mi 4c
Sampel 1
Kamera Asus Zenfone Selfie vs Xiaomi Mi 4cKamera Asus Zenfone Selfie vs Xiaomi Mi 4c
Crop 1 Sampel 1
Kamera Asus Zenfone Selfie vs Xiaomi Mi 4cKamera Asus Zenfone Selfie vs Xiaomi Mi 4c
Tuxlin News sempat membandingkan kamera belakang Asus Zenfone Selfie ini dengan Xiaomi Mi 4c. Namun, tampaknya ini kurang tepat karena kamera Xiaomi Mi 4c berada di kelas yang berbeda. Seharusnya Tuxlin membandingkannya dengan Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang mendarat beberapa waktu lalu di Tuxlin Lab.

Impresi awal dari perbandingan di atas, Xiaomi Mi 4c pemenangnya menurut Tuxlin News. Asus Zenfone Selfie menghasilkan foto yang agak gelap, detail yang kurang, dan karakter warna yang lebih warm.

Sebaliknya, Xiaomi Mi 4c menghasilkan foto dengan dynamic range yang jauh lebih baik, detail yang lebih tinggi, lebih terang, dan warna yang lebih akurat. Namun, harus diakui pula bahwa karakter warna pada foto Xiaomi Mi 4c cenderung bluish.

Review lengkap Xiaomi Mi 4c Baca di Sini:

Harga Asus Zenfone Selfie

Harga smartphone 4G Asus Zenfone Selfie terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Tuxlin News himpun adalah Rp 2.799.000 untuk varian 2GB/16GB. Sedangkan harga Zenfone Selfie varian 3GB/32GB adalah Rp 3.099.000.

Berdasarkan hasil review singkat di atas, ponsel Asus Zenfone Selfie ini menunjukkan impresi awal yang cukup baik. Kemampuan kameranya bisa dikatakan bersaing di kelasnya, terutama kamera depannya yang cukup menonjol.

Sedangkan kamera belakangnya cukup baik menurut Tuxlin News, tetapi bukan di kelas yang sama dengan Xiaomi Mi 4c yang digunakan sebagai pembanding kali ini. Spesifikasi dan kinerja ponsel Asus Zenfone Selfie juga cukup memadai. Secara umum, Tuxlin News menilai ponsel 4G LTE Asus Zenfone Selfie ini laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone Selfie di Sini (Klik) atau di Sini (klik)
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga terbaru Xiaomi Mi 4c terbaru di sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Zenfone Selfie

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka ZenUI upgradeable to Android 6.0 Marshmallow
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 615 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,7GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1GHz
  • Grafis Adreno 405
  • Kamera 13 megapiksel laser-autofokus, lensa 28mm aperture f/2.0, dual-tone LED flash, PixelMaster. Kamera depan 13 megapiksel autofokus, dual-tone LED flash dengan lensa 24mm wide aperture f/2.2
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi HD 1920 x 1080 piksel, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD dilindungi Gorilla Glass 4
  • Memori RAM 2GB/3GB, ROM 16GB/32GBGB, dilengkapi slot microSD 
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS , NFC, dual micro-SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 152.5 x 77.2 x 10.9 mm dengan berat 170 gram
  • Baterai 3000mAh lithium polymer
  • Warna Pure White, Chic Pink, Aqua Blue, Silver, Gold, Red
Anda mungkin suka:


Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog