Thursday, March 24, 2016

Unboxing Xiaomi Mi 4c: Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Unboxing Xiaomi Mi 4c – Sebenarnya sudah cukup lama smartphone Xiaomi Mi 4c varian 32GB berada ditangan Tuxlin News, tetapi baru beberapa hari terakhir ini sempat mengulasnya. Smartphone Xiaomi Mi 4c ini bisa dikatakan sebagai penerus sekaligus penyempurna dari Mi 4i. Sayangnya, Xiaomi memutuskan untuk menggunakan desain yang sama persis dengan Mi 4i untuk diterapkan pada Xiaomi Mi 4c.

Terlepas dari desain yang sama, smartphone 4G LTE Xiaomi Mi 4c menawarkan lompatan spesifikasi yang cukup signifikan, terutama sektor dapur pacu. Sisi kamera memang terdengar sama, tetapi Xiaomi Mi 4c menggunakan sensor Sony IMX258 yang lebih baru dari IMX214 yang digunakan oleh Mi 4i. Berikut ini ulasan hands on dan unboxing Xiaomi Mi 4c.


Unboxing Xiaomi Mi 4c

Unboxing Xiaomi Mi 4c

Berbeda dengan kebanyakan smartphone Xiaomi yang menggunakan boks atau dus berawarna coklat, ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 4c hadir dengan dus berwarna oranye. Warna dus yang diusung oleh Mi 4c ini mengingatkan Tuxlin News pada boks milik Samsung Galaxy J series yang juga berwarna oranye. Xiaomi Mi 4c ini hadir dengan paket pembelian yang sangat standar untuk kelas menengah.

Seperti biasa, kita tak akan menemukan headset dalam pket pembelian ponsel gahar Xiaomi Mi 4c ini. Smartphone Xiaomi Mi 4c yang Tuxlin News gunakan bergaransi distributor. Sampai saat ini memang Mi 4c tidak dirilis secara global dan didesain khusus untuk pasar Tiongkok.

Paket Pembelian Xiaomi Mi 4c

Paket Pembelian Xiaomi Mi 4c
  • Smartphone Xiaomi Mi 4c 32GB Grey
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Kartu garansi
  • Buku manual
Baca juga:Review Kamera Infinix Zero 3 X552 Bersensor Sony IMX230

Hands On & Impresi Pertama Xiaomi Mi 4c

Impresi Pertama Xiaomi Mi 4c
Hands on atau impresi pertama Tuxlin News ketika memegang smartphone ini adalah kompak dan ringan. Rasanya tak asing saat menggunakan ponsel Xiaomi Mi 4c ini karena sebelumnya menggunakan Xiaomi Mi 4i. Seperti yang kita ketahui, salah satu kelebihan dari desain Xiaomi Mi 4c ini adalah kompak, nyaman digenggam, dan leluasa digunakan dengan satu tangan saja.

Xiaomi masih menggunakan material polikarbonat unibody pada Mi 4c ini dengan finishing mate. Meski menggunakan material polikarbonat, build quality Xiaomi Mi 4c tetap patut diacungi jempol karena solid dan tidak terkesan murahan saat digenggam.

Satu-satunya kelemahan ponsel Xiaomi Mi 4c ini adalah menggunakan diesain yang sama persis dengan Mi 4i yang tak lain adalah pendahulunya.

Sisi depan Xiaomi Mi 4c 32GB ini terdapat proximity sensor, earpiece, kamera depan, ambient light sensor, layar sentuh berukuran 5 inci full HD Sunlight Display, dan tiga tombol kapasitif di bawah layar. ketiga tombol tersebut terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back yang dilengkapi dengan backlight warna putih untuk membantu saat digunakan di tempat gelap.

Sisi belakang ponsel 4G LTE besutan Xiaomi ini terdapat dual-tone LED flash, lubang kamera, microphone, logo Mi, dan speaker grill. Pabrikan asal Tiongkok ini menempatkan tombol power dan volume rocker di sisi kanan, dan tray simcard di sisi kiri. Sedangkan port audio 3,5mm dan port Infrared (untuk remote) terletak di sisi atas. Sedangkan port USB type-C dan microphone berada di sisi bawah.

mengingat smartphone Xiaomi Mi 4c ini menggunakan desain unibody, maka pengguna tidak dapat melepas casing belakang dan baterai tanpa alat khusus. Sedangkan untuk mengakses slot microSD dapat dilakukan dengan bantuan SIM ejector yang terdapat pada paket penjualan.
Impresi Pertama Xiaomi Mi 4c
Xiaomi Mi 4c ini mengusung spesifikasi layar yang sama persis kek Xiaomi Mi 4i gan, yakni berukuran 5 inci yang disematkan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan 44 piksel per inci yang dipadukan dengan OGS (One Glass System) dari Corning Concore Glass. Kualitas layar ponsel Mi 4c ini bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya, serta sedikit di atas Mi 4i menurut Tuxlin News.

Baca juga:Harga Xiaomi Mi 4s Terbaru, Sudah Tersedia di Indonesia

Xiaomi membekali Mi 4c ini dengan chipset chipset Qualcomm Snapdragon 808 yang mengusung prosesor hexa-core 64-bit yang terdiri dari quad-core ARM Cortex A53 1,4Ghz dan dual-core ARM Cortex-A57 1,8GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB/3GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 418.

Melihat chipset yang digunakan, jelas smartphone besutan Xiaomi ini superior di sisi performa jika dibandingkan dengan para pesaingnya dengan harga yang sama. Xiaomi Mi 4c mampu mencetak skor AnTuTu v6 mencapai 63.753 poin berdasarkan pengujian yang Tuxlin News lakukan. Kinerjanya saat digunakan untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari dan gaming relatif smooth tanpa adanya lag yang mengganggu.

Xiaomi Mi 4c mengandalkan dukungan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel menggunakan sensor Sony Exmor IMX258 atau Samsung S5K3M2 ISOCELL yang dilengkapi phase-detection autofokus dengan aperture f/2.0 yang diperkuat oleh dual-tone LED flash. Smartphone 4G LTE Xiaomi Mi 4c juga diperkuat oleh kamera depan 5 megapiksel dengan aperture f/2.0 untuk foto selfie.

Xiaomi Mi 4c yang mendarat di Tuxlin News ini mengusung warna Grey dan merupakan varian 32GB. Smartphone kelas menengah ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3080 untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Harga Xiaomi Mi 4c

Harga ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 4c terbaru berdasarkan informasi yang Tuxlin News himpun adalah Rp 3.499.000 atau tepatnya Rp 3,5 juta untuk varian 32GB dan Rp 3.199.000 atau tepatnya Rp 3,2 juta untuk varian 16GB. Berdasarkan pengamatan Tuxlin News, harga Xiaomi Mi 4c ini mengalami penurunan, terutama sejak Xiaomi Mi 4s mulai masuk pasar tanah air.

Berdasarkan hasil hands on dan unboxing Xiaomi Mi 4c yang telah Tuxlin News lakukan, jelas ponsel 4G LTE ini sangat laik dipertimbangkan di kelasnya. Desain yang diusungnya sangat kompak, build quality sangat baik meski menggunakan material polikarbonat, spesifikasi tinggi di kelasnya, dan kamera mumpuni membuat Xiaomi Mi 4c menjadi smartphone yang sangat patut diperhitungkan di kelas Rp 3 juta-an.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Mi 4c terbaru di sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi 4c

  • Sistem Operasi Android 5.1.1 Lollipop dengan antarmuka MIUI v7
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 808 dengan prosesor hexa-core 64-bit yang terdiri dari quad-core ARM Cortex A53 1,4Ghz dan dual-core ARM Cortex-A57 1,8GHz
  • Grafis Adreno 418
  • Kamera 13 megapiksel phase-detection autofokus dilengkapi dual-tone LED flash, sensor Sony IMX258/Samsung S5K3M2 dengan aperture f/2.0. Kamera depan 5 megapiksel dengan aperture f/1.8
  • Layar 5 inci, dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, kerapatan 441 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, OGS, Corning Concore Glass
  • Memori RAM 2GB/3GB, memori internal 16GB/32GB tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, IR Blaster
  • Dimensi 138.1 x 69.6 x 7.8 mm dan berat 132 gram
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Baterai 3080mAh lithium polymer
  • Warna White, Grey, Pink, Yellow, dan Blue

Review Lengkap Xiaomi Mi 4c Baca di Sini: