Unboxing Smartphone 4G LTE Andromax Es: Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Unboxing Smartphone 4G LTE Andromax Es – Kurang lebih pertengahan November 2015 lalu, Tuxlin News kedatangan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) Andromax Es yang merupakan hasil kejasama dari operator CDMA (Code Division Multiple Access) Smartfren dengan vendor asal Tiongkok, Hisense. Kelebihan utama yang ditawarkan oleh smartphone Andromax Es ini adalah dukungan jaringan 4G LTE yang ditawarkan dengan harga murah.

Seperti yang kita ketahui, saat ini memang jaringan 4G LTE tengah menggeliat di Indonesia dan operator-operator pun berlomba-lomba memperluas jaringan generasi keempat di pelbagai wilayah dan kota di Indonesia. Tak terkecuali Smartfren, operator ini juga menggenjot cakupan jaringan dan penjualan smartphone 4G LTE andalannya. Berikut ini ulasan unboxing dan hands on Andromax Es yang Tuxlin News lakukan.


Unboxing Smartphone 4G LTE Andromax Es

Unboxing Smartphone 4G LTE Andromax Es

Tuxlin News kali iniu membeli smartphone 4G LTE Andromax Es ini di toko online BliBli. Meski pengiriman agak lambat, tetapi hal tersebut terbayar oleh adanya layanan free ongkir atau bebas biaya pengiriman. Setelah unit Andromax Es ini mendarat, Tuxlin News langsung melakukan unboxing dan mengecek fungsionalitas smartphone secara umum.

Ponsel 4G LTE ini hadir dengan dus berwarna hitam dan terpampang tulidan 4G LTE berwarna merah yang seakan-akan mengunggulkan dukungan jaringan generasi keempat tersebut. Paket penjualan atau perlengkapan yang dibawa oleh smartphone Hisense Andromax Es ini cukup lengkap untuk smartphone kelas entry-level. Berikut perlengkapan yang terdapat pada pembelian ponsel Andromax Es.

Paket Pembelian Smartphone 4G LTE Andromax Es

Paket Pembelian Smartphone 4G LTE Andromax Es
  • Smarfren Andromax Es
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset
  • Baterai 1500mAh
  • SP 4G LTE Smartfren
  • Kartu garansi
  • Buku manual

Hands On & Impresi Pertama Smartphone 4G LTE Andromax Es

Hands On Smartphone 4G LTE Andromax Es
Smartphone 4G LTE Smartfren Andromax Es ini hadir dengan desain yang menurut Tuxlin biasa-biasa saja. Penampilan fisik ponsel ini tak jauh berbeda dengan smartphone lain di kelasnya. Bagian muka atau depan menggunakan warna hitam, sedangkan casing belakangnya berwarna putih. Kebetulan memang Tuxlin mendapat unit Andromax Es varian warna putih.

Smartphone besutan Hisense ini dibalut dengan casing warna putih yang terbuat dari bahan plastik atau polikarbonat. Dimensinya yang kompak membuatnya nyaman digenggam, bahkan oleh pengguna bertelapak tangan kecil sekalipun. Meski dibalut dengan casing berbahan plastik, Andromax Es ini menggunakan frame atau chasis berbahan metal yang cukup kokoh.

Sisi depan ponsel 4G LTE Hisense Andromax Es ini terdapat LED flash depan, earpiece, sensor proximity, ambient light sensor, kamera depan, layar sentuh berukuran 4 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android, yakni Recent Apps, Home, dan Back.

Salah satu kelebihan ponsel ini menurut Tuxlin adalah ketiga tombol khas Android yang diusungnya sudah dilengkapi backlight, sehingga tidak salah sentuh ketika menggunakannya di tempat gelap.

Hisense menempatkan port microUSB dan tombol volume rocker pada sisi kanan ponsel. Sedangkan pada sisi atas ponsel 4G LTE Andromax Es ini terdapat port audio 3,5mm dan tombol power. Sedangkan bagian bawah terdapat lubang microfon. Sedangkan sisi kiri ponsel tidak terdapat port atau tombol apapun.

Sedangkan sisi belakang ponsel 4G LTE Smartfren Andromax Es ini terdapat lubang microfon, lubang kamera, LED flash, logo (4G LTE, Hisense, dan Andromax), dan lubang speaker atau speaker grill. Smarfren membekali Andromax Es ini dengan dukungan slot micro SD dan kemampuan dual SIM. Ketiga slot tersebut dapat diakses dengan membuka casing belakangnya.

Smartfren dan Hisense menggunakan konstruksi stack atau bertumpuk pada slot SIM card, sehingga sekilas terlihat hanya memiliki satu slot SIM, padahal sebenarnya ada dua. Sedangkan slot microSD berada di sis kiri dari slot SIM card. Ketiga slot ini dapat diakses dengan melepas baterai terlebih dahulu.
Hands On Smartphone 4G LTE Andromax Es
Baca juga:Asus X550JX, Laptop Gaming Bertenaga Intel Core i7 & GeForce GTX 950M

Smartfren membekali ponsel ini dengan layar yang tak terlalu besar, yakni 4 inci dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel yang disematkan teknologi panel TN (Twisted Newmatic) TFT LCD kapasitif yang menawarkan kerapatan layar mencapai 233 ppi. Ponsel 4G LTE murah ini menggunakan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop yang menggunakan antarmuka Android Stock. Sayangnya, tak disebutkan adanya lapisan antigores atau pelindung layar pada ponsel ini,

Impresi awal layar Andromax Es ini menurut Tuxlin sangat standar di kelas entry-level. Jika dilihat dari sudut pandang yang pas, warna yang dihasilkan cukup mantap, kontras dan brightness yang cukup. Namun, viewing angle atau sudut pandang layar ponsel ini terbatas dan kinerjanya di bawah sinar matahari kurang memuaskan. Beruntung, respon touchscreen-nya cukup sensitif.

Kinerja yang ditawarkan oleh ponsel 4G Smartfren Andromax Es ini cukup menarik menurut Tuxlin News dengan dukungan  chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang didalamnya terdapat prosesor quad-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 306. Smartphone 4G LTE ini mampu mencetak skor AnTuTu v5 mencapai 22.655 poin.

Setelah penggunaan selama kurang lebih sebulan terakhir ini, performa smartphone Andromax Es ini menurut Tuxlin News cukup gegas. Tak ada kendala berarti ketika buka tutup aplikasi, navigasi menu, dan menjalankan banyak aplikasi di background. Chipset yang digunakan oleh ponsel 4G besutan Smartfren ini memang di atas rata-rata ponsel di kelasnya.

Sisi kamera, smartphone 4G LTE CDMA ini terbilang standar atau rata-rata di kelasnya. Pabrikan asal Tiongkok (Hisense) ini hanya membekalinya dengan kamera belakang berkekuatan 5 megapiksel fixed focus dan didukung LED flash. Ponsel Smartfren Andromax Es juga dilengkapi dengan kamera depan 5 megapiksel fixed focus lengkap dengan LED flash untuk foto selfie dan video chat.

Tak ada yang istimewa dari performa kamera yang dihasilkan oleh smartphone Andromax Es ini. Hasil foto pada siang hari sebenarnya cukup bisa diandalkan, sayangnya minus fitur autofokus. beruntung, kamera depan ponsel ini cukup mumpuni untuk foto selfie dan ditandemkan dengan LED flash depan.

Harga Smartphone 4G LTE Andromax Es

Harga smartphone 4G LTE Smartfren Andromax Es terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Tuxlin News himpun adalah Rp 799.000. Berdasarkan hasil unboxing dan impresi awal yang Tuxlin rasakan dari ponsel 4G LTE Andromax Es, secara umum ini sangat kompetitif. Sampai artikel ini ditulis, belum smartphone 4G LTE yang dijual dengan harga tersebut.

Spesifikasi teknis smartphone 4G ini juga cukup meyakinkan di kelasnya berkat duet Qualcomm Snapdragon 410 dan RAM sebesar 4GB. Terlepas dari itu, spesifikasi layar dan kameranya memang tergolong standar. Namun, jaringan 4G LTE pada SIM 1 ponsel ini terkunci untuk operator Smartfren saja.

Menurut Tuxlin, ponsel ini sangat laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartphone 4G LTE murah dan daerahnya terjangkau jaringan 4G LTE dari operator CDMA Smartfren.

Baca juga:Dell Inspiron 15z 7548, Laptop Windows 10 dengan Layar 4K UHD di Indonesia

Spesifikasi Smartphone 4G LTE Andromax Es

  • Sistem Operasi Android 5.0.2 Lollipop
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 410, quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1,2GHz
  • Grafis Adreno 306
  • Kamera belakang 5 megapiksel fixed focus, LED flash. Kamera depan 5 megapiksel fixed focus, LED flash
  • Layar 4 inci, dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel berteknologi panel TFT kapasitif dengan kerapatan 233 piksel per inci
  • Memori RAM 1GB, Memori internal 8GB plus slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, Dolby Audio
  • Mendukung jaringan CDMA / GSM / 4G LTE
  • Dimensi –
  • Baterai 1500mAh
  • Warna Black, White

Review Lengkap Smartphone 4G LTE Andromax Es Baca di Sini:

Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog