Unboxing Samsung Galaxy J1 Ace: Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Unboxing Samsung Galaxy J1 Ace – Awal Oktober 2015 lalu smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) Samsung Galaxy J1 Ace telah hadir di Tuxlin News. Samsung telah meluncurkan ponsel ini dalam rangka meneruskan kesuksesan Galaxy J1 sekaligus mempertahankan eksistensinya di pasar entry-level. Ponsel Galaxy J1 Ace ini sebenarnya sudah agak lama beredar di pasar luar negeri dengan mengusung naman Galaxy J1 4G LTE.

Pada dasarnya, Galaxy J1 Ace dan Galaxy J1 mengusung basis yang sama, tetapi spesifikasi dan fitur yang berbeda. Samsung membekali ponsel ini dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari pendahlunya, dengan mengandalkan prosesor quad-core yang lebih powerful, layar yang lebih berkualitas, dan peningkatan kualitas kamera. Berikut ini Hands On dan Unboxing smartphone Samsung Galaxy J1 Ace.


IMG_20151009_154253_HDR

Unboxing Samsung Galaxy J1 Ace

Smartphone 4G LTE Galaxy J1 Ace buatan Samsung ini hadir dengan boks berkuran kecil yang dibalut warna oranye. Boks ini sama persis dengan boks yang digunakan oleh Galaxy J1 versi biasa. Beberapa saat setelah smartphone Samsung Galaxy J1 Ace mendarat di markas Tuxlin News, kami langsung melakukan unboxing untuk mengetahui perlengkapan yang ada pada paket pembelian dan tentu saja mengecek fungsionalitas unit tersebut.

Setelah melakukan proses unboxing, diketahui bahwa paket pembelian yang diusung oleh smartphone Galaxy J1 Ace ini sama seperti Galaxy J1 yang pernah Tuxlin News bahas beberapa waktu lalu. Berikut perlengkapan yang ada pada paket pembelian smartphone 4G Samsung Galaxy J1 Ace.

Paket Pembelian Samsung Galaxy J1 Ace

IMG_20151009_150042_HDR
  • Handset Samsung Galaxy J1 Ace
  • Baterai 1900mAh
  • Charger
  • Kabel USB
  • Headset
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Hands On & Impresi Pertama Samsung Galaxy J1 Ace

IMG_20151009_145942_HDR
Saat pertama kali menggenggam ponsel 4G Galaxy J1 Ace ini, Tuxlin News langsung teringat dengan smartphone Galaxy J1. Keduanya mengusung gaya desain yang mirip. Hal ini terlihat dari lekukan menonjol yang ada pada keempat sudutnya.

Desain seperti ini mungkin memang sudah menjadi trademark seri J karena gaya yang sama juga diterapkan pada ponsel Galaxy J5. Perbedaan mulai terlihat dengan hadirnya plastik transparan yang mengelilingi badan ponsel dan hampir menutupi list krom yang selama ini menjadi ciri khas ponsel Samsung. Kebetulan yang hadir di Tuxlin News ini adalah varian warna putih. Dimensi atau kuran ponsel Galaxy J1 Ace ini cukup kompak, yakni 130.1 x 67.6 x 9.5 mm dengan berat 131 gram. Smartphone ini juga cukup nyaman digenggam, meski agak licin.

Earpiece, sensor proximity, lubang kamera depan, layar sentuh berukuran 4,3 inci, tombol home, dan dua tombol kapasitif yang terdiri dari Recent Apps dan Back terdapat pada bagian depan ponsel Samsung Galaxy J1 Ace ini. Perlu diketahui, layar ponsel ini hanya menggunakan soda lime glass biasa yang mana rawan terkena goresan. Tuxlin News menganjurkan penggunaan screen guard atau tempered glass untuk melindungi layarnya.

Pabrikan asal Korea Selatan ini menempatkan port micro USB di sisi bawah, sedangkan port audio 3,5mm berada di sisi atas. Sedangkan tombol power berada di sisi kanan ponsel dan tombol volume rocker berada di sisi kiri ponsel. Ponsel cerdas Galaxy J1 Ace ini dilengkapi dengan dukungan dual SIM dan slot microSD. Seperti biasa, kita harus membuka casing belakang untuk mengkses baterai dan ketiga slotnya. Sedangkan bagian belakang ponsel terdapat lubang speaker, lubang kamera, dan LED flash.
IMG_20151009_145949_HDR
Samsung mmembekali ponsel 4G ini dengan layar sentuh berukuran 4,3 inci berteknologi panel Super AMOLED kapasitif dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 218 piksel per inci. Kualitas layar Galaxy J1 Ace ini menurut Tuxlin News sangat baik karena mampu menyajikan gambar yang jernih, tajam, dan warna yang membuai mata. Meskipun resolusi layarnya rendah, tidak terlihat adanya pixelated pada layarnya, seminya terlihat lembut.

Pabrikan asal Korea Selatan ini mempersenjatai smartphone 4G Galaxy J1 Ace andalannya dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz yang menggunakan chipset Marvel PXA1908 dengan memori RAM sebesar 768MB, serta diperkuat grafis dari Vivante GC7000UL. Ponsel ini mampu menghasilkan skor 21.490 poin di benchmark AnTuTu.

Meski sebenarnya mengalami peningkatan yang signifikan dibanding Galaxy J1, tetapi kapasitas RAM yang hanya 768MB ini menjadi kelemahan yang cukup fatal menurut Tuxlin News. Kemampuan ponsel ini untuk menjalankan aplikasi sehari-hari dan komunikasi dasar memang sudah lebih dari cukup. Namun, kapasitas RAM yang terbatas membuatnya tak nyaman ketika digunakan menjalankan banyak aplikasi sekaligus di background.

Samsung juga membekali smartphone entry-level andalannya ini dengan kamera belakang 5 megapiksel autofokus dengan aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash. kamera depan Galaxy J1 Ace berkekuatan 2 megapiksel. Kualitas foto yang dihasilkan smartphone ini cukup baik di kelasnya dan jauh lebih baik dari Galaxy J1 generasi pertama. Kapasitas baterai 1900mAh ini sudah mencukupi untuk penggunaan seharian penuh dengan intensitas sedang.

Harga Samsung Galaxy J1 Ace

Harga ponsel 4G LTE Galaxy J1 Ace besutan Samsung berdasarkan informasi yang Tuxlin News himpun adalah Rp 1,5 juta. Samsung mencoba menarik perhatian konsumen kelas entry-level melalui seri Galaxy J1 Ace ini dengan mengandalkan daya tarik berupa dukungan 4G LTE, prosesor quad-core, dan kapasitas RAM yang lebih besar. Namun, perjuangan Galaxy J1 Ace ini cukup berat menurut Tuxlin News karena harus berhadapan dengan lawan tangguh yang juga cukup populer di mata konsumen tanah air, yakni Xiaomi Redmi 2, Lenovo A6000, Andromax R, dan Infinix Hot Note.

Baca juga:Unboxing Infinix Hot 2: Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Ace

  • Sistem Operasi Android 4.4.4 KitKat dengan antarmuka TouchWiz UI
  • Chipset Marvell PXA1908 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz
  • Grafis Vivante GC7000UL
  • Kamera belakang 5 megapiksel aperture f/2.2 autofokus, LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 4,3 inci, dengan resolusi WVGA 480 x 800 dengan kerapatan 218 piksel per inci, panel Super AMOLED
  • Memori RAM 768MB, Memori internal 4GB plus slot microSD maksimal 128GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS
  • Mendukung jaringan GSM, 3G HSPA & 4G LTE
  • Dimensi 130.1 x 67.6 x 9.5 mm dengan berat 131 gram
  • Baterai 1900mAh
  • Warna White, Blue, Black
Beli smartphone Samsung Galaxy dengan harga promo di Sini (Klik)

Review Samsung Galaxy J1 Ace bisa Dibaca di Sini



Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog