Benchmark Samsung Galaxy J5: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Benchmark Samsung Galaxy J5 – Samsung Galaxy J5 adalah salah satu smartphone 4G LTE kelas menengah yang saat ini sedang naik daun. Tuxlin News menyebut ponsel Galaxy J5 ini akan meneruskan kesuksesan Galaxy Grand Prime dengan menonjolkan kemampuan kameranya. Samsung tampaknya mendesain Galaxy J5 untuk memanjakan pecinta foto selfie dengan menyematkan kamera dpan 5 megapiksel dan didukung LED flash. Ini memungkinkan pengguna melakukan foto selfie di segala kondisi cahaya.


Terlepas dari kemampuan kamera depan dan belakang yang cukup menonjol, Samsung membekali Galaxy J5 dengan spesifikasi dapur pacu yang bisa dibilang sedikit di bawah rata-rata. Pabrikan asal Korea Selatan ini hanya mempersenjatai Galaxy J5 dengan prosesor quad-core Snapdragon 410 yang ditandemkan dengan memori RAM yang agak nanggung, yakni 1,5GB saja. Lalu seperti apa performa Samsung Galaxy J5? Berikut ini hasil benchmark ponsel Samsung Galaxy J5 yang telah Tuxlin News lakukan.
IMG_20150917_142353_HDR

Benchmark Samsung Galaxy J5

CPU Z
Aplikasi CPU-Z mampu menampilkan informasi yang akurat mengenai spesifikasi dapur pacu yang diusung oleh ponsel Samsung Galaxy J5 ini, mulai dari chipset, prosesor, jumlah core, hingga sistem operasi yang digunakan.
Geekbench
Pada benchmark Geekbench 3, ponsel Samsung Galaxy J5 ini mampu menghasilkan skor 478 poin untuk Single-Core dan 1443 poin untuk Multi-Core. Tuxlin News menilai skor yang dihasilkan wajar dan setara dengan smartphone Xiaomi Redmi 2, Lenovo A6000, atau Oppo Mirror 5 yang sama-sama menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 410.
Antutu
Ponsel cerdas dengan layar luas Samsung Galaxy J5 ini mampu membukukan skor 19.544 poin dari benchmark yang Tuxlin News lakukan menggunakan aplikasi AnTuTu. Angka ini sebenarnya tak terlalu istimewa dan cenderung sedikit di bawah rata-rata untuk ponsel dengan dukungan chipset dari Qualcomm Snapdragon 410. Meski demikian, kinerja realworld smartphone ini masih cukup nyaman menurut Tuxlin News karena optimasi software-nya sudah cukup matang.

Baca juga:Duel Kamera Samsung Galaxy J5 vs Meizu M2 Note Malam Hari
Vellamo
Pada benchmark Vellamo buatan Qualcomm,Samsung Galaxy J5 mampu membukukan skor 1691 poin pada benchmark browser Chrome, 774 poin pada benchmark Vellamo Metal, dan 816 poin untuk benchmark Vellamo Multicore. Ini menunjukkan bahwa ponsel besutan brand Korea Selatan ini menawarkan spesifikasi kelas menengah yang cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari.
Screenshots Review Samsung Galaxy J5 Tuxlin Blog15
Ponsel 4G LTE Samsung Galaxy J5 ini mampu mencetak skor hingga 12.697 poin di benchmark Quadrant Standard. Menurut Tuxlin News, skor ini standar untuk kelas menengah yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 410.
Screenshots Review Samsung Galaxy J5 Tuxlin Blog07Screenshots Review Samsung Galaxy J5 Tuxlin Blog08
Layar ponsel Samsung Galaxy J5 ini mampu mengakomodasi 2 sentuhan sekaligus dalam waktu bersamaan. Hal ini cukup untuk kebutuhan kasual sehari-hari, seperti sosial media dan sebagainya tetapi kurang sesuai untuk gaming. Meski demikian, kualitas layar Super AMOLED patut diacungi jempol. Sedangkan untuk sensor, Samsung Galaxy J5 bisa dikatakan tak terlalu lengkap dengan absennya Gyroscope, ambient light, magnetic sensor, dan sensor lainnya.

Berdasarkan hasil di atas, benchmark yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy J5 ini memang tidak terlalu istimewa untuk ponsel kelas menengah. Bahkan menurut Tuxlin News, rata-rata skor Galaxy J5 ini hanya setara dengan Xiaomi Redmi 2 atau Lenovo A6000 yang harganya lebih murah. Hal ini disebabkan spesifikasi dapur pacu yang bisa dikatakan di bawah rata-rata. Meski demikian, Galaxy J5 ini masih sangat nyaman digunakan komunikasi sehari-hari dan minim lag. Pesaing terdekatnya, Xiaomi Mi 4i, Lenovo P70, Infinix Zero 2, dan beberapa tipe lainnya menawarkan spesifikasi yang lebih gahar.

Baca juga:Review JBL Micro Wireless Bluetooth Speaker

Harga Samsung Galaxy J5

Harga smartphone Samsung Galaxy J5 terbaru di Indonesia saat artikel ini ditulis adalah Rp 2.799.000 atau tepatnya Rp 2,8 juta. Secara umum, harga yang ditawarkan oleh ponsel Galaxy J5 ini menurut Tuxlin News tak jauh berbeda dengan ponsel Samsung lainnya, yakni agak overprice. Meski harga yang ditawarkan terhitung tinggi, Samsung membekali Galaxy J5 dengan sejumlah kelebihan, yakni layar berkualitas tinggi dengan dukungan teknologi Super AMOLED dan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel. Ponsel ini patut dipertimbangkan bagi penggemar foto selfie dengan dukungan kamera depan berkekuatan 5MP dan LED flash depan.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka TouchWiz UI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 410 quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1,2GHz
  • Grafis Adreno 306
  • Kamera 13 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel wide-angle dilengkapi LED flash
  • Layar 5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, Super AMOLED kapasitif
  • Memori RAM 1,5GB, ROM 8GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM,
  • GSM / 3G HSPA / LTE
  • Dimensi 142.1 x 71.8 x 7.9 mm berat 146 gram
  • Baterai 2600mAh

Review Lengkap Benchmark Samsung Galaxy J5 Baca di Sini:



Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog