Wednesday, October 28, 2015

Benchmark Samsung Galaxy J1 Ace: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Benchmark Samsung Galaxy J1 Ace – Ponsel 4G LTE Samsung Galaxy J1 Ace telah diluncurkan di Indonesia sejak beberapa waktu lalu dan akhir-akhir ini iklannya mulai ramai di televisi. Berdasarkan penelusuran Tuxlin News, ponsel Samsung Galaxy J1 Ace ini sudah diluncurkan lebih dahulu di pasar global dengan nama Galaxy J1 4G. Sesuai namanya, smartphone ini mengandalkan dukungan jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) yang menawarkan kecepatan tinggi untuk layanan data.


Selain itu, Galaxy J1 Ace juga mengunggulkan dukungan layar sentuh berteknologi Super AMOLED yang tajam dan cemerlang. Performa yang ditawarkan oleh ponsel Galaxy J1 Ace ini mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan Galaxy J1 karena didukung prosesor quad-core dan ditandemkan dengan memori RAM yang lebih besar, yakni 768MB. Berikut ini adalah ahsil benchmark Samsung Galaxy J1 Ace yang telah Tuxlin News lakukan.
IMG_20151009_154117_HDR

Benchmark Samsung Galaxy J1 Ace

CPU-Z
Aplikasi CPU-Z mampu menampilkan informasi yang akurat mengenai spesifikasi dapur pacu yang diusung oleh ponsel Samsung Galaxy J1 Ace ini, mulai dari chipset, prosesor, jumlah core, hingga sistem operasi yang digunakan.
Geekbench
Pada benchmark Geekbench 3, ponsel Samsung Galaxy J1 Ace ini mampu menghasilkan skor 572 poin untuk Single-Core dan 1724 poin untuk Multi-Core. Tuxlin News menilai skor yang dihasilkan wajar dan setara dengan smartphone pesaingnya yang rata-rata mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 410 atau MediaTek MT6582/MT6735.
AnTuTu
Ponsel cerdas dengan layar AMOLED Galaxy J1 Ace ini mampu membukukan skor 21.490 poin dari benchmark yang Tuxlin News lakukan menggunakan aplikasi AnTuTu. Angka ini memang terlihat biasa-biasa saja, tetapi sebenaranya, tetapi masih cukup kompetitif untuk bersaing dengan ponsel bertenaga Snapdragon 410. Sayangnya, hasil benchmark berstatus not verified. Meski demikian, kinerja realworld smartphone 4G LTE ini masih sangat nyaman dan smooth menurut Tuxlin News.

Baca juga:Benchmark Infinix Hot 2: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard
Vellamo
Pada benchmark Vellamo buatan Qualcomm, ponsel 4G Galaxy J1 Ace mampu membukukan skor 1805 poin pada benchmark browser Chrome, 854 poin pada benchmark Vellamo Metal, dan 1266 poin untuk benchmark Vellamo Multicore. Ini menunjukkan bahwa ponsel 4G LTE besutan brand asal Korea Selatan ini menawarkan spesifikasi kelas entry-level yang cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari.
Screenshots Review Samsung Galaxy J1 Ace Tuxlin Blog15
Ponsel 4G LTE Galaxy J1 Ace besutan Samsung ini mampu mencetak skor hingga 9063 poin di benchmark Quadrant Standard. Menurut Tuxlin News, skor ini standar untuk kelas menengah yang ditenagai oleh chipset Marvell PXA1908 yang jarang digunakan oleh vendor ponsel lain.
Screenshots Review Samsung Galaxy J1 Ace Tuxlin Blog13Screenshots Review Samsung Galaxy J1 Ace Tuxlin Blog14
Layar ponsel Galaxy J1 Ace ini mampu mengakomodasi 10 sentuhan sekaligus dalam waktu bersamaan. Hal ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan kasual sehari-hari, seperti sosial media dan bermain game sekalipun. Kualitas layar Super AMOLED ponsel ini juga patut diacungi jempol. Sedangkan untuk sensor, Samsung Galaxy J1 Ace bisa dikatakan miskin karena hanya menyediakan sensor Proximity, sound sensor, dan accelerometer. Sedangkan sensor lain absen.

Berdasarkan benchmark yang telah Tuxlin News lakukan, Samsung Galaxy J1 Ace mampu mengahsilkan skor yang cukup tinggi dan bersaing dengan kompetitor yang rata-rata menggunakan chipset Qualcomm  Snapdragon 410. Meski skor benchmarknya cukup kompetitif, Galaxy J1 Ace ini akan mengalami lag atau penurunan kinerja ketika kita sudah banyak menginstal aplikasi karena kapasitas RAM nya hanya 768MB saja.

Kapasitas memori RAM yang terbatas mungkin akan mendorong konsumen berpikir dua kali untuk membeli smartphone 4G Galaxy J1 Ace besutan Samsung ini. Tak hanya itu, Samsung juga harus bersaing ketat dengan kompetitor yang rata-rata sudah dibekali dengan memori RAM 1GB atau bahkan 2GB. Meski demikian, kinerja Galaxy J1 Ace untuk komunikasi sehari-hari relatif lancar dan tanpa masalah.

Harga Samsung Galaxy J1 Ace

Harga ponsel 4G Samsung Galaxy J1 Ace terbaru di pasar Indonesia berdasarkan pantauan Tuxlin News adalah Rp 1,5 juta. Smartphone 4G LTE ini mampu menawarkan kinerja yang cukup bersaing di kelas menengah dan menawarkan lompatan performa yang cukup jauh jika dibandingkan dengan ponsel Galaxy J1. Kapasitas RAM yang hanya 768MB dan masih menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat menjadi kelemahan utama dari smartphone Galaxy J1 Ace besutan Samsung. Ponsel ini masih layak dipertimbangkan bagi penggemar brand Samsung.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Ace

  • Sistem Operasi Android 4.4.4 KitKat dengan antarmuka TouchWiz UI
  • Chipset Marvell PXA1908 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz
  • Grafis Vivante GC7000UL
  • Kamera belakang 5 megapiksel aperture f/2.2 autofokus, LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 4,3 inci, dengan resolusi WVGA 480 x 800 dengan kerapatan 218 piksel per inci, panel Super AMOLED
  • Memori RAM 768MB, Memori internal 4GB plus slot microSD maksimal 128GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS
  • Mendukung jaringan GSM, 3G HSPA & 4G LTE
  • Dimensi 130.1 x 67.6 x 9.5 mm dengan berat 131 gram
  • Baterai 1900mAh
  • Warna White, Blue, Black
Beli Samsung Galaxy J1 Ace dengan harga promo DISINI (klik)

Review lengkap Samsung Galaxy J1 Ace Baca di Sini: