Wednesday, September 9, 2015

Benchmark Acer Liquid Z220: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Multitouch Tester

Benchmark Acer Liquid Z220 – Beberapa waktu lalu smartphone Acer Liquid Z220 secara resmi telah dilepas ke pasar Indonesia dan membidik pasar entry-level. Kehadiran ponsel ini adalah sebagai penerus dari Acer Liquid Z205 yang sempat populer beberapa waktu lalu. Acer mencoba formula yang sama, yakni membenamkan memori RAM sebesar 1GB pada Liquid Z220 dengan peningkatan kemampuan di sektor kamera. Namun, hal ini diikuti peningkatan harga yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan seri Liquid Z205. Tuxlin News berkesempatan menjajal smartphone Acer Liquid Z220 ini dan melakukan pengujian atau benchmarking untuk mengetahui kinerja yang ditawarkan. Ponsel ini mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 200 dual-core, penasaran? Simak ulasan berikut ini.


IMG_20150831_153348_HDR

Benchmark Acer Liquid Z220

CPU Z
Aplikasi CPU-Z mampu menampilkan informasi yang akurat mengenai spesifikasi dapur pacu yang diusung oleh ponsel Acer Liquid Z220 ini, mulai dari chipset, prosesor, jumlah core, hingga sistem operasi yang digunakan. Ponsel ini sebenarnya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 200. Namun, CPU-Z salah mendeteksi sebagai Snapdragon 400.
AnTuTu
Ponsel cerdas murah meriah Acer Liquid Z220 ini mampu membukukan skor 13.535 poin dari benchmark yang Tuxlin News lakukan menggunakan aplikasi AnTuTu. Angka ini sebenarnya tak terlalu istimewa untuk ponsel dengan harga 900 ribu-an. banyak kompetitornya yang bahkan dijual dengan harga lebih murah menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi dari yang diusung oleh ponsel Acer Liquid Z220 ini. Meski skor yang dihasilkan tembus 13 ribuan, Acer tampaknya masih kurang optimasi di sisi software-nya.

Baca juga:Benchmark Meizu M2 Note: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard
Geekbench
Pada benchmark Geekbench 3, ponsel Acer Liquid Z220 ini mampu menghasilkan skor 302 poin untuk Single-Core dan 583 poin untuk Multi-Core. Skor yang dihasilkan oleh ponsel ini memang masih sedikit dibawah rata-rata ponsel entry-level. Ini wajar mengingat smartphone ini masih mengandalkan prosesor dual-core dan diperparah dengan optimasi software yang menurut Tuxlin News agak kurang.
Vellamo
Pada benchmark Vellamo buatan Qualcomm, Acer Liquid Z220 mampu membukukan skor 1116 poin pada benchmark browser Chrome dan 688 poin pada benchmark Vellamo Metal. Ini menunjukkan bahwa ponsel besutan Acer asal Taiwan ini menawarkan spesifikasi kelas entry-level yang cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari.
tambahan
Layar ponsel Acer Liquid Z220 ini mampu mengakomodasi 2 sentuhan sekaligus dalam waktu bersamaan. Hal ini cukup untuk kebutuhan kasual sehari-hari, tetapi kurang cocok untuk gaming. Sedangkan untuk sensor,  Acer Liquid Z220 bisa dikatakan tak terlalu lengkap dengan menghadirkan sensor cahaya, proximity sensor, dan sensor suara.

Baca juga:Benchmark Huawei Y3 Batik: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Secara umum, sebenarnya ponsel Acer Liquid Z220 ini sudah mengusung spesifikasi yang mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, menurut Tuxlin News. Saat Tuxlin menjajal ponsel Acer Liquid Z220 ini, beberapa kali menemui lag dan responnya kurang smooth. Ini aneh mengingat ponsel ini sudah mengandalkan memori RAM 1GB dan saat itu aplikasi yang terinstal belum banyak. Menurut Tuxlin, masalah performa ini mungkin disebabkan oleh optimasi yang kurang mata pada sisi software atau firmware. Semoga Acer memperbaiki masalah ini pada update firmware yang akan datang.

Harga Acer Liquid Z220

Harga resmi ponsel Acer Liquid Z220 berdasarkan informasi yang Tuxlin News terima adalah Rp 999.000 atau tepatnya Rp 1 juta. Tuxlin News menilai harga yang ditawarkan oleh ponsel besutan vendor asal Taiwan ini agak terlalu mahal. Spesifikasi yang ditawarkan oleh Acer Liquid Z220 relatif tak istimewa dan bahkan dapat disaingi oleh kompetitor dengan harga yang lebih murah. Dukungan sistem operasi Android 5.0 Lollipop dan memori RAM 1GB mungkin menjadi daya tarik utama ponsel ini.

Spesifikasi Acer Liquid Z220

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 200 MSM8210 prosesor dual-core ARM Cortex-A7 1,2GHz
  • Grafis Adreno 302
  • Kamera 5 megapiksel autofocus dilengkapi LED flash, kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 4 inci, dengan resolusi 480 x 800 pixels, 233 ppi (pixel per inch), 16 juta warna
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB. Dilengkapi slot microSD maksimal 128GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 125.3 x 64 x 10 mm dengan berat 132 gram
  • Baterai 1300mAh
Beli Acer Liquid Z220 dengan harga promo DISINI (Klik)

Review Lengkap Acer Liquid Z220 Baca di Sini: