Menjajal Fitur Multi-gesture, Smart Awake & Quick Lock Screen di Himax Polymer 2

Fitur Himax Polymer 2 – Setelah sebelumnya membahas benchmark ponsel Polymer 2 besutan Himax, kini Tuxlin News akan membahas mengenai beberapa fitur penting yang dimiliki oleh ponsel ini. Seperti yang kita ketahui, Himax Polymer 2 adalah ponsel kelas entry-level yang dilengkapi dengan spesifikasi yang kompetitif, harga yang terjangkau, dan didukung oleh hadirnya tombol musik khusus yang berada di sisi atas ponsel. Merek lokal ini juga tak lupa menyematkan beberapa fitur yang cukup berguna bagi konsumen, sebut saja Multi-gesture, Smart Awake, Quick Lock Screen, dan Custom gesture. Sebenarnya fitur semacam ini bukanlah hal yang baru karena beberapa vendor lain telah memiliki fitur serupa, seperti Oppo, Evercoss, dan Asus melalui Zenmotion yang pernah di bahas di blog ini. Lalu seperti apa fitur Multi-gesture, Smart Awake, Quick Lock Screen, dan Custom gesture di smartphone Himax Polymer 2 ini? Simak ulasan Tuxlin News berikut ini.


IMG_20150707_212851_HDR

Fitur Multi-gesture di Himax Polymer 2


Screenshots Tablet Review Himax Polymer 2 Tuxlin Blog18 Pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Multi-gesture ini melalui menu Settings >> Multi-gesture. Fitur Multi-gesture pada Himax Polymer 2 ini memungkinkan pengguna mengakses fitur tertentu dengan menggunakan gerakan tertentu di layar pada posisi tertentu. Berdasarkan keterangan dari menu setting yang tersedia, fitur Multi-gesture ini hanya dapat dijalankan di layar standby (homescreen) dan main menu interface (menu drawer). Kita dapat mengakses pesan melalui Multi-gesture ini dengan menggesek dua jari dari bawah ke atas atau mengakses menu phone dengan menggesek layar dengan dua jari dari atas ke bawah. Pada parakteknya, Tuxlin News harus menggunakan tiga jari agar fitur ini dapat berjalan. Sayangnya, fungsi dari fitur Multi-gesture ini tidak dapat ditambah.

Baca juga:Hands On & Unboxing Ponsel Musik Himax Polymer 2

Fitur Quick Lock Screen di Himax Polymer 2

 Screenshots Tablet Review Himax Polymer 2 Tuxlin Blog21 Pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fasilitas Quick Lock Screen ini melalui menu Settings >> Quick Lock Screen. Secara default, fitur ini telah aktif di ponsel Polymer 2. Apa fungsi dan manfaat fitur Quick Lock Screen ini? Secara umum, fungsi dan cara penggunaan fitur Quick Lock Screen pada Himax Polymer 2 ini tak jauh berbeda dengan KnockOn yang terdapat di ponsel LG. Fitur Quick Lock Screen ini memungkinkan pengguna mengaktifkan atau mengunci layar dengan melakukan ketuk dua kali pada layar. Tuxlin News menjajal fitur ini, dan semuanya bekerja sesuai harapan. Layar ponsel ini cukup sensitif, sehingga Tuxlin News tak perlu menggunakan tenaga saat tap atau mengetuk layar.

Fitur Smart Awake di Quick Lock Screen

Screenshots Tablet Review Himax Polymer 2 Tuxlin Blog19 Screenshots Tablet Review Himax Polymer 2 Tuxlin Blog20
Fitur Smart Awake ini secara default juga sudah aktif di ponsel Himax Polymer 2, Untuk menonaktifkan atau mengaktifkan fitur ini dapat diakses melalui menu Settings >> Quick Lock Screen. Fitur pada smartphone Smart Awake ini menurut Tuxlin News tak jauh berbeda dengan ZenMotion milik Asus, Smart Gesture milik Evercoss, dan fitur sejenis di ponsel-ponsel Oppo. Smart Awake ini memungkinkan kita mengakses menu atau fungsi tertentu saat layar ponsel dalam keadaan mati dengan menggambar huruf tertentu di layar. Secara default, ada delapan preset atau pengaturan default yang diberikan oleh fitur Smart Awake. Berikut preset Smart Awake yang Tuxlin News temui.
  • Gesture c untuk mengakses Phone
  • Gesture o untuk mengakses Camera
  • Gesture w untuk mengakses Gallery
  • Gesture e untuk mengakses Browser
  • Gesture v untuk mengakses Flashlight
  • Gesture m untuk mengakses Messaging
  • Gesture s untuk mengakses Settings
  • Gesture z untuk mengakses Music

IMG_20150707_214342 Tuxlin News telah menjajal Smart Awake di ponsel musik Himax Polymer 2 ini dengan menggambar huruf di layar saat layar ponsel dalam keadaan nonaktif (terkunci). Setelah kita menggambar huruf tertentu, maka layar akan menampilkan animasi huruf yang kita gambar dan kemudian mengantarkan kita pada fungsi atau menu yang kita tuju sesuai dengan apa yang kita gambar tadi. Misal kita gambar w maka akan diantar ke menu gallery dan sebagainya. Setiap preset dalam Smart Gesture ini dapat dikostumisasi sesuai selera dan kebutuhan, Misalnya, gesture v untuk mengaktifkan flashlight dapat diganti fungsinya untuk mengaktifkan FB App dan sebagainya.

Custom Gesture di Himax Polymer 2

Selain Smart Awake, Multi-gesture, dan Quick Lock Screen, Himax Polymer 2 ini masih memiliki fitur custom gesture yang dapat diakses melalui menu Gesture. Berdasarkan hasil uji coba Tuxlin News, fitur ini memungkinkan kita membuat custom gesture atau gesture buatan sendiri untuk mengakses menu atau fungsi tertentu. Saat fitur ini diaktifkan, akan ada tombol gesture yang melayang di layar ponsel. Kita harus menggunakan tombol melayang tersebut dan menggambar gesture yang kita buat untuk memanfaatkan fitur ini.

Spesifikasi Himax Polymer 2

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop 
  • Chipset MediaTek MT6582 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz
  • Grafis Mali-400MP2
  • Kamera belakang 8 megapiksel autofocus, LED flash. Kamera depan 2 megapiksel 
  • Layar 4,7 inci, dengan resolusi qHD 960 x 540 pixels IPS panel, kerapatan 240 ppi
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB, slot micro SD hingga maksimal 32GB.
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, MaxBass Audio
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 136,6 x 68 x 9.1 mm dengan berat 150 gram
  • Baterai 1900mAh
Anda mungkin suka:Review Kamera Himax Polymer 2 dengan Resolusi 8 Megapiksel

Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog