Menjajal Tablet Windows & Android Axioo Windroid 7G

Tablet Windows Android Axioo Windroid 7G – Senin kemarin, paket pesanan berupa tablet Axioo Windroid 7G telah sampai di Tuxlin News. Tablet ini sudah kami pesan sejak hari pertama dibuka pre-order, yakni 20 Mei 2015 lalu. Tablet Windroid 7G adalah salah satu dari tiga varian tablet dual OS besutan Axioo yang telah diluncurkan di pasar Indonesia. Kelebihan utama yang sekaligus menjadi selling point Windroid 7G adalah dukungan dua sistem operasi secara dual-boot, yakni Windows 8.1 with Bing dan Android 4.4 KitKat. Pengguna bebas memilih kedua sistem operasi tersebut sesuai kebutuhan tanpa harus membeli dua tablet sekaligus. OS Android kaya akan aplikasi dan nyaman digunakan dengan layar sentuh. Sedangkan Windows 8.1 adalah sistem operasi yang sangat mendukung produktivitas penggunanya. Berikut ulasan singkat tablet Axioo Windroid 7G setalah Tuxlin News menjajalnya selama beberapa hari ini.


IMG_20150609_152950

Unboxing Tablet Axioo Windroid 7G


Tak lama setelah kurir mengatar paket berisi tablet Windroid 7G, Tuxlin News langsung melakukan proses unboxing untuk melihat apa saja yang ada dalam paket pembeliannya, sekaligus mengecek kondisi fisik tablet tersebut. Diluar dugaan, tablet besutan Axioo ini hadir dengan boks yang berukuran cukup besar, padhal ukuran tabletnya sendiri tidak terlalu besar. Hal ini wajar karena di dalam paket tersebut terdapat keyboard flipcase yang ukurannya cukup lumayan. Sama seperti paket pembelian gadget masa kini, Axioo Windroid 7G ini juga tidak menyertakan headset atau hansfree. Berikut paket pembelian yang ada pada tablet Windroid 7G.
Paket Pembelian Tablet Axioo Windroid 7G
IMG_20150609_153222_HDR
  • Tablet Axioo Windroid 7G
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Flipcase keyboard
  • Booklet manual
  • Kartu garansi

Hands On & Impresi Pertama Tablet Axioo Windroid 7G

IMG_20150609_153857_HDR IMG_20150609_154122_HDR
Tuxlin News memutuskan untuk langsung melakukan uji pakai tablet Windroid 7G besutan Axioo ini untuk mengetahui seperti apa performa yang ditawarkan. Ukuran atau dimensi yang ditawarkan oleh tablet ini tak jauh berbeda dengan tablet Android berukuran 7 inci lainnya. Windroid 7G ini dibalut dengan casing berbahan plastik berwarna hitam. Saat Tuxlin News memegangnya, material plastik tablet ini terasa murahan, tetapi solid. Bagian belakang terdapat tekstur khusus yang membuatnya tak terlalu licin. Bagian depan tablet Windroid 7G ini terdapat layar sentuh berukuran 7 inci, earpiece, dan kamera depan. Sayang sekali, tablet ini tidak dilengkapi dengan sensor proximity sehingga layar tidak otomatis mati ketika digunakan untuk telepon.

Axioo menempatkan tombol volume dan power di sisi kanan tablet. Tuxlin News juga melihat adanya tombol reset berukuran amat kecil yang terletak tepat di bawah tombol power. Kehadiran tombol ini memudahkan pengguna melakukan reset ketika tablet mengalami hang atau bermasalah. Port audio 3.5 mm dan port microUSB diletakkan di bagian atas tablet Windroid 7G ini. Sedangkan bagian belakang terdapat lubang kamera dan speaker grill. Baterai tablet Windroid 7G yang berkapasitas 2800mAh ini tidak dapat dilepas, bahkan casing belakangnya pun tak dapat dilepas. Bagian yang dapat dilepas dari tablet ini adalah casing yang berada di sekitar lubang kamera. Tuxlin News merasa agak kesulitan ketika melepas casing bagian belakang atas ini. Ketika casing belakang atas Windroid 7G ini terlepas, kita dapat mengkses slot microSD dan slot SIM card.
IMG_20150609_153311_HDR Tablet Axioo Windroid 7G ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 7 inci yang disematkan resolusi WSVGA 1024 x 600 piksel dan menawarkan kerapatan mencapai 170 piksel per inci, serta menggunakan tenologi panel IPS (In-Plane Switching). Meski sudah menggunakan teknologi panel IPS, Tuxlin News menilai kualitas layar yang diusung oleh tablet ini cukup standar atau rata-rata saja. Warna yang dihasilkan oleh layar tablet ini kurang vivid, selain itu ketajamannya juga kurang. Hal ini sebenarnya wajar mengingat resolusi yang diusungnya masih terhitung rendah. Beruntung, layar tablet ini memiliki sudut pandang yang cukup luas dan respon layar sentuhnya juga cukup sensitif di kelasnya. Layar tablet ini tidak memiliki fasilitas autobrightness dan performanya di bawah sinar matahari juga kurang baik. Perlu diketahui, tablet Windroid 7G ini mendukung satu SIM card atau single SIM 3G HSDPA. Fasilitas telepon dan SMS dapat digunakan di Android. Sedangkan di Windows, kita hanya dapat menggunakan layanan data saja.

Performa yang ditawarkan oleh tablet Axioo Windroid 7G ini cukup powerful di kelas entry-level berkat sokongan prosesor Intel Atom Z3735F quad-core yang berlari dengan kecepatan 1,33GHz hingga maksimal 1,83GHz dan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB, serta didukung pengolah grafis dari Intel HD Graphics. Kapasitas RAM 1GB yang diusung tablet ini memang terbilang pas-pasan, tetapi sebenarnya sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Tuxlin News telah menjajal tablet ini di Android dan Windows selama tiga hari dan kinerjanya cukup memuaskan. Buka tutup aplikasi, bermain game kasual, browsing, dan komputasi ringan lainnya berjalan dengan lancar tanpa adanya lag. Performa yang tinggi dari tablet ini terbukti dengan skor benchmark AnTuTu yang mencapai 32 ribu poin lebih. Sama seperti tablet lainnya, tablet Windroid 7G agak panas ketika digunakan untuk tugas yang berat, tetapi bisa dikatakan wajar.
IMG_20150609_153337_HDR Sisi kamera, tablet Axioo Windroid 7G ini tidak bisa diharapkan karena hanya dibekali dengan kamera belakang berkekuatan 2 megapiksel dan kamera depan VGA. kedua kamera tersebut fixed focus dan tidak dilengkapi dengan LED flash. Menurut Tuxlin News, hal ini wajar karena harga yang ditawarkan oleh tablet Windroid 7G ini terjangkau. Meski hasil fotonya tak bisa diharapkan, setidaknya kita masih dapat fungsinya. Satu hal yang Tuxlin sayangkan dari tablet Windroid 7G, yakni keluaran speakernya. Suara speaker Windroid 7G saat memainkan musik tidak terlalu kencang dan terdengar cempreng. Jujur saja, telinga Tuxlin News merasa tak nyaman mendengarkan keluaran suaranya. Namun ketika menggunakan headset Sennheiser MX375, kualitas suaranya lumayan bagus. Tablet Windroid 7G ini dibekali dengan memori internal 32GB yang mana 16GB tersedia di Windows dan 8GB tersedia di Android.

Harga Tablet Axioo Windroid 7G

Harga resmi tablet Axioo Windroid 7G di Indonesia adalah Rp 1.799.000 atau tepatnya Rp 1,8 juta. Beruntung, Tuxlin News mendapatkan tablet Windroid 7G ini saat masa pre-order dengan harga Rp 1 juta saja lengkap dengan keyboard yang menyatu dengan flipcase. Secara umum, Tuxlin menilai bahwa harga yang ditawarkan oleh Windroid 7G masuk akal dan menjadi pesaing tangguh tablet Android dan Windows di segmen entry-level. Fitur dual OS menjadi keistimewaan tablet Windroid 7G dan tidak dimiliki oleh para pesaingnya.

Spesifikasi Tablet Axioo Windroid 7G

  • Sistem Operasi Android 4.4 KitKat dan Windows 8.1 with Bing 32-bit
  • Prosesor Intel Atom Z3735G quad-core dengan kecepatan 1,33GHz – 1,83GHz
  • Grafis Intel HD Graphics
  • Kamera belakang 2 megapiksel fixed focus. Kamera depan 0,3 megapiksel
  • Layar 7 inci, dengan resolusi HD 1024 x 600 pixels, kerapatan 170 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 1GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal maksimal 64GB
  • WiFi, Bluetooth, micro USB, 3.5mm audio jack
  • Dimensi 188mm (L) x 107.6mm (W) x 9.8mm (H) berat 274 gram
  • GSM / 3G HSDPA
  • Baterai 2800 mAh


Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog