Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Harus Tahu Cara Menangani Penyalahgunaan Alamat IP untuk Cegah Serangan Siber

Bisnis Harus Tahu Cara Menangani Penyalahgunaan Alamat IP untuk Cegah Serangan Siber - Serangan siber berada dalam tren peningkatan yang mengkhawatirkan, terutama dalam beberapa bulan terakhir. Sejumlah layanan perbankan dan pos Selandia Baru telah terkena serangan distributed denial-of-service (DDoS), membuat layanan tidak dapat diakses dan menyebabkan kemarahan di antara pelanggan mereka, dan raksasa teknologi Rusia Yandex telah menjadi korban serangan DDoS terbesar yang diketahui. tanggal. Dengan meningkatnya jumlah serangan siber yang terjadi di seluruh dunia, sangat penting bagi bisnis untuk mengetahui cara menangani penyalahgunaan alamat IP.

Penyalahgunaan alamat IP adalah penyalahgunaan alamat IP atau server, yang mencakup phishing, spam, DDoS, malware, peretasan, dan serangan serupa lainnya. Survei terbaru  telah menemukan bahwa 81% dari organisasi yang disurvei telah menjadi korban pelanggaran keamanan setidaknya sekali dalam setahun terakhir. Angka-angka ini harus menjadi perhatian khusus bagi perusahaan rintisan skala kecil dan bisnis yang sudah mapan, karena memiliki reputasi IP yang baik saat ini adalah prioritas tinggi.



“Jika sebuah perusahaan mengalami penyalahgunaan alamat IP, reputasinya bisa berada dalam bahaya serius,” catat Gustavas Davidavicius, Ketua Tim Pencegahan Penyalahgunaan di IPXO. 

“Salah satu contohnya adalah dampak dari serangan DDoS yang dihadapi bisnis. Jika rentang IP yang digunakan perusahaan terdaftar di 'Spamhaus', salah satu daftar blokir terbesar di internet, mereka tidak akan dapat mengirim email di luar jaringan mereka dan harga rentang IP akan turun.”

Baca juga:Migrasi dan Upgrade ke Asus ExpertBook P2 P2451FB

Davidavicius menjelaskan bahwa ketika pelanggaran tersebut tidak diurus, itu mengarah ke daftar blokir yang paling serius, seperti daftar 'Jangan Rutekan', 'Peer' atau 'UCE Protect Level 3', yang pada dasarnya membuat daftar hitam alamat IP sebagai yang terburuk Nomor Sistem Otonom (ASN).

Ada beberapa langkah yang dapat diambil perusahaan untuk menangani penyalahgunaan IP dan melindungi jaringan mereka. Server dapat dilindungi dengan kunci Secure Socket Shell (SSH) – protokol jaringan khusus yang memungkinkan pengguna yang berwenang untuk mengakses komputer atau perangkat lain dari jarak jauh melalui kredensial akses. Kata sandi yang kuat, idealnya, sepanjang 16 digit, juga akan meminimalkan kemungkinan diretas.

“Ini juga sangat penting untuk bereaksi cepat pada laporan penyalahgunaan – semakin lama diabaikan, semakin besar kemungkinan alamat IP akan terdaftar di daftar blokir, menyebabkan masalah besar bagi bisnis,” Davidavicius memperingatkan. 

“Namun, ada kesulitan di dalamnya, karena tidak mudah menjaga ancaman dunia maya dan memastikan masing-masing dari mereka ditangkap dan ditangani dengan benar.”

Dia juga mencatat bahwa outsourcing pekerjaan semacam ini ke profesional tepercaya seperti IPXO dapat memungkinkan bisnis untuk terus fokus pada ekspansi dan penskalaan, sementara keamanan sumber daya IP mereka dijaga. Selain menangani penyalahgunaan alamat IP, IPXO juga melayani semua kebutuhan terkait IP mulai dari manajemen hingga penyewaan dan keamanan.

Karena meningkatnya jumlah serangan siber terus memicu tanggapan serius dari pemerintah, dan kerentanan siber sekarang dipandang sebagai risiko bisnis yang nyata, perusahaan harus lebih memusatkan perhatian pada penyalahgunaan alamat IP dan cara menanganinya—baik dengan mengambil tindakan pencegahan sendiri atau dengan outsourcing profesional.

Tentang IPXO

IPXO adalah pasar Protokol Internet all-in-one, yang berfokus pada memungkinkan perusahaan untuk memonetisasi sumber daya IP yang tidak digunakan dan mengurangi masalah kekurangan IPv4. IPXO menawarkan manajemen reputasi IP, serta terus berkolaborasi dengan RIR untuk menghasilkan solusi baru guna meningkatkan transparansi industri. 

Visi perusahaan adalah untuk menetapkan tolok ukur baru dalam manajemen aset IP yang efisien dan memecahkan masalah warisan dengan solusi berbasis bisnis.

Anda mungkin suka:Anker Soundcore Select Review: Tahan Cipratan Air, Suara Powerful!

Post a Comment for "Bisnis Harus Tahu Cara Menangani Penyalahgunaan Alamat IP untuk Cegah Serangan Siber"