Friday, August 11, 2017

Benchmark Samsung Galaxy J5 Prime: AnTuTu, CPU-Z, Vellamo & Geekbench

Benchmark Samsung Galaxy J5 Prime: AnTuTu, CPU-Z, Vellamo & Geekbench – Smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) Samsung Galaxy J5 Prime memang bukan produk baru. Bahkan saat ini telah dirilis penerussnya melalui seri Galaxy J5 Pro. Meski demikian, bukan berarti Samsung Galaxy J5 Prime tidak lagi laik beli.

Smartphone ini masih menawarkan spesifikasi yang cukup kompetitif dengan harga yang cukup masuk akal untuk brand ternama seperti Samsung. Dukungan kamera 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel menjadi salah satu daya tariknya. Berbicara mengenai performa, Samsung Galaxy J5 Prime ini ditenagai oleh SoC Samsung Exynos 7570 ditandemkan dengan RAM 2GB, penasaran? Berikut hasil benchmark Samsung Galaxy J5 Prime yang telah Tuxlin news lakukan.


Benchmark Samsung Galaxy J5 Prime: AnTuTu, CPU-Z, Vellamo & Geekbench

Benchmark Samsung Galaxy J5 Prime

CPU-Z
Aplikasi CPU-Z mampu menampilkan informasi yang akurat mengenai spesifikasi dapur pacu yang diusung oleh ponsel Galaxy J5 Prime besutan Samsung ini, mulai dari chipset, prosesor, jumlah core, hingga sistem operasi yang digunakan. Smartphone Samsung Galaxy J5 Prime ini menggunakan chipset Samsung Exynos 7570 yang bisa dikatakan chipset entry-level.
Geekbench 4
Pada benchmark Geekbench 4, ponsel 4G LTE menengah Samsung Galaxy J5 Prime ini mampu menghasilkan skor 595 poin untuk Single-Core, 1814 poin untuk Multi-Core, dan 1160poin untuk Compute benchmark. Tuxlin News menilai skor yang dihasilkan Samsung Galaxy J5 Prime terbilang bersaing ketat dengan Snapdragon 430 untuk prosesornya, tetapi kalah di grafisnya.
AnTuTu v6
Ponsel cerdas dengan dukungan 4G LTE Samsung Galaxy J5 Prime ini mampu membukukan skor 36.043 poin dari benchmark yang Tuxlin News lakukan menggunakan aplikasi AnTuTu v6. Angka yang dihasilkan oleh Galaxy J5 Prime ini terbilang cukup kompetitif di kelasnya dan tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan kompetitorya yang menggunakan chipset Snapdragon 430 atau MediaTek Helio P10.
Baca juga:Motorola Moto E4 Dirilis di Indonesia, Ini Harganya
Vellamo
Pada benchmark Vellamo buatan Qualcomm, Samsung Galaxy J5 Prime mampu membukukan skor 2529 poin pada benchmark browser Chrome, 1084 poin pada benchmark Vellamo Metal, dan 1542 poin untuk benchmark Vellamo Multicore. Berdasarkan benchmark di atas, ponsel 4G Galaxy J5 Prime terlihat cukup bersaing jika dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya seperti Asus Zenfone 3 Max, Lenovo K6 Power, dan kalah jauh jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 4.
PCMark
Pada benchmark PCMark 2.0, smartphone Samsung Galaxy J5 Prime ini mampu mencetak skor 3242 poin untuk Work 2.0, 1746 poin untuk Computer Vision, dan 3978 poin untuk Storage. Angka yang dihasilkan oleh ponsel Galaxy J5 Prime andalan Samsung ini relatif bersaing untuk smartphone kelas menengah.
3DMark
Pada benchmark berbasis grafis seperti 3DMark, Samsung Galaxy J5 Prime mampu mencetak skor 98 poin untuk Sling Shot Extreme dan 176 poin untuk Sling Shot. Sedangkan untuk 3DMark Ice Storm Extreme, smartphone Samsung Galaxy J5 Prime ini mampu mencetak skor 2962 poin dan Ice Storm Unlimited mencetak skor 4643 poin. Angka ini juga bisa dikatakan standar untuk kelas menengah yang mengusung grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) dari Mali-T720.
Sensorbox
Layar ponsel 4G LTE Samsung Galaxy J5 Prime ini mampu mengakomodasi 5 sentuhan sekaligus dalam waktu bersamaan. Hal ini sudah cukup untuk kebutuhan kasual sehari-hari, seperti sosial media, chatting, dan browsing. Tak hanya itu, untuk keperluan gaming pun sudah memadai dengan kemampuan 5 point multitouch seperti pada smartphone menengah ini.
Baca juga:Duel Kamera Xiaomi Redmi 4X vs Asus Zenfone Live ZB501KL
Sedangkan untuk sensor, Galaxy J5 Prime besutan Samsung bisa dikatakan relatif miskin di kelasnya dengan kehadiran accelerometer, proximity sensor, dan sound sensor. Sedangkan sensor lain tak dimiliki oleh smartphone dengan harga lebih dari Rp 2 juta ini.

Harga Samsung Galaxy J5 Prime

Harga smartphone 4G Samsung Galaxy J5 Prime terbaru di Indonesia saat ini berdasarkan pantauan Tuxlin News adalah Rp 2.599.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar dan kebijakan penjual. Berdasarkan hasil benchmark yang telah Tuxlin News lakukan, Samsung Galaxy J5 Prime ini mampu menghasilkan skor yang terbilang lumayan di kelasnya.

Hasilnya memang bukan yang terkencang, tetapi juga bukan yang paling lambat. Performanya dapat diandalkan untuk komunikasi sehari-hari, gaming kasual, dan multitasking ringan. Secara umum, Samsung Galaxy J5 Prime menawarkan kinerja yang terbilang lumayan dan dapat dipertimbangkan.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Samsung Galaxy J5 Prime di Sini (Klik)

Spesifikasi Samsung Galaxy J5 Prime

  • Sistem Operasi 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka TouchWiz UI
  • Chipset Samsung Exynos 7570 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1,4GHz
  • Grafis Mali-T720
  • Kamera belakang 13 megapiksel aperture f/1.9 autofokus, LED flash. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/1.9 fixed focus, LED flash 
  • Layar 5 inci 2.5D, dengan resolusi HD 1280 x 720 dengan kerapatan 282 piksel per inci, panel IPS, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 2GB, Memori internal 16GB plus slot microSD maksimal 128GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, fingerprint sensor
  • Mendukung jaringan GSM, 3G HSPA & 4G LTE
  • Dimensi 142.8 x 69.5 x 8.1 mm dengan berat 143 gram
  • Baterai 2400mAh
  • Warna Black dan Gold
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone Live ZB501KL: Cantik dengan BeautyLive


EmoticonEmoticon