Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benchmark Xiaomi Redmi 3: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Benchmark Xiaomi Redmi 3 – Hari ini Tuxlin News cukup beruntung karena berkesempatan untuk menjajal smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) Xiaomi Redmi 3. Sampai saat ini memang penerus Redmi 2 tersebut belum diluncurkan secara resmi di pasar Indonesia. Produk Xiaomi Redmi 3 yang masuk dan dijual saat ini adalah garansi distributor, termasuk unit yang Tuxlin News uji saat ini.

Smartphone 4G kelas menengah ini hadir dengan desain elegan berkat balutan casing metal unibody dengan tekstur unik pada casing belakangnya. Kinerja ponsel Xiaomi Redmi 3 relatif bersaing berkat sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 616 yang ditandemkan dengan memori RAM 1GB, penasaran? Berikut ini benchmark Xiaomi Redmi 3 yang telah Tuxlin News lakukan.


Benchmark Xiaomi Redmi 3

Benchmark Xiaomi Redmi 3

Benchmark Xiaomi Redmi 3 CPU-Z
Aplikasi CPU-Z mampu menampilkan informasi yang akurat mengenai spesifikasi dapur pacu yang diusung oleh ponsel 4G Redmi 3 besutan Xiaomi ini, mulai dari chipset, prosesor, jumlah core, hingga sistem operasi yang digunakan. Deteksi aplikasi CPU-Z pada smartphone Redmi 3 ini tergolong akurat, meski sebenarnya chipset yang digunakan adalah Snapdragon 616, bukan 615. Kedua chipset ini memang memiliki spesifikasi yang hampir identik.
Benchmark Xiaomi Redmi 3 AnTuTu v6
Ponsel cerdas dengan dukungan 4G Redmi 3 ini mampu membukukan skor 29.274 poin dari benchmark yang Tuxlin News lakukan menggunakan aplikasi AnTuTu v6. Angka ini memang terlihat standar atau biasa-biasa saja, jika dibandingkan para pesaingnya yang rata-rata menggunakan chipset MediaTek MT6753. Namun, mengalahkan dengan telak chipset MT6735 atau Snapdragon 410. Skor yang dihasilkan Redmi 3 ini beda tipis dengan Infinix Hot 3 X553 yang Tuxlin News ulas sebelumnya.
Benchmark Xiaomi Redmi 3 Geekbench 3
Pada benchmark Geekbench 3, ponsel 4G Redmi 3 besutan Xiaomi ini mampu menghasilkan skor 470 poin untuk Single-Core dan 2214 poin untuk Multi-Core. Tuxlin News menilai skor yang dihasilkan terbilang cukup standar di kelasnya berkat dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 616. Skor yang dihasilkan sedikit di bawah Infinix Hot 3 untuk single-core, tetapi lebih tinggi untuk parameter multi-core.
Baca juga:Benchmark Infinix Hot 3 X553 4G LTE: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard
Benchmark Xiaomi Redmi 3 Vellamo
Pada benchmark Vellamo buatan Qualcomm, Xiaomi Redmi 3 mampu membukukan skor 2083 poin pada benchmark browser Chrome, 1042 poin pada benchmark Vellamo Metal, dan 1390 poin untuk benchmark Vellamo Multicore. Ini menunjukkan bahwa ponsel besutan brand Tiongkok kinerja yang cukup bersaing di kelasnya. Skor yang dihasilkan Xiaomi Redmi 3 ini beda tipis dengan Infinix Hot 3 X553 yang Tuxlin ulas sebelumnya.
Benchmark Xiaomi Redmi 3 Quadrant Standard
Ponsel 4G LTE kelas entry-level dan menengah Xiaomi Redmi 3 4G LTE ini mampu mencetak skor hingga 21.951 poin di benchmark Quadrant Standard. Menurut Tuxlin News, skor ini standar untuk kelas menengah yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 616.
Benchmark Xiaomi Redmi 3 Sensor box
Layar ponsel Xiaomi Redmi 3 ini mampu mengakomodasi 8 sentuhan sekaligus dalam waktu bersamaan. Hal ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan kasual sehari-hari, seperti gaming, sosial media dan sebagainya. Sedangkan untuk sensor, Xiaomi Redmi 3 bisa dikatakan cukup lengkap untuk kelas menengah karena hampir semua sensor tersedia kecuali temperature sensor dan pressure sensor.
Baca juga:Harga Xiaomi Mi5 32GB/64GB Terbaru, Sudah Bisa Dibeli di Indonesia
Berdasarkan benchmark Xiaomi Redmi 3 yang telah Tuxlin News lakukan, ponsel 4G LTE ini mampu mencetak skor yang cukup kompetitif. Angka yang dihasilkan relatif tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan para pesaingnya yang menggunakan chipset Snapdragon 615 dan MediaTek MT6753. Tak hanya itu, performa untuk penggunaan sehari-hari relatif smooth dan sangat jarang ditemui lag. Optimasi yang dilakukan Xiaomi pada antarmuka MIUI ternyata cukup baik.

Harga Xiaomi Redmi 3

Harga smartphone Xiaomi Redmi 3 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Tuxlin News himpun adalah Rp 1.939.000 dengan garansi distributor. Tentunya, harga ini tidak bersifat mengikat dan dapat berubah sesuai dengan kebijakan masing-masing seller atau penjual. Harga resmi ponsel Xiaomi Redmi 3 ini di negara asalnya sebenarnya lebih murah, tetapi sampai saat ini belum masuk Indonesia secara resmi.

Berdasarkan hasil benchmark yang Tuxlin news lakukan, ponsel 4G LTE Xiaomi Redmi 3 ini ternyata mampun menghasilkan skor yang cukup kompetitif di kelasnya dan tak jauh berbeda dengan Infinix Hot 3 X553 yang sebelumnya Tuxlin ulas. Secara umum, smartphone 4G LTE Xiaomi Redmi 3 ini relatif laik dipertimbangkan di kelasnya. Kelemahan utamanya hanya satu, yakni produk ini menggunakan garansi distributor.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka MIUI 7
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 616 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,5GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz
  • Grafis Adreno 405
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3M2, aperture f/2.2,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.3 x 69.4 x 8.5 mm berat 144 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion 
  • Warna Silver, Gold, dan Grey
Anda mungkin suka:Unboxing Xiaomi Redmi 3, Smartphone 4G LTE dengan Baterai Besar