Unboxing ZTE Blade A711: Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Unboxing ZTE Blade A711 Smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) ZTE Blade A711 sempat menarik perhatian konsumen Indonesia saat pertama kali diperkenalkan. Tuxlin News melihat selain spesifikasi yang kompetitif, casing metal dan fitur sensor sidik jari yang diusungnya menjadi daya tarik tersendiri bagi ZTE Blade A711. Ponsel 4G LTE ini diluar negeri dirilis dengan nama yang berbeda, seperti ZTE Blade X9 dan ZTE Blade V5 Pro.

Namun, kehadirannya di Indonesia terbilang kurang mulus karena diawali dengan pelbagai blunder yang seharusnya tidak perlu. Blunder yang pertama adalah banyak pemesan smartphone ZTE Blade A711 yang mendapatkan unit bermasalah (hang, sering restart, overheat). Blunder yang kedua, konon saat rilis pertama sertifikat POSTEL yang digunakan tidak legal dan akhirnya sempat menghilang dari Lazada selama beberapa waktu. Beruntung, Tuxlin News mendapat unit ZTE Blade A711 bekerja dengan baik tanpa masalah. Berikut ulasan dan unboxing ZTE Blade A711.


Unboxing ZTE Blade A711

Unboxing ZTE Blade A711

Tuxlin News melakukan pemesanan smartphone 4G LTE ZTE Blade A711 pada saat event flash sale perdana digelar oleh Lazada. Beberapa hari setelah pemesanan, ponsel 4G LTE andalan ZTE inipun mendarat dengan selamat di Tuxlin Lab. Ponsel ini hadir dengan boks berwarna putih dan pada bagian depat terdapat tekstur sidik jari, seolah-olah menujukkan bahwa ponsel ini menggunggulkan fitur fingerprint sensor.

Unit ZTE Blade A711 yang diterima Tuxlin news masih menggunakan sertifikat yang ganjil, yakni 37738/SDPPI/2014. Kenapa ganjil? Ponsel 4G ZTE Blade A711 ini diperkenalkan kuartal keempat 2015, tetapi sudah mendapat sertifikat tahun 2014. Sedangkan unit ZTE Blade A711 baru, kemungkinan sudah menggunakan sertifkat yang baru.

Baca juga:Benchmark ZTE Blade A711: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Paket Pembelian ZTE Blade A711

Paket Pembelian ZTE Blade A711
  • Handset ZTE Blade A711
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Booklet manual
  • Kartu garansi

Hands On & Impresi Pertama ZTE Blade A711

Hands On ZTE Blade A711
Kesan pertama atau impresi awal Tuxlin News saat memegang smartphone 4G ZTE Blade A711 adalah mantap, mewah, dan agak lebar. Ponsel ZTE Blade A711 ini dibalut dengan casing berbahan aluminium yang kokoh dan solid. Bagian casing belakang ZTE Blade A711 memang tak sepenuhnya logam karena bagian atas dan bawahnya terbuat dari plastik yang berfungsi sebagai antena. Ponsel ini juga mengusung frame berbahan metal yang kuat.

Namun, layar ZTE Blade A711 malah tidak dilengkapi dengan pelindung antigores seperti Corning Gorilla Glass atau Asahi Dragontrail. Namun, ZTE mengatakan bahwa layar ZTE Blade A711 tahan terhadap goresan ringan. Tuxlin News tetap menyarankan pengguna untuk memasang tempered glass agar tidak mudah tergores.

Bagian depan smartphone Blade A711 besutan ZTE ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh berukuran 5,5 inci full HD, dan tiga tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Ponsel ini menggunakan bazel berwarna hitam, sehingga saat menggunakan wallpaper dominan hitam, seolah-oleh ponsel 4G LTE ini tidak memiliki bezel.

Satu hal yang Tuxlin News suka adalah LED pada tombol Home yang juga berfungsi sebagai LED notifikasi yang elegan, mirip seri Nubia. Bagian belakang smartphone ZTE Blade A711 ini terdapat lubang kamera utama, LED flash, sensor sidik jari, logo ZTE, dan speaker grill.

ZTE menempatkan microphone dan port audio 3,5mm di sisi atas ponsel. Sedangkan sisi bawah ponsel terdapat port microUSB dan microphone yang lainnya. Sedangkan tombol power dan volume rocker diletakkan di sisi kiri ponsel.

Baca juga:Duel Kamera ZTE Blade A711 vs Meizu M2 Note Malam Hari

Sama seperti rata-rata ponsel berdesain unibody, kita harus menggunakan bantuan SIM card ejector untuk membuka baki slot SIM yang berada di sisi kiri. Smartphone 4G LTE Blade A711 andalan ZTE ini menggunakan sistem hybrid slot yang mana slot SIM 2 juga berfungsi sebagai slot microSD. Ini berarti konsumen harus memilih antara dual SIM aktif atau Single SIM + microSD. Tuxlin News sendiri memilih single SIM + microSD untuk meningkatkan daya tampungnya.
Hands On ZTE Blade A711
ZTE membekali ponsel 4G LTE Blade A711 ini dengan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD 1920 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan 403 ppi (pixel per inch), Layar ponsel ini menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) kapasitif LCD. Meski tak dilengkapi antigores, konon layarnya masih mampu menahan goresan ringan.

Kualitas layar Blade A711 ini cukup mampu memuaskan Tuxlin News karena menghasilkan warna yang baik, tajam, dan padat. Selain itu, sudut pandang atau viewing angle layar ini luas. Hal ini takk terlepas dari teknologi panel IPS yang ditandemkan dengan resolusi tinggi full HD. Sayangnya, seting auto brightness-nya kurang agresif dan agak redup. Bagi pengguna yang merasa kurang terang, sebaiknya menggunakan seting brightness manual.

Performa yang ditawarkan oleh Blade A711 ini menurut Tuxlin News cukup bersaing untuk kelas menengah dengan mengandalkan sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 615 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,7GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ZTE mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 405. Ponsel ini mampu mencetak skor AnTuTu v6 mencapai 31.562 poin, cukup bersaing dengan ponsel dengan chipset MediaTek MT6753.

Impresi awal performa ponsel 4G LTE ZTE Blade A711 ini cukup memuaskan Tuxlin. Respon cepat, perpindahan menu gegas, dan buka tutup aplikasi juga tanpa lag. Beberapa unit ZTE Blade A711 yang bermasalah memang sering mengalamik hang bahkan random restart. Namun, unit ZTE Blade A711 yang Tuxlin News gunakan tidak mengalami masalah tersebut. Mengenai panas, itu akan terjadi ketika kita mengaktifkan Location Service karena ada bug slim_ap_daemon yang mengonsumsi baterai dan resource ponsel. Jika Location Service tidak diaktifkan, ZTE Blade A711 relatif dingin dan gegas.

Baca juga:Infinix Note 2 vs ZTE Blade A711, Pilih Mana?

Sisi kamera, smartphone 4G ZTE Blade A711 ini cukup meyakinkan menurut Tuxlin dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel autofokus berteknologi Neo Vison 5.0 yang menggunakan sensor BSI (BackSide Illumination) yang dipadukan dengan 5 elemen lensa dengan apertur f/2.2 dan didukung LED flash. Kamera depan smartphone ini juga cukup mumpuni dengan resolusi 5 megapiksel berlensa wide angle dengan aperture f/2.2.

Impresi awal kemampuan kamera ZTE Blade A711 pada siang hari dan foto macro cukup baik. kecepatan autofokusnya standar, tetapi beberapa foto yang dihasilkan kadang kurang terang. Saat malam hari, performa kamera ponsel 4G Blade A711 ini sedikit mengecewakan menurut Tuxlin. Tampaknya ZTE masih perlu optimasi lebih mendalam agar kemampuan kameranya lebih maksimal.

Harga ZTE Blade A711

Harga smartphone 4G LTE ZTE Blade A711 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Tuxlin News dapatkan adalah Rp 1.999.000. Ponsel 4G LTE terbaru ZTE ini masih dijual secara eksklusif melalui toko online Lazada. Sebelumnya, ZTE Blade A711 sempat menghilang dari peredaran yang konon disebabkan masalah sertifikat. Namun, informasi ini belum ada konfirmasi.

Terlepas dari masalah tersebut, kini smartphone ZTE Blade A711 sudah dijual kembali ke pasar. Berdasarkan hasil unboxing ZTE Blade A711 yang telah Tuxlin News lakukan di atas, ponsel ini menawarkan build quality yang mantap, fitur yang lengkap, dan spesifikasi yang kompetitif di kelasnya. Jelas, ZTE Blade A711 sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.

Harus diakui bahwa hasil review lengkap yang dilakukan oleh Tuxlin Blog menemui beberapa bug, tetapi kami yakin masalah tersebut akan selesai melalui update OTA (Over the Air). ZTE Blade A711 menjadi pesaing kuat bagi Infinix Note 2, Xiaomi Redmi Note 2, Meizu M2 Note, Accessgo Gotune 5, dan Asus Zenfone 2 Laser.

Beli ZTE Blade A711 dengan harga promo di SINI atau install aplikasinya di sini (klik)

Spesifikasi ZTE Blade A711

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka Nubia UI 3.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 615 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,5GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1GHz
  • Grafis Adreno 405
  • Kamera 13 megapiksel Neo Vison 5.0 autofokus, sensor BSI, aperture f/2.2,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel, wide angle, aperture f/2.2
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi HD 1920 x 1080 piksel, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual nano-SIM, fingerprint sensor, DTS Theater Surround Sound
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 155.3 x 77.2 x 8.6 mm dengan berat 160 gram
  • Baterai 3000mAh lithium ion
  • Warna Silver dan Gold

Review Lengkap ZTE Blade A711 Baca di Sini:



Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog