Tuesday, January 5, 2016

Unboxing Xiaomi Redmi Note 2: Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Unboxing Xiaomi Redmi Note 2 – Xiaomi Redmi Note 2 adalah smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) yang mengusung layar sentuh berukuran besar atau bisa disebut dengan phablet. Xiaomi mendesain Redmi Note 2 ini untuk menggebrak pasar kelas menengah dan meneruskan kesuksesan Xiaomi Redmi Note generasi pertama.


Di negara asalnya, Xiaomi Redmi Note 2 ini terdiri dari tiga varian berdasarkan dukungan jaringan 4G LTE dan memori internalnya, yakni Xiaomi Redmi Note 2 TDD-LTE 16GB, Xiaomi Redmi Note 2 TDD/FDD-LTE 16GB, dan Xiaomi Redmi Note 2 Prime. Varian Prime ini mendukung jaringan 4G LTE baik FDD maupun TDD dan didukung memori internal 32GB.

Pada kesempatan kali ini Tuxlin News melakukan Unboxing Xiaomi Redmi Note 2 dan Hands On untuk varian TDD-LTE 16GB. Varian ini tidak kompatibel dengan sebagian besar jaringan 4G LTE di Indonesia.
Unboxing Xiaomi Redmi Note 2

Unboxing Xiaomi Redmi Note 2

Tuxlin News membeli smartphone Xiaomi Redmi Note 2 garansi distributor ini di salah satu toko online terkemuka di Indonesia. Saat itu, Tuxlin mendapatkan harga yang lebih murah dari rata-rata harga pasaran. Namun, memang pengirimannya agak lama. Kurang lebih 5 hari setelah pemesanan, ponsel Xiaomi Redmi Note 2 mendarat di markas Tuxlin News.

Ponsel ini mengusung boks yang sama dengan ponsel Xiaomi lainnya dengan warna cokelat dan konon menggunakan kertas daur ulang. Seperti biasa, Tuxlin melakukan unboxing untuk mengecek perlengkapan yang diusung ponsel ini dan memastikan bahwa unit yang Tuxlin terima normal atau tidak defect.

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 2

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 2
  • Xiaomi Redmi Note 2 16GB White
  • Baterai
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Buku manual
  • Kartu garansi
Baca juga: Ulefone Power, Smartphone 4G LTE dengan Baterai 6050mAh

Hands On & Impresi Pertama Xiaomi Redmi Note 2

Impresi Pertama Xiaomi Redmi Note 2
Saat pertama kali memegang smartphone Xiaomi Redmi Note 2 ini, kesan pertama yang Tuxlin News tangkap adalah ringan dan dimensinya agak besar. Penampilan fisik atau desain Redmi Note 2 ini banyak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan Redmi Note generasi pertama. Sekilas, ponsel Redmi Note 2 ini tampak seperti Xiaomi Mi 4i dengan ukuran yang lebih besar.

Pabrikan asal Tiongkok ini tampaknya mulai mengaplikasikan desain minimalis Mi 4i pada line up lain seperti Redmi Note 2. Bagian depan ponsel ini menggunakan panel berwarna hitam dan tombol kapasitif berwarna merah, Sedangkan casing belakangnya berwarna putih doff, mirip material yang digunakan oleh Redmi 2.

Seperti biasa, bagian depan atau muka ponsel Redmi Note 2 ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh berukuran 5,5 inci full HD, dan tiga tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Ketiga tombol kapasitif pada smartphone ini dilengkapi backlight untuk memudahkan penggunaan di tempat gelap.

Xiaomi menempatkan port 3,5mm, microphone, dan IR Blaster pada sisi atas ponsel Redmi Note 2. Sedangkan tombol power dan volume rocker ditempatkan disisi kanan ponsel. Bagian bawah smartphone Redmi Note 2 ini terdapat microphone dan port microUSB.

Bagian belakang smartphone Xiaomi Redmi Note 2 ini terdapat lubang kamera utama, LED flash, logo Xiaomi, dan speaker grill. Casing belakang smartphone Redmi Note 2 ini dapat dibuka untuk mengkses dan melepas baterai. Selain itu, kita dapat mengakses slot microSD, SIM 1, dan SIM 2 dengan melepas baterai terlebih dahulu. Kedua slot SIM nya menggunakan jenis microSIM.
Hands On Xiaomi Redmi Note 2
Xiaomi membekali Redmi Note 2 ini dengan layar sentuh berukuran 5,5 inci yang menggunakan teknologi panel IPS In-Plane Switching) yang cemerlang di kelasnya yang dijejali resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan 401 piksel per inci. Agak disayangkan, Xiaomi tidak menyebut adanya lapisan antigores di layar Redmi Note 2. Banyak yang meyakini bahwa smartphone ini dilengkapi dengan AGC Dragontrail untuk antigoresnya, tetapi belum dikonfirmasi secara resmi.

Tuxlin News cukup puas dengan impresi awal layar Redmi Note 2 ini. Layar IPS yang diusungnya mampu menghadirkan reproduksi warna yang menyenangkan, kontras yang oke, dan brightness yang cukup nyaman di mata. Viewing angle atau sudut pandang layar ponsel ini cukup luas. Performa layar Redmi Note 2 di bawah sinar matahari juga cukup baik, meski tak sebaik Mi 4i. Respon touchscreennya cukup sensitif.

Sisi performa merupakan salah satu keunggulan dari smartphone Xiaomi Redmi Note 2 ini menurut Tuxlin karena ditenagai oleh chipset flagship ke Redmi Note 2, yakni Helio X10 MT6795 yang didukung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 2GHz dan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 2GB. Sisi grafis, ponsel ini dipercayakan pada GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR G6200 MP4. Ponsel 4G ini mampu mencetak skor AnTuTu v6 mencapai 46.535 poin.

Baca juga:Evercoss A74C Jump, Android Quad Core Harga 500 Ribu-an

Setelah menggunakan smartphone Redmi Note 2 ini untuk keperluan komunikasi sehari-hari, Tuxlin News merasakan kinerjanya cukup memuaskan. Redmi Note 2 menunjukkan performa yang gegas, buka tutup aplikasi cepat, dan perpindahan menu yang smooth. Selain itu, Tuxlin juga menginstal cukup banyak aplikasi sosial media dan instant messenger dan tidak terlihat adanya penurunan performa pada Redmi Note 2 ini. Hal ini tak mengherankan mengingat chipset yang digunakan di atas rata-rata para pesaingnya.

Xiaomi Redmi Note 2 juga meningkat dari generasi sebelumnya dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3M2 berteknologi ISOCELL dengan dukungan lima elemen lensa aperture f/2.2 dan LED flash. Kamera Redmi Note 2 ini dilengkapi dengan phase-detection autofokus yang menawarkan kecepatan fokus hanya 0,1 detik saja. Redmi Note 2 juga dipersenjatai dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor besutan OmniVision untuk foto selfie dan video call.

Performa kamera smeartphone Xiaomi Redmi Note 2 ini cukup memuaskan dan hasilnya bagus di kelasnya. kecepatan autofokusnya gegas, warna yang dihasilkan juga natural. Sayangnya, kinerja kamera Redmi Note 2 saat malam hari kurang memuaskan. Xiaomi tampaknya perlu optimasi lebih mendalam untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki kamera Redmi Note 2 ini menurut Tuxlin News.

Harga Xiaomi Redmi Note 2

Harga smartphone Xiaomi Redmi Note 2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Tuxlin News terima adalah berkisar antara Rp 1,8 – 2,2 juta untuk varian TDD-LTE 16GB. Sedangkan Redmi Note 2 varian FDD-LTE 32GB lebih mahal, yakni Rp 2,6 juta-an saat artikel ini ditulis. Secara umum, spesifikasi smartphone Xiaomi Redmi Note 2 ini cukup mantap di kelasnya.

Berdasarkan hasil unboxing dan hands on Tuxlin News di atas, ponsel Redmi Note 2 ini sangat layak dipertimbangkan di kelasnya. Smartphone ini memiliki build quality yang lumayan bagus, kinerja yang tinggi, dan kamera yang baik di kelasnya. Sayangnya, berdasarkan pantauan Tuxlin sampai saat ini Xiaomi Redmi Note 2 yang beredar di Indonesia adalah garansi distributor.

Sampai saat ini Xiaomi Indonesia memang belum meluncurkan smartphone Redmi Note 2 ini. Menurut Tuxlin, jika konsumen tak masalah dengan garansi distributor, Redmi Note 2 ini sangat laik beli di kelas Rp 2 juta-an.

Beli smartphone Xiaomi dengan harga promo di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 2

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka MIUI 7
  • Chipset MediaTek Helio X10 MT6795M dengan prosesor 8 core atau octa-core ARM Cortex-A53 64-bit 2GHz
  • Grafis PowerVR G6200 MP4
  • Kamera 13 megapiksel dengan sensor Samsung, aperture f/2.2 phase-detection autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel dengan sensor OmniVision
  • Layar 5,5 inci, dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • Dimensi 152 x 76 x 8.3 mm berat 160 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3060mAh
  • Warna White, Blue, Yellow, Pink, Mint Green

Review Lengkap Xiaomi Redmi Note 2 Baca di Sini: