Saturday, November 7, 2015

Benchmark Alcatel Flash 2: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Benchmark Alcatel Flash 2 – Ponsel 4G Alcatel Flash 2 akhir-akhir ini tengah naik daun di pasar smartphone kelas menengah tanah air. Smartphone yang menggunakan tagline The Power of Green ini menonjolkan kemampuan kameranya yang mumpuni dengan resolusi 13  megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL yang diperkuat dengan fitur phase-detection autofokus dan dual-tone LED flash. Smartphone ini juga cocok untuk foto selfie berkaty kamera depan berkekuatan 5 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash.

Selain itu, smartphone 4G Alcatel Flash 2 ini juga menawarkan performa yang tak bisa dianggap remeh karena mengandalkan dukungan chipset MediaTek MT6753 yang didalamnya mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit dengan kecepatan 1,3GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta diperkuat grafis dari Mali-T720MP3. Lalu seperti apa kinerjanya? Berikut ini hasil benchmark Alcatel Flash 2 yang sudah Tuxlin News lakukan.


IMG_20151024_081231_HDR

Benchmark Alcatel Flash 2

CPU-Z
Aplikasi CPU-Z mampu menampilkan informasi yang akurat mengenai spesifikasi dapur pacu yang diusung oleh ponsel Alcatel Flash 2 ini, mulai dari chipset, prosesor, jumlah core, hingga sistem operasi yang digunakan. Namun, CPU-Z tampaknya salah mendeteksi karena Alcatel Flash 2 disebut menggunakan chipset MediaTek MT6735, padahal sebenarnya adalah MediaTek MT6753.
Geekbench 3
Pada benchmark Geekbench 3, ponsel Alcatel Flash 2 ini mampu menghasilkan skor 631 poin untuk Single-Core dan 2869 poin untuk Multi-Core. Tuxlin News menilai skor yang dihasilkan wajar untuk ponsel dengan prosesor ARM Cortex-A53. Sedangkan kinerja multi-core ponsel ini bisa dikatakan di atas rata-rata. Meski tak sehebat MT6752, ponsel dengan chipset MediaTek MT6753 ini masih merupakan upgrade yang sangat menarik bagi pengguna ponsel quad-core MT6582 atau octa-core MT6592, menurut Tuxlin News.
AnTuTu
Ponsel Alcatel Flash 2 ini mampu membukukan skor 35.370 poin dari benchmark yang Tuxlin News lakukan menggunakan aplikasi AnTuTu. Angka ini sebenarnya tak terlalu istimewa dan cenderung standar untuk ponsel dengan dukungan chipset dari MediaTek MT6753, tetapi lebih tinggi dari Meizu M2 Note. Jika dibandingkan dengan ponsel lain dengan chipset MediaTek MT6752 seperti Flash Plus, jelas Alcatel Flash 2 ini kalah cukup jauh. Namun menurut Tuxlin News, kinerja realapps Alcatel Flash 2 ini masih sangat mencukupi untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari atau gaming kelas menengah.

Baca juga:Benchmark Meizu M2 Note: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard
Vellamo
Pada benchmark Vellamo besutan Qualcomm, Alcatel Flash 2 mampu membukukan skor 2859 poin pada benchmark browser Chrome, 1022 poin pada benchmark Vellamo Metal, dan 1542 poin untuk Multicore. Ini menunjukkan bahwa ponsel besutan Alcatel yang kini dimiliki oleh TCL ini menawarkan spesifikasi kelas menengah yang cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari.
Screenshots Review Alcatel Flash 2 Tuxlin Blog13
Ponsel Infinix Alcatel Flash 2 ini mampu mencetak skor hingga 16.854 poin di benchmark Quadrant Standard. Menurut Tuxlin News, skor ini cukup standar untuk kelas kelas menengah yang ditenagai oleh chipset MediaTek MT6753.
Screenshots Review Alcatel Flash 2 Tuxlin Blog14Screenshots Review Alcatel Flash 2 Tuxlin Blog15
Layar ponsel Alcatel Flash 2 ini mampu mengakomodasi 5 sentuhan sekaligus dalam waktu bersamaan. Hal ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan kasual sehari-hari, seperti gaming, sosial media dan sebagainya. Sedangkan untuk sensor, Alcatel Flash 2 bisa dikatakan agak kurang untuk kelas menengah, karena hanya men gandalkan Sound Sensor, Light Sensor, dan Proximity sensor. Absennya magnetic sensor dan gyroscope sangat disayangkan.

Baca juga:Acer One Z1402, Laptop Celeron 2957U dilengkapi Windows 10

Berdasarkan benchmark di atas dan pengalaman penggunaan, Tuxlin News menilai performa ponsel Alcatel Flash 2 ini cukup mantap untuk kelas menengah. Skor benchmark yang dihasilkan memang tak setinggi pesaingnya yang menggunakan chipset MediaTek MT6752, seperti Flash Plus. Kinerjanya dalam menjalankan aplikasi sehari-hari sudah sangat nyam dengan ponsel Alcatel Flash 2 ini, tak pernah mengalami lag. Bahkan setelah terinstal banyak aplikasi tambahan sekalipun, penurunan performa tidak terlihat.

Harga Benchmark Alcatel Flash 2

Harga ponsel 4G LTE Alcatel Flash 2 terbaru di Indonesia adalah Rp 1.999.000 atau tepatnya 2 juta. Smartphone 4G besutan Alcatel ini dijual secara eksklusif melalui toko online Lazada Indonesia. Menurut Tuxlin News, Alcatel Flash 2 ini sangat layak dipertimbangkan di kelas menengah karena menawarkan kinerja yang cukup tinggi dengan kamera yang mumpuni.

Tak hanya itu, desain elegan dengan dukungan flip cover premium dalam paket pembeliannya menjadi nilai tambah bagi smartphone ini. Pesaing terdekat Flash 2 ini antara lain adalah Meizu M2 Note, Xiaomi Redmi Note 2, dan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Alcatel Flash 2 di Sini (Klik)untuk iOS/Android di Sini (Klik)

Spesifikasi Benchmark Alcatel Flash 2

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
  • Chipset MediaTek MT6753, prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit 1,3GHz
  • Grafis Mali-T720MP3
  • Kamera 13 megapiksel phase-detection autofokus dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3M2 dilengkapi dual-tone LED flash. Kamera depan 5 megapiksel autofokus dengan lensa wide-angle dilengkapi LED flash
  • Layar 5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB dilengkapi slot microSD maksimal 128GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi –
  • Baterai 3000mAh
  • Warna Volcanic Grey, Mica White

Review Lengkap Alcatel Flash 2 Baca di Sini