Ponsel Kamera Asus Zenfone C: Hands On & Unboxing

Ponsel Kamera Asus Zenfone C – Tuxlin News telah kedatangan smartphone Asus Zenfone C yang merupakan ponsel kamera 5 megapiksel dan membidik pasar entry-level. Ponsel cerdas Zenfone C ini juga sering disebut sebagai New Zenfone 4S karena kehadirannya menggantikan posisi Zenfone 4S generasi pertama yang sudah diskontinyu. vendor asal Taiwan ini tampaknya bermaksud untuk mengisi semua segmen pasar dengan menghadirkan varian ponsel yang cukup banyak. Asus menempatkan Zenfone C ini sebagai pengisi gap antara Zenfone 4 dan Zenfone 5 Lite, sekaligus bersaing ketat dengan Android One dan Acer Liquid Z410. Lalu seperti apa smartphone Zenfone C besutan Asus ini? berikut ini adalah penampakan ponsel Zenfone C.


IMG_20150515_155342

Unboxing Asus Zenfone C ZC451CG


Ponsel Asus Zenfone C ini hadir dengan desain boks yang sama seperti keluarga Zenfone generasi pertama. Ukuran boks Zenfone C ini sedikit lebih besar dari Lumia 430 yang lebih dahulu mampir di Tuxlin News. Hal yang agak aneh sebenarnya adalah nama, mengapa? Pada boks jelas tertulis nama “Zenfone C”. Namun, di Asus Store yang merupakan toko resmi Asus menyebut produk ini dengan nama New Zenfone 4S, hal ini berpotensi membuat konsumen bingung. Seharusnya Asus menerapkan penamaan yang seragam antara produk fisik dengan keteranganya di website. Paket pembelian Zenfone C ini sama seperti Zenfone lainnya, tidak dilengkapi dengan headset.

Paket Pembelian Asus Zenfone C ZC451CG

IMG_20150515_155449_HDR
  • Handset Asus Zenfone C ZC451CG
  • Baterai 2100mAh
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Hands On Asus Zenfone C ZC451CG

IMG_20150515_160338 Setelah selesai unboxing dan mengecek paket pembelian, Tuxlin News langsung menguji smartphone Zenfone C ini untuk mendapatkan impresi pertama. Smartphone Zenfone C yang hadir di Tuxlin News ini berwarna hitam. Kesan pertama memegang ponsel kamera PixelMaster ini adalah solid dan agak tebal. Sama seperti Zenfone 4 warna hitam, casing belakang Zenfone C ini menggunakan finishing doff yang terasa seperti ada lapisan karetnya saat dipegang. Asus sendiri menyebutnya sebagai Premium UV Coating. Sedangkan desain smartphone dengan kode ZC451CG ini cenderung sama seperti Zenfone generasi pertama lainnya. Sekilas, Zenfone C ini mirip dengan Zenfone 4 dengan ukuran yang sedikit lebih besar.

Tuxlin News kemudian menghidupkan Zenfone C ini dan melihat seperti apa kualitas layar yang diusung oleh Zenfone C. Asus membekali ponsel ini dengan layar berukuran 4,5 inci dengan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel yang menggunakan teknologi TFT kapasitif. Layar Zenfone C ini tidak dilengkapi dengan Gorilla Glass, melainkan dengan Stratch-resistant glass coating. Impresi pertama melihat layar Zenfone C ini adalah kurang tajam dan warnanya kurang nendang. Selain itu, sudut pandang atau viewing angle dari layar ponsel ini juga kurang mumpuni, hal ini wajar mengingat layarnya tidak menggunakan panel IPS. Kaca yang melapisi layar Zenfone C ini sangat reflektif, sehingga kadang agak mengganggu.
IMG_20150515_155707 IMG_20150515_155743
Asus menempatkan tombol power dan volume rocker pada sisi kanan ponsel. Sedangkan port audio 3,5mm berada di sisi atas, serta port microUSB berada di sisi bawah ponsel. Bagian depan Zenfone C ini terdapat sensor proximity, kamera depan, earpiece, layar sentuh 4,5 inci, dan tiga tombol kapasitif di bawah layar. Sedangkan bagian belakang terdapat lubang kamera, LED flash, speaker grill, dan logo ASUS. Tak seperti ponsel Asus Zenfone lainnya, baterai Zenfone C ini dapat dilepas. Bagian dalam terdapat dua slot microSIM dan microSD yang dapat diakses setelah melepas baterai.

Asus Zenfone C ditenagai prosesor Intel Atom Z2520 dual-core dengan kecepatan 1,2GHz yang didukung oleh memori RAM sebesar 1GB, serta grafis dari PowerVR SGX544MP2. Ponsel cerdas ini telah menjalankan OS Android 4.4 KitKat dengan balutan antarmuka ZenUI. Smartphone ini dijadwalkan akan menerima update Android 5.0 Lollipop pada bulan Juni 2015 mendatang.  Kinerja yang ditawarkan oleh Zenfone C ini bisa dikatakan standar di kelasnya, dengan skor AnTuTu benchmark 18.577 poin, setara dengan jajaran smartphone Android One.

Sisi kamera, Asus Zenfone C hanya dibekali dengan resolusi kamera utama 5 megapiksel yang fitur autofokus dan LED flash. Resolusi kamera Zenfone C memang lebih kecil dari Zenfone 4S, tetapi Asus memberikan kompensasi dengan dukungan Low-Light mode untuk memotret di tempat yang kurang cahaya. Sedangkan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel. kemampuan kamera Zenfone C ini bisa dikatakan biasa-biasa saja, Tuxlin News kurang tertarik dengan foto yang dihasilkan. Namun, hadirnya mode Low Light merupakan nilai tambah tersendiri.

Harga Asus Zenfone C ZC451CG

Harga ponsel kamera Asus Zenfone C terbaru di Indonesia adalah Rp 1.249.000. Namun, Tuxlin News melihat banyak counter atau toko ponsel yang menjual Asus Zenfone C ini dengan harga yang lebih mahal. Tuxlin menyarankan untuk membeli smartphone ini di toko resmi Asus atau Asus Store agar mendapat harga resmi. Secara umum, ponsel Asus Zenfone C ini menawarkan spesifikasi yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Asus Zenfone 4 dan menjadi pesaing kuat bagi Android One.

Spesifikasi Asus Zenfone C ZC451CG

  • Sistem Operasi Android 4.4 KitKat dengan antarmuka ZenUI
  • Chipset/prosesor Intel Atom Z2520 dual-core berkecepatan 1,2GHz
  • Grafis PowerVR SGX544MP2
  • Kamera 5 megapiksel autofokus, aperture f/2.0, LED flash. Kamera depan VGA
  • Layar 4,5 inci dengan resolusi FWVGA 854 x 480 pixels, kerapatan 218 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, TFT kapasitif LCD
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS , dual micro-SIM
  • Quad band GSM 850/900/1800/1900 & 3G 850/900/1900/2100
  • Dimensi 136.5 x 67 x 10.9 mm dengan berat 149 gram
  • Baterai 2100mAh
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi 2, Smartphone Dual SIM 4G LTE


Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog