Samsung Z1 Diluncurkan 18 Januari 2014, Gunakan OS Tizen

Samsung Z1 – Smartphone Samsung Z1 yang menggunakan nama sandi SM-Z130 kabarnya akan diluncurkan pada 18 Januari 2014 mendatang di India. Perlu diketahui, Samsung Z1 adalah smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Tizen OS yang dikembangkan oleh Samsung bersama Intel. Sebelumnya vendor asal Korea Selatan ini sempat memperkenalkan Samsung Z sebagai smartphone dengan OS Tizen pertama di dunia, tetapi akhirnya dibatalkan sebelum dirilis ke pasar tanpa ada alasan yang jelas.


Samsung Z1
Menggantikan seri Samsung Z, smartphone Samsung Z1 akan memulai debut Tizen OS di pasar smartphone dan membidik pasar low-end alias smartphone murah. Spesifikasi yang diusung oleh Samsung Z1 jauh berbeda dengan Samsung Z karena keduanya dikembangkan untuk pasar yang berbeda. Informasi terakhir mengenai Samsung Z1 adalah munculnya slideshow yang menamopilkan desain fisik dari smartphone dengan OS Tizen tersebut.

Secara umum, spesifikasi Samsung Z1 mirip dengan Samsung Galaxy V dengan sejumlah perbedaan. Ponsel cerdas Samsung Z1 ini mengandalkan layar berukuran 4 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel jenis TFT. Kinerja yang ditawarkan oleh Samsung Z1 bisa dikatakan tidak istimewa karena hanya mengandalkan prosesor dual-core yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 512MB saja.

Smartphone Samsung Z1 ini juga dibekali dengan kamera berkekuatan 3 megapiksel dengan fokus tetap. Melihat spesifikasi yang ditawarkan, rasanya sulit bagi Samsung Z1 untuk bersaing langsung dengan Android One.

Spesifikasi Samsung Z1

  • Sistem Operasi Tizen OS dengan antarmuka TouchWiz Essence UI
  • Chipset Spreadtrum SC7727S, dual-core ARM Cortex-A7 1,2GHz
  • Grafis Mali-400MP
  • Kamera belakang 3,2 megapiksel fixed focus, LED flash. Kamera depan VGA
  • Layar 4 inci, dengan resolusi WVGA 800 x 480 TFT kapasitif, 256K warna, kerapatan 233 piksel per inci
  • Memori RAM 512MB, Memori internal 4GB plus slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS/GLONASS, dual SIM  
  • Baterai 1500mAh

Rilis & Harga Samsung Z1

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, smartphone Samsung Z1 ini kemungkinan besar akan dirilis pada 18 Januari 2014 mendatang di India. kemungkinan negara berkembang lainnya juga akan disambangi oleh Samsung Z1. Harga Samsung Z1 kabarnya adalah $90 atau sekitar Rp 1,1 juta saja, lebih murah dari smartphone dengan platform Android One.

Sumber

Anda mungkin suka:Review Motorola Moto E, Android Murah Bersuara Kencang!