Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Daya IP Terbatas Membuat ISP yang Lebih Kecil Rentan Ancaman Dunia Maya

Sumber Daya IP Terbatas Membuat ISP yang Lebih Kecil Rentan Ancaman Dunia Maya - Selama beberapa tahun terakhir, Penyedia Layanan Internet (ISP) telah banyak berinvestasi dalam meningkatkan dan memperkuat infrastruktur keamanan mereka pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Terlepas dari infrastruktur keamanan canggih yang telah dipasang oleh ISP, sejumlah besar serangan telah membuat ISP yang lebih kecil rentan terhadap kegagalan jaringan, sambil menangani serangan individu. Setelah pemeriksaan lebih dekat tentang pemadaman listrik internet terkait keamanan siber, tampaknya kesalahan panggilan penilaian yang sulit sering kali berada di balik pemadaman.

Sumber Daya IP Terbatas Membuat ISP yang Lebih Kecil Rentan Ancaman Dunia Maya
credit: Unsplash


ISP sangat proaktif dalam peran mereka dalam keamanan siber melalui protokol perlindungan jaringan yang canggih, dukungan pelanggan yang ditingkatkan, dan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk membantu mengidentifikasi dan mencegah potensi ancaman. 

Baca juga:Realme C21Y Review: Performa Andal, Harga Terjangkau

Namun, kesalahan manusia tetap menjadi salah satu faktor yang mencegah manajemen serangan siber yang efektif tanpa menyebabkan gangguan besar. Menurut  survei oleh IBM, kesalahan manusia adalah penyebab utama dari 95% pelanggaran keamanan dunia maya.

Gustavas Davidavicius, Ketua Tim Pencegahan Penyalahgunaan di IPXO , juga mengulangi retorika ini dengan mencatat  Serangan DDoS terhadap Vocus NZ, penyedia layanan internet terbesar ketiga di Selandia Baru, yang terjadi beberapa bulan yang lalu dan membuat banyak pengguna yang ditahan menjadi offline.

“Tekanan karena harus membuat keputusan cepat dapat berdampak signifikan ketika mengelola pelanggaran keamanan. Dalam hal ini, tampaknya beberapa keputusan yang tidak menguntungkan menyebabkan menyaring banyak lalu lintas yang sah untuk semua, meninggalkan pengguna tanpa koneksi internet,” jelasnya.

Pakar tersebut juga menekankan, bahwa secara umum, ketahanan siber dan keandalan sumber daya internet perlu ditingkatkan, serta memperhatikan bagaimana IPXO dapat membantu upaya ini.

Baca juga:SSD VGen Platinum 512GB Review, Apakah Bagus dan Layak Beli?

“Ketahanan siber selalu menjadi salah satu prioritas utama, namun, tidak ada satu pun solusi terbaik yang dapat mengatasi semua masalah. Seperti halnya semua aktivitas terkait internet, cara terbaik untuk melindungi diri sendiri bervariasi berdasarkan kasus penggunaan dan cakupannya,” komentarnya.

“Mudah-mudahan, seiring berjalannya waktu, semua ISP akan terlindungi dengan baik dan membuat DDoS tidak lagi layak atau menguntungkan dengan cara apa pun. Namun, untuk mencapai ini, lebih banyak kumpulan alamat IPv4 saat ini harus didedikasikan untuk tujuan ini. Di sinilah IPXO melangkah, dengan memberikan para pakar pertahanan siber akses ke ruang IPv4 yang penting untuk ekspansi mereka.”

Davidavicius menyimpulkan dengan menguraikan bahwa setiap penyedia layanan yang ingin memperluas akan membutuhkan alamat IP tambahan untuk mempertahankan lebih banyak pengguna atau sekadar menambahkan lokasi baru. 

Memiliki akses ke kumpulan IPv4 yang lebih besar akan memungkinkan untuk tumbuh sebagai perusahaan, mengumpulkan lebih banyak sumber daya dan, akibatnya, menjadi lebih tangguh terhadap ancaman dunia maya yang disebutkan di atas. 

“Terakhir, ini juga akan memicu persaingan yang sehat, menurunkan hambatan masuk bagi perusahaan baru yang pada gilirannya memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen untuk dipilih.”

Anda mungkin suka:Langkah Upgrade Android 11 di Asus ROG Phone II

Post a Comment for "Sumber Daya IP Terbatas Membuat ISP yang Lebih Kecil Rentan Ancaman Dunia Maya"