Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prediksi 2022: Semikonduktor dan mineral penting akan menjadi medan pertempuran geopolitik utama tahun 2022

Prediksi 2022: Semikonduktor dan mineral penting akan menjadi medan pertempuran geopolitik utama tahun 2022 - Negara-negara akan lebih menyukai persaingan daripada kerja sama ketika ekonomi global pulih dari COVID-19, menurut GlobalData. Perusahaan data dan analitik terkemuka mencatat bahwa beberapa sektor – termasuk 5G, semikonduktor, farmasi dan baterai – akan tetap menjadi ruang yang mudah berubah untuk geopolitik selama bertahun-tahun yang akan datang.

Laporan terbaru GlobalData, 'Prediksi Teknologi, Media, dan Telekomunikasi 2022' , mengungkapkan bahwa semikonduktor dan mineral penting akan tetap menjadi kunci geopolitik medan pertempuran pada tahun 2022, dengan AS dan China mengintensifkan perjuangan mereka untuk mendominasi banyak industri teknologi inti dan sumber daya mineral yang mendukung mereka. 

Prediksi 2022: Semikonduktor dan mineral penting akan menjadi medan pertempuran geopolitik utama tahun 2022


Industri-industri ini akan tetap menjadi penggerak penting ekonomi global selama beberapa dekade mendatang dan dengan demikian negara-negara yang memimpin di dalamnya akan memiliki abad kedua puluh satu.

Baca juga:Review Kamera Realme C21Y, Triple Camera yang Bisa Diandalkan?

Daniel Clarke, Analis Tim Riset Tematik di GlobalData, mengomentari perselisihan semikonduktor dunia dan keunggulan China dalam rantai pasokan mineral:

Perselisihan semikonduktor

“Pada tahun 2022 ketergantungan global pada Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan (TSMC) akan tetap menjadi titik tersedak bagi ekonomi teknologi global.

“Sanksi chip AS akan menghambat China dalam jangka pendek, tetapi sanksi ini telah membuat China menginvestasikan lebih dari $1,4 triliun ke dalam teknologi canggih, termasuk upaya untuk menciptakan juara semikonduktor domestik mereka sendiri. Akibatnya, sanksi AS akan memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan yang memungkinkan China menjadi pemain semikonduktor global dan mandiri dalam jangka panjang.

“Keunggulan China di banyak sektor teknologi maju sangat mencolok, dan pembuat kebijakan AS dan Eropa mulai menyadari implikasi dari ketinggalan teknologi inti.

“GlobalData memperkirakan bahwa kekurangan chip global akan berlanjut hingga tahun 2022, tetapi akan meningkat pada semester kedua karena perusahaan semikonduktor AS dan Eropa meningkatkan kapasitas mereka.”

Melawan keunggulan China

“Dominasi mineral penting China, terutama yang digunakan dalam teknologi energi bersih, mirip dengan jenis cengkeraman yang dimiliki OPEC atas minyak di masa lalu. Karena mineral semakin penting karena kebutuhan transisi iklim, kebutuhan untuk mengembangkan rantai pasokan yang tangguh dan aman akan menjadi mustahil untuk diabaikan.

“Akibatnya, 2022 akan melihat negara-negara Barat mengintensifkan upaya untuk mengurangi ketergantungan mereka pada China untuk mineral penting yang digunakan di sektor teknologi, energi terbarukan, dan militer dengan mencari sumber alternatif. “Investasi dalam inisiatif sektor swasta dan disponsori negara untuk membangun rantai pasokan regional dan nasional akan menjadi lebih sering.

“Sederhananya, mengembangkan rantai pasokan mineral penting adalah hal mendasar dalam menjaga keamanan nasional, mencapai pembangunan berkelanjutan, dan mendorong kemakmuran teknologi. Cina, jauh sebelum Barat, menyadari mineral dan logam mana yang menjadi kunci masa depan, dan 'Inisiatif Sabuk dan Jalan' mereka telah mengkonsolidasikan keunggulan negara dalam mengendalikan sumber daya ini." 

"Tahun depan akan melihat penelitian dan investasi yang disponsori negara Barat untuk membangun rantai pasokan mineral kritis yang tangguh milik mereka sendiri.”

Anda mungkin suka:Review Mifa A3, Speaker Unik dengan Suara Asik!

Post a Comment for "Prediksi 2022: Semikonduktor dan mineral penting akan menjadi medan pertempuran geopolitik utama tahun 2022"