Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5G Bakal Kuasai 40% dari Pasar FWA pada tahun 2026

5G Bakal Kuasai 40% dari Pasar FWA pada tahun 2026 - Pasar Fixed Wireless Access (FWA) di seluruh dunia berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan konektivitas broadband berkecepatan tinggi untuk segmen bisnis dan konsumen. 5G FWA, platform kuat yang menyediakan layanan broadband seperti serat, akan mempercepat pasar FWA. 

Perusahaan intelijen teknologi global ABI Research memperkirakan bahwa pada tahun 2026, pasar FWA akan melampaui 180 juta langganan dan menghasilkan pendapatan US$70 miliar. Pasar FWA 5G kemudian akan mencapai 40% dari total pasar FWA.

credit: https://en.idate.org/


Baca juga:Mito MyBox S115 Review, Nggak Nyangka Sehebat Ini!

Karena penyebaran 5G terus berakselerasi, operator memanfaatkan teknologi 5G untuk menyediakan layanan FWA berkapasitas tinggi. Kecepatan tinggi dan latensi rendah yang didukung oleh jaringan 5G memungkinkan penyedia menawarkan alternatif yang menarik untuk layanan broadband tetap di area yang tidak terjangkau oleh broadband serat optik. 

“Layanan FWA 5G dapat diterapkan lebih cepat dan dengan biaya lebih rendah dibandingkan dengan pemasangan Fiber to the Home (FTTH). Time-to-market yang lebih cepat dengan CAPEX yang lebih rendah adalah keuntungan utama penerapan FWA untuk memperluas cakupan layanan dan meningkatkan adopsi,” jelas Khin Sandi Lynn, analis industri di ABI Research.

Peluncuran 5G yang berkembang pesat di Amerika Utara dan Eropa Barat diharapkan akan mendorong pasar 5G FWA karena operator menargetkan untuk menawarkan 5G FWA ke area yang tidak terjangkau oleh FTTH. Mempertimbangkan ukuran basis pengguna DSL di Amerika Utara dan penetrasi FTTH yang rendah di Eropa Barat, peluang untuk layanan 5G FWA sangat signifikan. 

Namun, meskipun penetrasi broadband tetap terbatas di pasar negara berkembang, penerapan 5G yang berpotensi tertunda akan membuat LTE menjadi layanan FWA yang dominan pada periode perkiraan. Pada tahun 2026, gabungan Amerika Utara dan Eropa akan mewakili hampir 60% dari langganan FWA 5G global.

Sebagian besar penerapan 5G FWA saat ini menggunakan mid-band. Namun, mmWave semakin diminati karena bandwidth yang lebih tinggi yang tersedia dalam pita mmWave dapat mendukung kecepatan pita lebar FWA yang bersaing dengan teknologi serat optik dan DOCSIS. Verizon adalah pengadopsi awal layanan 5G FWA di mmWave. 

Baca juga:Pengalaman Pakai Sony Xperia XZ1 AU Ex Jepang

Operator lain termasuk Seluler AS dan Fastweb di Italia juga merencanakan peluncuran 5G FWA menggunakan mmWave. Meskipun mmWave mendukung kapasitas yang menjanjikan, operator kemungkinan akan menggunakan campuran mmWave dan mid-band untuk menyeimbangkan kecepatan dan jangkauan. Pilihan spektrum akan tergantung pada kebutuhan pasar seperti permintaan bandwidth dan kepadatan penduduk di wilayah sasaran.

Selain memilih pita spektrum yang tepat agar sesuai dengan permintaan pasar, menetapkan strategi untuk memonetisasi layanan FWA secara efisien sangat penting bagi penyedia layanan. “Membentuk paket FWA yang sesuai dengan bandwidth dan permintaan data serta bundling dengan layanan bernilai tambah dapat meningkatkan tingkat adopsi. 

Penyedia layanan juga harus mengeksplorasi layanan inovatif untuk menangkap peluang penciptaan pendapatan, seperti cloud gaming, streaming video resolusi tinggi, aplikasi berbasis AR/VR untuk hiburan dan perawatan kesehatan. Kemampuan untuk menawarkan layanan tersebut dapat mendorong permintaan untuk layanan 5G FWA serta memungkinkan penyedia layanan untuk meningkatkan pendapatan,” Lynn menyimpulkan.

Temuan ini berasal dari Strategi Operator FWA ABI Research : 4G, 5G, mmWave, dan laporan analisis aplikasi Teknologi Alternatif . Laporan ini merupakan bagian dari layanan penelitian 5G dan Infrastruktur Jaringan Seluler perusahaan , yang mencakup penelitian, data, dan ABI Insights . Berdasarkan wawancara utama yang ekstensif, laporan Analisis Aplikasi menyajikan analisis mendalam tentang tren pasar utama dan faktor-faktor untuk teknologi tertentu.

Anda mungkin suka:Review Kamera Poco F3 Berkekuatan 48MP dengan Sensor Sony IMX582

Post a Comment for "5G Bakal Kuasai 40% dari Pasar FWA pada tahun 2026"