Unboxing ZTE Blade A5: Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Unboxing ZTE Blade A5 – Smartphone ZTE Blade A5 yang mendarat di Tuxlin News beberapa waktu lalu merupakan smartphone entry-level yang sebenarnya masih cukup menarik. Smartphone Blade A5 ini sebenarnya adalah reinkarnasi dari ponsel 4G LTE (Long Term Evolution) Bolt Powerphone. Meski saat ini telah menyandang nama yang berbeda, ponsel ZTE Blade A5 ini sebenarnya masih mendukung 4G LTE.

Sayangnya, frekuensi 4G yang didukung hanya sebatas milik Bolt saja. Hal inilah yang mungkin menjadi alasan ZTE untuk menjadikan Blade A5 sebagai ponsel 3G. Di situs resmi ZTE Indonesia menyebutkan Blade A5 hanya mendukung 3G HSPA saja. Penasaran? Simak ulasan hands on dan unboxing ZTE Blade A5 oleh Tuxlin News kali ini.


Unboxing ZTE Blade A5

Unboxing ZTE Blade A5

Smartphone ZTE Blade A5 ini hadir dengan boks berukuran kecil, sama seperti ponsel masa kini lainnya. Hal yang unik adalah boks ZTE Blade A5 ini bergambar mobil sport berwarna merah. Ini sepertinya ZTE ingin menunjukkan bahwa Blade A5 ini menawarkan performa yang kencang bagai sebuah mobil sport. Tentunya, hal ini tak sepenuhnya benar mengingat SoC (System on Chip) yang digunakan oleh ponsel ini relatif ketinggalan zaman.

Beruntung, kapasitas RAM 2GB cukup membantu mendongkrak kinerjanya. Perlengkapan dalam paket pembelian ZTE Blade A5 ini terbilang lengkap dengan hadirnya headset lengkap dengan earbud tambahan.

Paket Pembelian ZTE Blade A5

Paket Pembelian ZTE Blade A5
  • ZTE Blade A5 V9820
  • Baterai 2300mAh
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset IEM (In-Ear Monitor) + earbud tambahan
  • Kartu garansi
  • Booklet manual
Baca juga:Benchmark ZTE Blade A5: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Hands On & Impresi Pertama ZTE Blade A5

Impresi Pertama ZTE Blade A5
Hands on atau impresi pertama Tuxlin News ketika memegang ZTE Blade A5 ini adalah nyaman digenggam, tetapi agak licin. Sebagai ponsel dengan layar 5 inci, bobot Blade A5 ini terbilang lumayan karena mencapai 150 gram. Smartphone ZTE Blade A5 ini mengusung desain yang membulat dengan sudut timpul yang membuatnya nyaman digenggam.

Sekilas, desain ponsel Blade A5 andalan ZTE ini mirip dengan Motorola Moto series generasi pertama. ZTE Blade A5 ini dibalut dengan casing berbahan plastik dengan finishing glossy. Meski tak terkesan murahan saat digenggam, finishing glossy pada ZTE Blade A5 ini mengundang jejak sidik jari, rawan tergores, dan agak licin.  Desain ;ubang kameranya memang agak menonjol, sehingga rawan tergores lensanya.

Sisi depan ZTE Blade A5 V9820 ini terdapat LED notifikasi (sudut kiri atas), lubang kamera depan, sensor proximity, earpiece, ambient light sensor, layar sentuh berukuran 5 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps. Ketiga tombol kapasitif tersebut tidak dilengkapi dengan backlight.

Sedangkan sisi belakang, Blade A5 andalan ZTE ini terdapat lubang kamera utama, LED flash, logo ZTE, dan lubang speaker. Pabrikan asal Tiongkok ini menempatkan tombol volume rocker dan port microUSB pada sisi kanan ponsel, sedangkan sisi kiri ponsel terdapat tombol power. Sisi bawah ponsel murah meriah ini terdapat lubang micrphone. Sedangkan sisi atas ponsel terdapat port audio 3,5mm.

Blade A5 ini dilengkapi dengan fasilitas dual SIM dan slot microSD oleh ZTE. Pengguna harus terlebih dahulu melepas casing belakangnya untuk dapat mengakses ketiga slot tersebut. Dua slot SIM dapat diakses dengan melepas baterai terlebih dahulu. Sedangkan slot microSD dapat diakses melalui sisi samping kanan tanpa harus melepas baterai. Removable baterai atau baterai yang dapat dilepas merupakan salah satu kelebihan bagi sebagian orang.
Impresi Pertama ZTE Blade A5
Ponsel Blade A5 besutan ZTE ini didukung oleh layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menggunakan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) yang menawarkan kerapatan mencapai 294 piksel per inci, tanpa kehadiran lapisan antigores. Kualitas layar Blade A5 menurut Tuxlin News cukup baik di kelasnya, hanya saja warna yang dihasilkan agak warm dan sedikit redup ketika menggunakan brightness auto.

Baca juga:Unboxing Accessgo Gotune 3: Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Kinerja ZTE Blade A5 V9820 ini relatif standar menurut Tuxlin Blog karena mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 400 MSM8926 yang didukung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB. Sisi grafis, smartphone ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 305.

Meski dibekali dengan chipset yang sudah ketinggalam zaman, duet prosesor quad-core dan RAM 2GB tetap mampu menunjukkan kelasnya di segmen entry-level. Penggunaan sehari-hari cukup smooth dan minim lag. Saat digunakan dalam waktu lama atau menjalankan tugas yang berat seperti bermain game, ZTE Blade A5 V9820 ini relatif hangat saja. Skor AnTuTu v6 yang dihasilkan oleh ponsel ini terbilang lumayan, yakni 18.871 poin.

Sisi kamera, Blade A5 bisa di atas rata-rata di kelasnya dengan dipersenjatai oleh kamera depan berkekuatan 2 megapiksel untuk foto selfie dan kamera belakang 13 megapiksel lengkap dengan fitur autofokus lengkap dengan LED flash. Impresi awal, hasil kameranya memang standar di kelasnya.

ZTE membekali Blade A5 dengan memori internal berkapaasitas 8GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GB. Ponsel ini disokong baterai berkapasitas 2300mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Harga ZTE Blade A5

Harga smartphone ZTE Blade A5 terbaru di Indonesia berdasarkan pantauan Tuxlin News adalah Rp 1.299.000 atau tepatnya Rp 1,3 juta. Spesifikasi yang diusung oleh Blade A5 ini cukup bersaing dan bisa dikatakan masuk akal harganya menurut Tuxlin. Berdasarkan hasil unboxing yang Tuxlin News lakukan, ponsel ZTE Blade A5 ini menawarkan build quality yang solid dikelasnya, meski casing glossynya lawag terkena goresan dan licin.

Dukungan prosesor quad-core yang ditandemkan dengan memori RAM 2GB menjadi daya tarik utama dari ponsel Blade A5 besutan vendor asal Tiongkok ini. Sayangnya, SoC dan sistem operasi yang digunakan oleh smartphone Android ZTE Blade A5 ini terbilang agak ketinggalan. Terlepas dari itu, ZTE Blade A5 ini masih cukup laik dipertimbangkan di kelasnya.

Spesifikasi ZTE Blade A5

  • Sistem Operasi Android 4.4 KitKat
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 400 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,2GHz
  • Grafis Adreno 305
  • Kamera 13 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 2 megapiksel fixed focus
  • Layar 5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel.
  • Memori RAM 2GB, ROM 8GB dilengkapi slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, Dolby Audio
  • GSM / 3G HSDPA  / 4G LTE (TDD-LTE 2300MHz)
  • Dimensi 143 x 71 x 9.8 mm berat 150 gram
  • Baterai 2300mAh
  • Warna Hitam & Putih

Review Lengkap ZTE Blade A5 Baca di Sini:

Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog