Monday, March 28, 2016

Menjajal Fitur Action Gesture di Infinix Zero 3 X552

Fitur Action Gesture Infinix Zero 3 X552 – Pada artikel kali ini, Tuxlin News akan membahas salah satu fitur andalan smartphone Infinix yang jarang digunakan oleh pengguna. Fitur tersebut adalah Action Gesture. Berdasarkan informasi yang Tuxlin News terima, hampir semua smartphone Infinix memilki fitur Action Gesture ini, kecuali seri Hot 2.

Pada ulasan kali ini Tuxlin News menggunakan smartphone Infinix Zero 3 X552 yang merupakan flagship terbaru vendor tersebut yang mengusung kamera belakang berkekuatan 20,7 megapiksel. Secara umum, fitur Action Gesture pada ponsel Infinix ini bukanlah hal yang baru mengingat para pesaingnya seperti Oppo, Asus, dan brand lainnya juga memiliki fitur serupa dengan nama yang berbeda. Penasaran dengan fitur Action Gesture di Infinix Zero 3 X552? Simak ulasan Action Gesture oleh Tuxlin News berikut ini.


Fitur Action Gesture di Infinix Zero 3 X552

Cara Mengaktifkan Fitur Action Gesture

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur unik Action Gesture pada ponsel Infinix ini? Berdasarkan pantauan Tuxlin News, fitur ini secara default sudah aktif dan siap digunakan di ponsel Infinix. Namun, ada beberapa bagian yang perlu setingan atau pengaturan lebih lanjut.

Pada dasarnya, mengaktifkan fitur Action Gesture di ponsel Infinix ini cukup simpel, yakni masuk menu Settings > Action. Setelah masuk ke menu Action, kita dapat memilih fitur apa saja yang diaktifkan. Fitur Action Gesture sendiri terdiri dari beberapa bagian, antara lain adalah Tap to Wake, Quick Start, One-hand Mode, dan Take screenshot with 3 fingers.

Fitur Tap to Wake

Fitur Tap to Wake ini tentu sudah tak asing lagi bagi pengguna smartphone Android karena sebagian besar ponsel Android memiliki fitur ini. Fitur Tap to Wake yang berfungsi untuk menghidpukan layar yang terkunci dengan mengetuknya sebanyak dua kali.

Fitur ini sebenarnya serupa dengan Tap to Wake pada ponsel Android lainnya atau KnockOn pada smarthone besutan LG, Double tap to Wake di Xiaomi, dan banyak lagi.

Baca juga:Review Kamera Infinix Zero 3 X552 Bersensor Sony IMX230

Fitur Quick Start

Quick Start
Fitur Quick Start memungkinkan kita mengakses menu atau fungsi tertentu saat layar ponsel dalam keadaan terkunci dengan menggambar huruf tertentu di layar. Misalnya saat layar terkunci, Tuxlin News menggambar huruf W ke layar, maka ponsel akan secara otomatis mengaktifkan aplikasi WhatsApp. Pada ponsel Infinix Zero 3 X552 yang Tuxlin News gunakan, terdapat 8 preset Quick Start yakni:
  • Menggambar huruf c untuk mengakses Camera
  • Menggambar huruf muntuk mengakses Music
  • Menggambar huruf w untuk mengakses WhatsApp
  • Menggambar huruf v untuk mengakses default none (perlu diatur) 
  • Menggambar huruf z untuk mengakses default none (perlu diatur)
  • Menggambar huruf o untuk mengakses default none (perlu diatur)
  • Menggambar huruf e untuk mengakses default none (perlu diatur)
  • Menggambar huruf s untuk mengakses default none (perlu diatur)
Bagaimana jika tidak senang atau tidak cocok dengan pengaturan default yang ada? Tenang saja, pengguna dapat melakukan kostumisasi setiap shortcut yang ada pada fasilitas Quick Start ini, caranya? Cara kostumisasi Quick Start ini cukup mudah, yakni cukup sentuh shortcut yang diinginkan, dan kemudian ganti fungsinya.

Misal ingin mengganti shortcut touch gesture W yang secara default adalah meluncurkan WhatsApp, tap saja pada W to, kemudian pilih app yang diinginkan. Hal ini berlaku untuk semua fungsi atau shortcut di Quick Start pada smartphone Infinix.

Secara default, baru tiga preset huruf saja yang sudah ada fungsinya. Sedangkan huruf lainnya secara default belum di set fungsinya. Pengguna dapat melakukan pengaturan untuk memilih fungsi yang diinginkan atau dibutuhkan.

Baca juga:Review Evercoss Winner T+ Compo A74E: Big Speaker

Fitur Onehand Mode

Fitur Onehand Mode
Fitur andalan lain yang terintegrasi dalam Action Gesture pada smartphone Infinix adalah One-handed Mode. Tentunya pembaca Tuxlin News tak asing lagi dengan fitur ini. Smartphone dengan layar berukuran besar seperti Infinix Zero 3 X552 memang memerlukan fitur ini. One-hand mode ini akan mengubah ukuran menu dalam layar menjadi ukuran 4,7 inci atau 4 inci sesuai kebutuhan pengguna.

Setelah ukuran layar berubah, pengguna dapat leluasa menggunakan smartphone infinix dengan satu tangan saja. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini? Cara mengaktifkan fitur One-hand mode ini cukup mudah, yakni cukup slide tombol home ke kanan atau kekiri sesuai kebutuhan.

Baca juga:Menjajal Fitur Gesture Smart Access di Smartphone Evercoss

Fitur 3 Fingers Screenshot

Fitur terakhir yang dimiliki oleh Action Gesture besutan Infinix ini adalah Take screenshot with 3 fingers. Fitur ini juga dimiliki oleh beberapa smartphone dari vendor lain dengan nama 3 Fingers Screenshot. Fitur ini memungkinkan pengguna mengambil screenshot dengan cara yang sangat mudah, yakni lakukan slide down layar dengan tiga jari, maka screenshot akan secara otomatis diambil.

Spesifikasi Infinix Zero 3 X552

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka XUI
  • Chipset MediaTek Helio X10 MT6795M dengan prosesor 8 core atau octa-core ARM Cortex-A53 64-bit 2GHz
  • Grafis PowerVR G6200 MP4
  • Kamera 20,7 megapiksel dengan sensor Sony IMX230, aperture f/2.2, phase-detection autofokus dilengkapi dual-tone LED flash. Kamera depan 5 megapiksel, LED Flash
  • Layar 5,5 inci, dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 401 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 3GB, ROM 16GB/32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 128GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • Dimensi 142 x 70.2 x 7.1 mm berat 120 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3030mAh
  • Warna Gold dan Grey
  • Anda dapat membeli atau cek harga Infinix Zero 3 warna Abu-Abu di Sini (klik) atau warna Gold di sini (Klik).

Review Lengkap Infinix Zero 3 X552 Baca di Sini: