Unboxing Lenovo A1000: Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Unboxing Lenovo A1000 – Beberapa waktu lalau Tuxlin News kedatangan smartphone Lenovo A1000. Seperti yang pembaca ketahui, smartphone Lenovo A1000 ini didesain khusus untuk membidik pasar entry-level atau kelas bawah. Ponsel yang mengusung penampilan mirip Lenovo A2010 ini ternyata sukses menarik perhatian konsumen.

Hal ini menurut Tuxlin tak terlepas dari spesifikasi dan harga yang ditawarkan oleh ponel besutan vendor asal Tiongkok. Ponsel Lenovo A1000 ini hadir dalam dua varian warna, yakni hitam dan putih. Pada ksemepatan kali ini, Tuxlin mendapat unit smartphone Lenovo A1000 varian warna putih. Berikut ini adalah ulasan, unboxing, dan hands on singkat mengenai smartphone Lenovo A1000 yang mengusung OS Android Lollipop.


Unboxing Lenovo A1000

Unboxing Lenovo A1000

Tuxlin News kali ini membeli smartphone Lenovo A1000 di toko online MM yang menawarkan kelebihan pada free ongkir atau bebas ongkos kirim. Kurang lebih tiga hari setelah pemesanan dilakukan, smartphone Lenovo A1000 ini akhirnya mendarat di markas Tuxlin News.

Sama seperti ponsel Lenovo lainnya, seri A1000 ini juga hadir dengan desain boks yang sama dengan warna dominan putih. Seperti biasa, Tuxlin News segera membuka dan melakukan unboxing untuk mengecek kelengkapan dan fungsionalitas dari unit smartphone yang Tuxlin news terima.

Baca juga:Benchmark Lenovo A1000: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Paket Pembelian Lenovo A1000

Paket Pembelian Lenovo A1000
  • Ponsel Lenovo A1000
  • Baterai 2000mAh
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset
  • Booklet manual
  • Kartu garansi

Hands On & Impresi Pertama Lenovo A1000

Impresi Pertama Lenovo A1000
Smartphone Lenovo A1000 memang didesain untuk pasar kelas bawah atau low-end. Akan tetapi, saat pertama kali Tuxlin News memegang ponsel ini, kesannya tidak murahan. Build quality smartphone 3G HSPA besutan Lenovo ini terbilang solid untuk kelas Rp 900 ribu-an. Ukuran atau dimensi ponsel Lenovo A1000 ini relatif kecil, setara dengan Smartfren Andromax Es yang pernah Tuxlin ulas sebelumnya.

Ukuran yang kecil ini disebabkan layar sentuh yang diusung Lenovo A1000 juga termasuk kecil untuk ponsel pintar masa kini, yakni 4 inci. Hal ini seperti pedang bermata dua. Di sisi lain, pengguna dengan tangan kecil lebih leluasa dan nyaman menggunakan Lenovo A1000.

Sebaliknya, pengguna dengan tangan berukuran besar relatif kurang nyaman dengan ponsel ini. Casing plastik yang digunakan oleh Lenovo A1000 cukup tebal dan finishing semi mate ini membuatnya tak terlalu licin jika dibandingkan dengan finishing glossy.

Berdasarkan pengamatan Tuxlin News, sisi depan ponsel Lenovo A1000 terdapat lubang kamera depan, earpiece, layar sentuh berukuran 4 inci, mikrofon, dan tiga tombol kapasitif yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back. Kabar buruknya, ketiga tombol kapasitif smartphone murah ini tidak dilengkapi dengan backlight atau cahaya latar. Ini tentunya menjadi kekurangan tersendiri bagi A1000, etrutama bagia yang sering menggunakannya di tempat kurang cahaya.

Lenovo menempatkan lubang kamera utama, LED flash, logo Lenovo, dan speaker grill atau lubang speaker di sisi belakang ponsel. Sedangkan port audio 3,5mm dan port microUSB terletak di sisi atas ponsel. lenovo membekali ponsel ini dengan fitur dual SIM dan slot microSD.

Sama seperti smartphone lainnya, kita harus membuka casing belakang terlebih dahulu dan melepas baterai untuk mengakses ketiga slot tersebut. Slot microSD berlokasi di atas baterai. Sedangkan dua slot SIM juga berada di atas baterai, tetapi menggunakan konstruksi bertumpuk. Konstruksi seperti ini memang agak aneh, tetapi sudah ramai diadopsi oleh vendor ponsel lokal maupun global.

Baca juga:Asus ROG GL752VY-GC344T, Laptop Gaming Pamungkas Masuk Indonesia
Hands On Lenovo A1000
Smartphone Lenovo A1000 ini dibekali dengan layar sentuh berteknologi panel TN (Twisted Newmatic) TFT LCD dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel berukuran 4 inci yang menawarkan kerapatan layar mencapai 233 piksel per inci. Smartphone murah meriah besutan Lenovo ini menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Impresi awal kualitas layar smartphone seri A1000 ini relatif standar menurut Tuxlin News. Layarnya memang mampu menghasilkan warna yang baik di kelas entry-level, tetapi sudut pandangnya terbatas. Kinerja saat digunakan di bawah sinar matahari juga kurang baik. Ini sebenarnya wajar untuk smartphone kelas entry-level, tetapi layarnya kalah kualitas dengan Andromax Es yang harganya lebih murah.

Ponsel Lenovo A1000 ini mengusung spesifikasi dapur pacu yang standar dengan mengandalkan dukungan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz dari chipset Spreadtrum SC7731 yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Grafis ponsel ini dipercayakan pada Mali-400MP.

Kesan pertama kinerja smartphone A1000 ini cukup memuaskan Tuxlin, setidaknya untuk kebutuhan komunikasi dan menjalankan aplikasi sehari-hari. Buka tutup aplikasi dan perpinsahan menu cukup smooth, tanpa terlihat adanya lag. ketika beberapa aplikasi sudah ditambahkan, lag memang terlihat tetapi tak mengganggu atau masih dalam batas toleransi.

Lenovo membekali A1000 dengan kamera utama resolusi 5 megapiksel tanpa kehadiran fitur autofokus, tetapi dilengkapi LED flash. Kamera depan A1000 berkekuatan 0,3 megapiksel. Absennya dukungan autofokus merupakan kelemahan yang cukup mengganggu menurut Tuxlin. Para pesaingnya di kelas yang sama rata-rata sudah dibekali fitur autofokus.

Impresi awal performa kamera Lenovo A1000 ini agak mengecewakan menurut Tuxlin News. Secara umum, hasil jepretannya masih kalah dengan pesaingnya seperti Andromax Es dan Huawei Y3 Batik yang pernah Tuxlin ulas sebelumnya. Kinerja kamera saat malam hari juga terbilang mengecewakan.

Baca juga:Lenovo IdeaPad 300-141SK, Laptop Multimedia Bertenaga Intel Skylake

Harga Lenovo A1000

Harga ponsel 3G Lenovo A1000 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Tuxlin News himpun adalah Rp 959.000. Secara umum, harga yang ditawarkan oleh ponsel cerdas Lenovo A1000 ini cukup masuk akal menurut Tuxlin. Pabrikan asal Tiongkok ini memang mendesain Lenovo A1000 untuk kelas entry-level yang mana kebanyakan penggunanya adalah user pemula.

Berdasarkan hasil unboxing dan hands on Lenovo A1000 di atas, Tuxlin News menilai bahwa Lenovo A1000 cukup laik dipertimbangkan. Spesifikasi dan build quality ponsel ini cukup baik di kelasnya, desainnya juga tak buruk. Ponsel ini sangat cocok bagi pengguna pemula atau yang menginginkan smartphone Android berkinerja memadai dengan harga yang terjangkau. Untuk kebutuhan komunikasi dasar, Lenovo A1000 ini sudah cukup nyaman.

Beli Lenovo A1000 dengan harga promo di sini (Klik)

Spesifikasi Lenovo A1000

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop
  • Chipset Spreadtrum SC7731 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz
  • Grafis Mali-400MP2
  • Kamera belakang 5 megapiksel fixed focus, LED Flash. Kamera depan 0,3 megapiksel
  • Layar 4 inci, dengan resolusi WVGA 480 x 800 pixels TFT LCD, kerapatan 233 ppi
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB, slot micro SD hingga maksimal 32GB.
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM,
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 124.5 x 64 x 10.6 mm berat 132 gram
  • Baterai 2000mAh
  • Warna Hitam & Putih

Review Lengkap Lenovo A1000 Baca di Sini:

Artikel Tuxlin News Lainnya :

Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog