Tuesday, September 22, 2015

Meizu M2 Note: Unboxing, Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga

Unboxing Hands On Meizu M2 Note – Beberapa waktu lalu smartphone Meizu M2 Note telah mendarat dengan selamat di markas Tuxlin News. Seperti yang kita ketahui, ponsel ini menawarkan spesifikasi yang cukup gahar di kelasnya dan ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Meizu M2 Note di Indonesia hadir dalam dua varian warna, yakni grey dan white. Kebetulan Tuxlin News kedatangan kedua varian warna Meizu M2 Note. Smartphone ini hadir dengan dukungan prosesor octa-core 64-bit dan dipadukan dengan RAM 2GB untuk mendukung performanya. Sektor layar, Meizu M2 Note juga cukup mumpuni dengan teknologi IGZO berukuran 5.5 inci dengan resolusi full HD. Kamera yang dusung oleh ponsel ini juga cukup mumpuni di kelasnya. Penasaran dengan Meizu M2 Note? Simak ulasan Unboxing, Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga Meizu M2 Note.



IMG_20150828_165950_HDR

Unboxing Meizu M2 Note

Berbeda dengan kebanyakan ponsel masa kini yang hadir dengan dus berukuran kecil, Meizu M2 Note ini malah hadir dengan dud boks berukuran cukup besar berawarna putih. Kesan pertama Tuxlin News melihat boks ponsel ini adalah mewah dan elegan. Tuxlin kemudian melakukan unboxing ponsel ini untuk mengecek kelengkapan dan fungsionalitas ponsel untuk memastikan barang yang diterima berfungsi sempurna. Ponsel ini tidak dilengkapi headset pada paket penjualannya dan terdapat tulisan “earphone not included”. Berikut ini adalah paket penjualan ponsel Meizu M2 Note.

Paket Pembelian Meizu M2 Note

IMG_20150818_134919_HDR
  • Handset Meizu M2 Note
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Booklet manual (bahasa Indonesia di luar boks)
  • Kartu garansi (di luar boks)

Hands On & Impresi Pertama Meizu M2 Note

IMG_20150828_165737_HDR
Impresi pertama Tuxlin News memegang ponsel Meizu M2 Note ini adalah ukurannya kompak, ringan, dan nyaman digenggam. Meski ponsel ini mengusung layar sentuh berukuran 5.5 inci, Tuxlin News tidak merasa kesulitan menggenggamnya. Smartphone ini dibalut dengan casing plastik unibody dengan sudut yang membulat. Untuk varian warna grey, casing belakang menggunakan finishing matte. Sedangkan untuk varian warna white, casing belakangnya menggunakan finishing glossy yang licin dan agak mirip dengan iPhone 5C. Secara umum, Tuxlin News menyukai desain Meizu M2 Note dengan bezel yang cukup ramping di kelasnya, dan bobot yang ringan.

Bagian depan Meizu M2 Note terdapat layar sentuh berukuran 5,5 inci yang dilindungi oleh lapisan antigores dari AGC DragonTrail (info dari website resmi Meizu), sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, dan tombol Home yang disebut dengan mBack. Tombol mBack ini tampil manis dengan cincin berawarna krom yang menarik dan memiliki tiga fungsi, yakni apabila disentuh akan berfungsi sebagai Back dan jika ditekan akan kembali ke Home, serta apabila ditekan lama akan mengunci layar. Bagian belakang ponsel Meizu M2 Note ini terdapat lubang kamera, dual-tone LED flash, dan logo Meizu di bagian bawah.

Sisi kanan ponsel terdapat slot SIM 1, SIM 2, dan microSD. Sama seperti ponsel unibody lainnya, kita harus pakai SIM ejector untuk menarik baki slot tersebut keluar dari badan ponsel. Sedangkan sisi kanan ponse Meizu M2 Note, terdapat tombol volume rocker dan dan tombol power. Sedangkan bagian atas terdapat port audio 3,5mm dan lubang microphone. Sisi bawah ponsel terdapat lubang speaker, port micro USB, dan micrphone. Sama seperti ponsel masa kini lainnya, ponsel ini dibekali dengan baterai yang bersifat non-removable. Ini berarti pengguna tidak dapat melepas baterai ponsel tanpa bantuan alat khusus atau teknisi.
IMG_20150828_170025_HDR
Baca juga:Benchmark Meizu M2 Note: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Pabrikan asal Tiongkok ini membekali ponsel ini dengan layar sentuh berukuran 5,5 inci yang disematkan teknologi panel IGZO (Indium Gaillium Zinc Oxide) dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan mencapai 403 piksel per inci. Ini berbeda dengan ponsel lainnya yang rata-rata mengandalkan dukungan layar berteknologi panel IPS (In-Plane Switching).  Berdasarkan pengamatan yang Tuxlin News lakukan, layar ponsel ini mampou menghasilkan warna yang natural, tetapi tidak terlalu vivid. Karakteristik warna layar M2 Note ini agak warm atau kuning, itu tak masalah… Ketika digunakan di bawah sinar matahari, layar ponsel ini menunjukkan performa yang baik. Meizu juga membekali layar ponsel ini dengan lapisan antigores AGC DragonTraill Glass.

Sisi kinerja, Meizu M2 Note ini mengandalkan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz dari chipset MediaTek MT6753 dan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta grafis gahar dari Mali-T720MP3. Jika dibandingkan dengan Meizu M1 Note yang notabene adalah pendahulunya, ponsel ini menawarkan kinerja yang lebih rendah. M2 Note mampu mencetak skor AnTuTu 31.719 poin, bandingkan dengan M1 Note yang tembus hingga 40 ribu poin. Terlepas skor AnTuTu yang lebih rendah, performa yang dihasilkan ponsel ini untuk kebutuhan sehari-hari sudah lebih dari cukup. Selama menggunakan ponsel ini, Tuxlin jarang sekali merasakan lag karena perpindahan menu dan buka tutup aplikasi berjalan dengan smooth.
IMG_20150828_165902_HDR
Meizu M2 Note mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan aperture f/2.2 dengan sensor Samsung lengkap dengan LED flash dan dilengkapi dengan kamera depan 5 megapiksel untuk foto selfie dan video call. Hasil jepretan kamera utama ponsel ini memuaskan menurut Tuxlin News dan dapat diandalkan di pelbagai kondisi, termasuk malam hari. Salah satu nilai tambah yang dimiliki oleh ponsel ini adalah dukungan mode manual yang dapat mengakomodasi pengguna dalam bereksperimen dengan settingan kamera. Sedangkan kamera depan, ponsel ini juga terbilang mumpuni untuk foto selfie karena foto yang dihasilkan juga cukup baik.

Meizu membekali M2 Note dengan baterai berkapasitas 3000mAh dengan cell buatan Sony. Daya tahan baterainya menurut Tuxlin News relatif standar, hanya dapat bertahan seharian saja atau mungkin kurang jika penggunaan cukup intensif.

Harga Meizu M2 Note

Harga smartphone Meizu M2 Note terbaru di Indonesia saat ini adalah Rp 2.099.000. Tuxlin News melihat harga yang ditawarkan oleh Meizu M2 Note mengalami sedikit kenaikan dibandingkan dengan harga saat pertama kali dirilis, yakni beradai di angka Rp 1.999.000. Meski harga naik, Tuxlin menilai ponsel bongsor besutan Meizu ini masih sangat layak beli dan bersaing dengan Lenovo A7000 Special Edition.

Spesifikasi Meizu M2 Note

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka FlymeOS 4.5
  • Chipset MediaTek MT6753 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit 1.3Ghz
  • Grafis Mali-T720 MP3
  • Kamera 13 megapiksel autofokus dengan sensor Samsung 1/3.06 inci, dual-tone LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IGZO, AGC DragonTrail
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB/32GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, 4G LTE, dua SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 150.9 x 75.2 x 8.7 mm dengan berat 149 gram
  • Baterai 3100 mAh

Review Lengkap Meizu M2 Note Bisa di Baca di Sini: