Huawei Y3 Batik: Unboxing, Hands On, Paket Pembelian, Spesifikasi & Harga


Unboxing Hands On Huawei Y3 Batik – Beberapa waktu lalu Tuxlin News telah kedatang ponsel Huawei Y3 Batik yang didesain khusus untuk membidik pasar entry-level. Nama Barik disematkan pada Huawei Y3 untuk memperkuat kesan bahwa ponsel ini memang didesain untuk pasar Indonesia. Secara umum, Huawei Y3 Batik menawarkan spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan ponsel di kelas entry-level. Vendor berlambang kipas merah ini mengandalkan dukungan prosesor quad-core yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 512MB untuk mendukung kinerjanya. Lalu seperti apa impresi pertama Huawei Y3 Batik ini? Simak ulasan unboxing dan hands on Huawei Y3 Batik Tuxlin News kali ini.


IMG_20150818_143937_HDR

Unboxing Huawei Y3 Batik

Sama seperti ponsel Android lainnya, Huawei Y3 Batik ini hadir dengan boks kertas berukuran kecil. Bagian depan terdapat gambar ponsel ini dengan background motif batik. Seperti biasa, Tuxlin melakukan unboxing dan pengecekan apakah kelengkapan paket pembelian dan hands on untuk mengecek fungsionalitas ponsel. Paket penjualan ponsel ini ternyata sama deang para pesaingnya, yakni tyak dilengkapi dengan handsfree atau headset. Berikut ini kelengkapan paket penjualan ponsel Huawei Y3 Batik.

Paket Pembelian Huawei Y3 Batik

IMG_20150818_142135_HDR
  • Handset Huawei Y3 Batik
  • Baterai
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Kartu garansi
  • Booklet panduan

Hands On & Impresi Pertama Huawei Y3 Batik

IMG_20150818_143827_HDR
Smartphone Huawei Y3 Batik ini hadir dengan penampilan atau desain yang tak jauh berbeda dengan ponsel Android lainnya. Saat pertama kali memegangnya, Tuxlin News merasa ponsel ini ada kemiripan deseain dengan Lenovo A369i yang juga berasal dari Tiongkok. Sudut ponsel ini membulat, sehingga nyaman digenggam tetapi agak berat. Bahkan menurut Tuxlin, berat ponsel ini agak di atas rata-rata. Casing belakang ponsel ini menggunakan finishing mate dan tidak mudah tergores. Sedangkan bagian layar tidak terdapat lapisan antigores atau hanya menggunakan kaca biasa.

Bagian depan ponsel ini terdapat layar sentuh berukuran 4 inci yang di atasnya terdapat earpiece, logi Huawei, dan lubang kamera depan. Sedangkan bagian bawah layar teredapat trio tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps. Sedangkan bagian belakang ponsel terdapat lubang kamera, dual LED flash, logo Huawei, dan lubang speaker. Huawei menempatkan tombol volume rocker dan power pada sisi kanan ponsel dan menempatkan port microUSB, serta port audio 3,5mm di bagian atas ponsel.

Smartphone ini dilengkapi dua slot SIM card dan sebuah slot microSD. Ketiga slot ini dapat diakses dengan membuka casing belakang dan melepas baterai. Rata-rata ponsel entry-level memang menggunakan baterai removable. Kelebihan konstruksi ini adalah pengguna dapat mengganti baterai tanpa menggunakan alat khusus atau bantuan teknisi.
IMG_20150818_143815_HDR
Pabrikan Tiongkok ini membekali Huawei Y3 dengan berteknologi TFT LCD kapasitif dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel berukuran 4 inci, serta menawarkan kerapatan layar mencapai 233 ppi. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat dengan balutan antarmuka khas Huawei yang disebut dengan Emotion UI atau EMUI 3.0 Lite. Menurut Tuxlin News, kualitas layar ponsel Huawei ini cukup lumayan di kelas entry-level karena mampu menghasilkan warna yang cukup cemerlang. Sayangnya, sudut pandang atau viewing angle layar ponsel ini terbatas, tak sebaik layar berteknologi IPS. Layar ponsel ini juga tidak dilengkapi dengan lapisan antigores.

Ponsel ini ditenagai oleh prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz dari chipset Spreadtrum SC8830 yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 512MB. Sedangkan sektor grafis, Huawei mempercayakannya pada Mali-400MP. Chipset Spreadtrum memang tidak sepopuler MediaTek, tetapi banyak digunakan oleh ponsel entry-level dan menengah besutan Samsung. Kinerjanya secara umum tak jauh berbeda dengan MediaTek MT6582. Y3 Batik ini mampu mencetak skor AnTuTu hingga 17.746 poin, sedikit lebih rendah dari ponsel dengan chipset MediaTek MT6582. Kinerja sehari-hari ponsel ini tidak terlalu smooth menurut Tuxlin News karena RAM-nya hanya 512MB saja.

Baca juga:Benchmark Huawei Y3 Batik: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard
IMG_20150818_164832_HDR
Ponsel ini disematkan kamera utama berkekuatan 5 megapiksel fixed focus yang ditandemkan dengan dual LED flash. Huawei Y3 juga didukung oleh kamera depan 2 megapiksel yang tergolong lumayan untuk foto selfie. Hasil foto kamera ponsel Huawei Y3 Batik ini tergolong standar di kelasnya. Sayangnya, kamera utamanya tidak didukung kemampuan autofokus sehingga tdiak dapat digunakan untuk memotret macro. Dukungan dual LED flash menjadi salah satu nilai tambah ponsel ini. Kamera depan Huawei Y3 ini juga tidak terlalu bagus karena resolusinya hanya 2 megapiksel. Huawei membekali ponsel ini dengan baterai berkapasitas 1730mAh. Daya tahan baterai ponsel ini terbilang standar dikelasnya.

Harga Huawei Y3 Batik

Saat ini harga resmi ponsel Huawei Y3 Batik terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Tuxlin News terima adalah Rp 799.000 atau tepatnya Rp 800 ribu. Harga yang ditawarkan oleh ponsel Huawei Y3 Batik ini masih cukup kompetitif karena menawarkan spesifikasi yang cukup bersaing di kelasnya, sebut saja ditenagai prosesor quad-core. Sayangnya, Huawei Y3 Batik hanya dibekali dengan memori RAM 512MB saja yang tergolong pas-pasan.

Spesifikasi Huawei Y3 Batik

  • Sistem Operasi Android 4.4 KitKat dengan antarmuka EMUI 3.0 Lite
  • Chipset Spreadtrum SC8830 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,2GHz
  • Grafis Mali-400MP
  • Kamera belakang 5 megapiksel fixed focus, dual LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 4 inci, dengan resolusi FWVGA 480 x 800 pixels TFT LCD, kerapatan 233 ppi
  • Memori RAM 512MB, ROM 4GB, slot micro SD hingga maksimal 32GB.
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM,
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 122.6 x 66.8 x 10.9 mm dengan berat 120 gram
  • Baterai 1730mAh
Beli Huawei Y3 Batik dengan harga promo DISINI (Klik)

Review Lengkap Huawei Y3 Batik Bisa Dibaca di Sini:


Artikel Tuxlin News Lainnya :


Info Promo
Copyright © 2015 Tuxlin News | | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog